Dishub Uji Coba Jalan Lingkar


Jumat, 22 April 2016 - 03:56:10 WIB
Dishub Uji Coba Jalan Lingkar Jalan lingkar Koto Panjang Pasar Solok dilakukan uji coba bagi kendaraan roda empat ke atas untuk dilalui. Uji coba itu dilaksanakan 1 bulan. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Perhubungan melakukan uji coba pemakaian jalan lingkar Koto Panjang –Pasar Solok, untuk menekan kemacetan lalu lintas di pasar Solok. Karena, makin hari volume kendaraan makin banyak, sementara di satu sisi lebar jalan tidak bertambah.

Pemakaian jalan lingkar Koto Panjang Pasar Solok itu sebenarnya sudah lama dii­ngin­kan masyarakat karena selama ini jalan itu diman­faatkan pedagang kaki lima untuk berjualan. Puluhan bahkan mungkin sampai sera­tusan pedagang kaki lima mengais rezki di jalan lingkar itu. Sekarang jalan selebar 6 meter itu dikembalikan sesuai peruntukan.

Untuk mengamankan uji coba pemakaian jalan lingkar itu, puluhan personil gabu­ngan yang di Bawah Kendali Operasi (BKO) Dinas Perhu­bungan stanby di beberapa titik sekaligus melakukan sosialisasi pada pemakain jalan terutama kendaraan roda empat ke atas. Ken­daraan dari arah Timur pasar Solok yakni Sirukam, Muaro Paneh dan Lembang Jaya sampai di Air Mati tidak lagi lurus menuju terminal lama. Melainkan belok kiri menge­lilingi pasar dan keluar di samping pasar semi modern.

Semua kendaraan roda empat keatas diberlakukan demikian, kecuali roda 2 tetap seperti biasa, petugas di pintu masuk stanby memamdu sopir yang buta membaca rambu-rambu. Di sepanjang jalan lingkar juga stanby petugas kepolisian, Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk menghentikan pedagang kaki lima yang masih membandel untuk berjualan di jalan ling­kar itu.

Akibat dikosongkannya jalan lingkar Koto Panjang Pasar Solok, ratusan pedagang kehilangan tempat berjualan. Para pedagang yang umumnya berjualan sayuran, kelapa dan aneka kue itu terpaksa bagad­incik di samping kiri kanan jalan.  Pedagang sayur seper­tinya pasrah menerima kebija­kan Pemda Kota Solok yang mengosongkan jalan lingkar itu.

“Uji coba pemakaian jalan lingkar dilaksaakan selama 1 bulan sampai pemilik ken­daraan memahami tentang rute yang harus dilalui. Pengo­songan jalan lingkar juga untuk mempermudah akses mobil pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran dalam pasar,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Solok Eva Nasri yang dihubungi lewat telepon genggamnya. (h/alf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]