Diduga Quality Control Tidak Efektif

Ditemukan Tabung Gas Tanpa Seal Karet di SPBE


Kamis, 21 April 2016 - 02:46:26 WIB
Ditemukan Tabung Gas Tanpa Seal Karet di SPBE SPPBE by pass di Kelurahan Kubu Gadang, Payakumbuh Barat. (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Keluhan para ibu rumah tangga akhir-akhir ini semakin banyak saja. Pasalnya, setiap kali mereka menukar tabung gas elpiji, seringkali dite­mukan tabung gas elpiji 3 kg tanpa seal karet pada kepala atau nozel tabung.

Salah seorang ibu rumah tangga Reni, beralamat di Kelurahan Pakan Sinayan, Payakumbuh Barat, mengata­kan, ditemukannya tabung gas elpiji tanpa seal karet mem­buat resah para ibu-ibu rumah tangga pemakai gas elpiji di kota ini dan sekitarnya.

Dikatakan, pemakai gas elpiji 3 kg dikhawatiran kalau seal karet tidak ada, bagai­mana mau pasang regulator, sebab ketika di nozel ter­dengar bunyi desis dan bau gas yang menyengat, terpaksa tukar lagi dengan yang ada seal karetnya ke pengecer.

Sesuai dengan Buku Pan­duan SPPBE/SPBE/SPPEK yang dikeluarkan PT. Perta­mina Direktorat Pemasaran dan Niaga pada Bab 4 poin 4.2.7 tentang Pemeriksaan Rubber Seal setelah tabung dinyatakan layak isi, maka dilakukan pemeriksaan ke­leng­kapan dan kondisi rubber seal.

“Jika rubber seal tidak tersedia dan atau dalam kon­disi rusak, maka diwajibkan memasang dan atau meng­ganti rubber seal tersebut. Hal ini yang tidak dilaksanakan sepenuhnya oleh SPBE PT. Pratama Abadi Semesta, di duga quality control dan pe­nga­wasan tidak efektif se­hingga didapat tabung gas elpiji yang beredar di pasaran ada yang tidak dilengkapi dengan seal karet,” ujarnya.

Terpisah, Sekjen Lembaga Perlindungan Konsumen Ko­ta Payakumbuh (Paya­kumbuh Consumer Crisis) Wandi Syam­sir, ketika dihubungi wartawan di sebuah warung kopi, Rabu (20/4), menga­takan, jika itu benar terjadi sangat berbahaya sekali buat para pengguna gas elpiji 3 kg.

Lagipula di kalangan ibu ibu itu,  terkadang tidak tahu dan tidak mengerti kalau sampai sejauh itu, sehingga berakibat fatal nantinya. Di­ha­rapkan kepada SPBE PT. “Pratama Abadi Semesta un­tuk menyikapi keluhan ter­sebut sebelum memakan kor­ban,” tegas Wandi Syamsir

Kemudian sudah seha­rusnya pihak SPBE bisa men­jamin produknya siap pakai, aman dan tidak membuat keresahan bagi konsumennya. “Apabila hal ini diperhatikan maka potensi potensi bahaya akibat kebocoran gas dapat diminimalisir,” tambahnya lagi.

Ketika dikonfirmasikan kepada SPBE yang berada di Jl. Bypass tepatnya di PT. Pratama Abadi Semesta, ma­najer pelaksana lapangan yang akrap disapa Jek Petto tidak bisa ditemui dan ketika ditel­pon ke telepon genggamnya tidak aktif dan sms juga tidak dibalas. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]