Bupati Rohul Batal Dilantik


Rabu, 20 April 2016 - 02:23:15 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Rencana pe­lantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk Kabupaten Rokan Hulu dan Pelala­wan, yakni Suparman dan HM Harris, akhirnya batal dilaksanakan. Padahal, sesuai jadwal, seharusnya prosesi pelantikan digelar Selasa, (19/4) di Gedung DPRD Riau.

Pembatalan itu menyusul keputusan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Senin (18/4) kemarin. Menurut Menteri Tjahjo Kumolo, pelantikan dua kepala daerah itu ditunda hingga Gubernur Riau definitif dilantik.

“Saya sudah informasikan pembatalan pelantikan dua bupati di Riau besok (hari ini, red) kepada Plt Gubernur sejak siang tadi. Pelantikan kepala daerah di Riau ditunda sampai Gubernur Riau definitif dilantik,” ujar Mendagri, Senin tadi malam.

Keputusan itu tentu saja mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, hingga Senin siang kemarin, berbagai persiapan untuk pelan­tikan dua kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak itu, sudah dilakukan di Gedung DPRD Riau. Ruang rapat utama juga sudah disulap untuk dijadikan tempat pelantikan.

Tidak hanya itu, undangan pun telah disebar. Bahkan di sekitar Gedung DPRD Riau, telah terpajang karangan bunga berisikan ucapan

Suparman

selamat atas pelantikan tersebut. Bah­kan berbagai persiapan lainnya seperti pengaturan arus lalul lintas di sekitar lokasi pelantikan, juga telah disiapkan secara matang oleh Polresta Pekanbaru.

Beberapa hari sebelumnya, kabar peri­hal ditundanya pelantikan tersebut sebe­narnya sudah beredar. Namun hanya ditujukan kepada Bupati Rohul terpilih, Suparman. Hal itu seiring dengan statusnya yang telah ditetapkan Komisi Pemberan­tasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap APBD Riau.

Adanya keputusan Mendagri yang akhirnya ikut membatalkan pelantikan terhadap HM Harris, otomatis membuat banyak pihak terkejut. Apalagi, sebelumnya sama sekali tidak pernah beredar informasi yang menyebutkan pembatalan terhadap Harris, untuk memimpin Pelalawan pada periode kedua kali ini.

Pembatalan pelantikan itu, juga diakui Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Dodi Riatmaji saat dihubungi Senin tadi malam. Meski sebelumnya sempat menga­takan tidak pembatalan, Dodi akhirnya membenarkan informasi itu.

Dikatakan, pembatalan tersebut disam­paikan melalui telepon kepada Pemprov Riau.

“Saya rasa melalui telepon saja pem­batalannya,” ujar Dodi, melalui pesan singkatnya.

Rupanya, informasi tentang pembatalan pelantikan juga telah beredar di DPRD Riau. Seperti dituturkan Wakil Ketua DPRD Riau, NOviwaldy Jusman, pihaknya mengaku sudah mendapat informasi terse­but, tapi belum dapat laporan resmi dari Sekretaris Dewan. “Informasi yang ber­kembang seperti itu, tapi saya belum dapat laporan resmi dari Sekwan,” ujarnya.

Gelar Pertemuan

Tak ayal, keputusan Mendagri tersebut langsung mendapat respon dari Pemprov Riau. Pada Senin malam, Plt Gubri Arsya­djuliandi Rachman didampingi Asisten I Sedaprov Riau, Ahmadsyah Harrofie dan Asisten II Masperi.

Ikut hadir dalam pertemuan HM Harris, Suparman serta sejumlah politikus Partai Golkar Riau, menggelar pertemuan tertutup di Rumah Makan Patin HM Yunus, Sim­pang Tiga.

Pertemuan itu untuk membahas perihal dibatalkannya pelantikan dua kepala daerah tersebut. Dalam kesempatan itu, Pemprov Riau dikabarkan terus berupaya melakukan lobi ke pemerintah pusat, supaya pelantikan bisa tetap dilaksanakan. Namun hingga pertemuan berakhir Selasa dini hari tadi malam, keputusan Mendagri tetap tak bisa diubah.

