Raseno Arya

Penyuka Bakwan, Dedikasikan Diri untuk Tourism


Jumat, 22 April 2016 - 03:38:47 WIB
Penyuka Bakwan, Dedikasikan Diri untuk Tourism

Kiprah dan dedikasi seorang Raseno Arya di bidang tourism dan kepariwisataan na­sional, tak perlu diragukan lagi. Betapa tidak, urang awak yang kini menjabat Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar itu, sudah 26 tahun me­ngab­dikan dirinya di Kemenpar.

Bahkan, entah sudah berapa banyak ke­men­te­rian­nya berganti no­men­klatur setiap era presiden yang berbeda.

Kepada Ha­luan di sela-sela pelak­sa­naan Festival Pe­sona Men­tawai (FPM) 2016 di Tua­pejat, Selasa lalu, Raseno memberi bocoran dan kiat-kiat khusus untuk mem­bangun kepa­riwi­sa­taan daerah.

Diakui Raseno, Suma­tera Barat memiliki banyak kawasan dengan potensi wisata yang sangat besar. Namun, semua itu tidak akan berkembang dengan baik jika kepala daerah (kada) tidak paham dengan pariwisata dan tidak pula pintar ‘cari duit’.

Untuk membangun ke­pariwisataan kata Raseno, sosok kepala daerah yang pintar cari duit, dalam hal ini gigih dalam berjuang untuk menggaet dana pusat, memang sangat dibutuhkan. “Di kementerian banyak sekali duit yang bisa digaet. Kuncinya, kepala daerah harus ‘pintar’,” kata pe­nyuka bakwan ini.

Tingkat politik di dae­rah imbuh sosok yang me­mi­liki perhatian besar ter­hadap kemajuan pariwisata Sumbar ini, juga cukup berpengaruh terhadap pari­wisata di daerah itu sendiri. Per­gantian pucuk pim­pinan kata Raseno, menjadi tan­tangan tersendiri bagi pa­riwisata daerah.

Selain harus pintar cari duit, seorang kepala daerah juga harus mengerti dengan pariwisata.

]Dengan begitu pungkas Raseno, pariwisata di dae­rah akan dapat ber­kembang dengan cepat. Hal tersebut tentu bisa membuat sebuah daerah terkenal dan menjadi daya tarik bagi pelancong, baik wisatawan lokal, maupun manca Ne­gara.

“Kalau dia punya pe­mahaman pariwisata dan sadar pariwisata bisa mem­berikan dampak positif, ma­ka cepat pertum­buhan­nya. Orang akan datang,” terang suami tercinta Fis Suryani itu.

Lebih lanjut, Raseno men­gatakan bahwa ada bebe­rapa faktor penentu per­tum­buhan pariwisata daerah. Salah satunya, infrastruktur dan fasilitas yang belum begitu bagus untuk me­nyam­but wisatawan. Oleh ka­re­na­nya, hal tersebut men­jadi kendala yang harus segera dituntaskan.

“Semua elemen ter­ma­suk hotel, pembangunan jalan, tempat hiburan, tem­pat permainan, dan ke­s­e­nian­nya perlu terus diting­katkan,” pungkas ayah lima orang anak ini.

Terkait pelaksanaan FPM 2016 yang kini tengah berlangsung, Raseno ber­harap iven yang telah masuk kalender tahunan Ke­men­par RI ini, bisa menjadi sar­ana promosi Pesona In­donesia dan Wonderful In­do­nesia, demi mendukung tercapainya target 12 juta kunjungan wisatawan man­canegara dan 260 juta per­gerakan wisatawan nu­santara tahun 2016. (h/yan)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]