Setelah Diblokir

Netflik Diberi Peluang Negosiasi dengan Telkom


Jumat, 22 April 2016 - 04:04:40 WIB

JAKARTA, HALUAN — PT Telkom masih membuka peluang bagi Netflix untuk bernegosiasi, untuk menjadi bagian dari layanan Triple Play IndiHome.

“Tak ada masalah kalau mau negosiasi. Ini kan bisnis, tadinya lawan, besok kawan, begitu juga sebaliknya. Asal sama-sama menguntungkan,” ujar Direktur Kon­sumer Telkom, Dian Rachmawan, Selasa (19/4) malam.

Ia menuturkan, hingga saat ini Netflix masih diblokir di jaringan Telkom Group karena dianggap tak memenuhi regulasi dan memberikan keuntungan bisnis bagi Telkom.

“Habis diblokir pernah ada (Netflix) yang datang. Tapi negosiasinya tak jalan. Mereka salahnya dari awal tak ketuk pintu. Tiba-tiba umumkan ekspansi internasional, kami tak dianggap,” beber Dian.

Menurutnya, Netflix tak akan mema­sukkan Indonesia sebagai bagian dari ekspansi jika IndiHome tak mencapai angka sejuta pelanggan pada 2015. “Ber­kat IndiHome, peringkat Indonesia nomor 6 versi Akamai. Netflix tak akan masuk ke pasar yang internetnya kencang. Sekarang mau garap pelanggan IndiHome, pintu kami kok tidak diketok. Sopan gak,” paparnya.

Dari sisi konten pun, kata Dian, jika Netflix tak menggandeng pemain seperti Telkom, Netflix akan kesulitan. “Misal ada keluhan, ke mana? Ke Obama? Coba dari awal omong baik-baik ke Telkom. Mereka ini kan Over The Top (OTT). Kami yang bikin jalan, tiba-tiba ada di atas seenaknya. Di Singapura saja dia gandeng operator kok,” katanya.

Sebaliknya, Dian memuji iflix yang dianggap paham cara berbisnis di Indonesia. “Menurut saya, apesnya Netflix, berkah di iflix. Mereka bisa akses sekitar 1,5 juta pelanggan IndiHome dan akan gelembung jadi 3 juta pelanggan pada akhir 2016,” tutupnya. (h/dj)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]