Sekitar pukul 23.35 WIB, Suparman tampak keluar dari pertemuan. Sambil berlalu, Suparman membenarkan adanya pembatalan pelantikan tersebut. Namun demikian, ia mengaku masih menunggu kepastian dari Plt Gubri.

“Tidak jadi pelantikan. Tanya saja langsung ke Plt Gubri, dia yang punya hak,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi ulang, Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman belum bisa mem­berikan kepastian terkait pembatalan tersebut. Andi Rahman, demikian panggilan akrabnya, kemudian menuturkan, pemba­talan pelantikan itu baru diketahuinya pada Senin sore kemarin, sekitar pukul 16.00 WIB.

Setelah menerima informasi itu, pihak­nya kemudian mengadakan rapat bersama Bupati terpilih Suparman dan HM Harris, untuk membahas hal itu. “Belum bisa saya pastikan, nantilah kami masih rapatkan lagi,” ujar Plt Gubri.

Dikatakan, pihaknya belum bisa me­mastikan karena menunggu kepastian dari Mendagri dengan adanya surat resmi secara tertulis. “Sabar ya, ni kita juga masih menunggu,” tutup Plt Gubri.

Setelah beberapa saat, Asisten I Setdap­rov Riau, Ahamadsyah Harrofie, akhirnya memastikan batalnya pelantikan dua kepala daerah terpilih tersebut. Kepastian itu disampaikan Mendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah, Soni Sumarsono, melalui radiogram yang diterima Pemprov Riau, Senin malam kemarin sekitar pukul 23.00 WIB.  (h/hr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 24 Februari 2020 - 18:07:26 WIB

    Festival Lansek Manih III Resmi Ditutup, Bupati Sijunjung Apresiasi Haluan Event Organizer

    Festival Lansek Manih III Resmi Ditutup, Bupati Sijunjung Apresiasi Haluan Event Organizer SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Kabupaten Sijunjung, Yuswir Arifin puas dengan kinerja Haluan Event Organizer dalam mengangkat acara Festival Lansek Manih III tahun 2020. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memeriahk.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 19:20:09 WIB

    Disebut Mendampingi Turis China, Bupati Pessel: Kalau Saya Ada, Pasti Saya Tolak!

    Disebut Mendampingi Turis China, Bupati Pessel: Kalau Saya Ada, Pasti Saya Tolak! PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pesisir Selatan, Hendra Joni kaget bukan kepalang saat mendapatkan informasi bahwa dirinya ikut mendampingi 150 turis China yang mengunjungi kawasan Mandeh pada Selasa (28/1) kemarin. Dia ba.
  • Kamis, 08 September 2016 - 01:33:53 WIB
    RAPAT PERTEMUAN DI KANTOR BUPATI TERTUTUP

    Plt Bupati Rohul Bungkam

    Plt Bupati Rohul Bungkam PASIRPANGARAIAN, HALUAN — Ratusan warga Desa Bonai, Kecamatan Darussalam, mendatangi Kantor Bupati Rokan Hulu (Rohul), Rabu (7/9). Kedatangan mereka itu untuk bertemu dengan Plt Bupati Rohul, Sukiman..
  • Senin, 25 Juli 2016 - 04:00:18 WIB

    Bupati Bintan Arak Piala Adipura Keliling Kota

    Bupati Bintan Arak Piala Adipura Keliling Kota BINTAN, Haluan — Piala Adipura Buana untuk Kabupaten Bintan diarak keliling kota Kijang, Bintan Timur, Sabtu (23/7). Warga tampak antusias mengiringi arak arakan piala yang diserahkan langsung Wakil Presiden RI Jusuf Kalla .
  • Selasa, 17 Mei 2016 - 03:12:34 WIB

    Bupati Bengkalis Tinjau Hari Pertama US SD

    BENGKALIS, HALUAN — Bupati Bengkalis, Amril di­dampingi anggota DPRD Bengkalis, Irmi Sakip Ar­salan dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan, Heri Indra Putra melakukan peninjauan di sejumlah se­ko­lah di Ke­ca­m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]