PAN Tutup Pintu Calon Gubernur Independen


Rabu, 20 April 2016 - 02:34:02 WIB

JAKARTA, HALUAN — Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan telah menutup pintu dukungannya terhadap calon Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen karena ingin memaksimalkan peran partai politik bagi masyarakat.

“Keberadaan partai kan bagaimana menyiapkan ka­der-kader yang bermutu, bermoral, beretika dan pu­nya jiwa ‘leadership’. Jadi, tak ada yang namanya men­dukung calon independen,” ujar Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Pur­nomo alias Eko “Patrio” saat menerima kunjungan silahturahmi bakal calon Gubernur DKI Jakarta Mu­ham­mad Idrus di Jakarta, Selasa (19/4).

Eko menekankan, par­tai politik adalah organisasi yang memiliki visi dan misi­nya sendiri. Oleh karena itu, partai selayaknya hanya dapat berjalan dengan calon yang memiliki visi serta misi serupa.

“Kalau calon inde­pen­den, belum tentu satu visi dan misi. Lagi pula kalau PAN dukung calon inde­penden, belum tentu yang didukung mau,” sebutnya.

Menurut Eko, PAN akan melakukan survei in­ter­­nal terkait nama-nama kan­didat calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Ja­karta. Ha­sil survei itu akan menjadi acuan bagi PAN dalam me­ngusung ca­lon.

“Setelah survei maka kandidatnya akan kami hu­bu­ngi dan kami tawarkan untuk diusung. Saya me­wakili Ketua Umum PAN Pak Zulkifli Hasan juga mempersilakan masyarakat yang ingin mendaftar maju melalui PAN, nanti akan kami survei,” jelas Eko.

Sementara itu berkaitan dengan kunjungan silah­turahmi bakal calon Guber­nur DKI Jakarta Muham­mad Idrus, Eko menga­ta­kan, hal tersebut belum me­nunjukkan sikap partai­nya.

Eko menekankan, PAN hanya akan menentukan sikap setelah dilakukan survei secara internal. Da­lam kesempatan ter­se­but, bakal calon Guber­nur DKI Jakarta Muham­mad Idrus berharap PAN segera mem­buka pendaf­taran calon Gubernur DKI Jakarta agar dirinya bisa ikut serta.

“Kehadiran saya untuk bersilahturahmi sekaligus memperkenalkan diri kepa­da Ketua Umum DPW PAN DKI Jakarta. Mudah-muda­han PAN segera membuka pendaftaran calon Guber­nur DKI Jakarta,” ujar Idrus.

Idrus menyampaikan, di­rinya akan segera mendaf­tar­kan diri sebagai bakal ca­lon Gubernur DKI Jakar­ta me­lalui PAN manakala PAN telah membuka pen­daf­taran.

Alhamdullilah, kemarin saya sudah ambil formulir pendaftaran di Demokrat. Nah mudah-mudahan PAN juga membuka pendaftaran. Kalau silahturahmi saja saya hadir, apalagi ambil formulir pendaftaran dari PAN,” ujar Idrus. (h/ans)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]