Pendaftaran UMPTKIN Dimulai Awal Mei


Selasa, 19 April 2016 - 14:47:58 WIB

PADANG, HALUAN — Ins­titut Agama Islam Ne­ge­ri (IAIN) Imam Bonjol Pa­dang menargetkan ta­hun 2016 ini mene­rima 3.500 mahasiswa baru un­tuk 26 Program Studi (Pro­di) dari enam fakultas yang ada. Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Ke­aga­maan Islam Negeri (UM-PTKIN) akan dimulai pada awal Mei mendatang

Humas IAIN Imam Bon­­jol Padang Afrinaldi me­ngatakan, untuk pen­daf­taran mahasiswa baru ter­dapat tiga jalur yakni, jalur cepat yang sudah dila­kukan pe­ndaftaran sejak 9 Maret-30 April men­da­tang, dan untuk seleksinya akan dila­kukan pada tang­gal 6-19 Mai 2016. Ke­mudian, pada jalur UM-PTKIN pen­da­fataran su­dah dimulai se­jak 1 Mei-3 Juni nanti un­tuk seleksi akan dilak­sa­nakan pada 14-15 Juni. Dan ja­lur yang ke tiga yakni ja­lur mandiri yang diserah­kan ke ma­sing-masing pro­di.

“Untuk seleksi sudah kami lakukan sejak Maret, dan untuk seleksi jalur ce­pat dan UM-PTKIN dila­kukan secara online, semen­tara untuk jalur mandiri di­se­rahkan pada masing-masing prodi,” ujarnya, Senin (18/4).

Cetak 5.000 Doktor

Terkait program cetak 5.000 doktor yang saat ini diikutu IAIN IB Padang, Afrinaldi  mengatakan, saat ini calon mahasiswa tinggal menunggu pengumuman hasil. Semua proses telah dijalani, seperti seleksi oleh ahli bahasa dari Deakin University Australia be­berapa waktu lalu.

“Saat ini kami hanya menunggu hasil dari seleksi yang telah dilakukan oleh Deakin University Aus­tralia beberapa waktu lalu, dan pengumumannya nanti akan dilakukan online,” ujarnya.

Program Cetak 5.000 Dok­tor dari Kemenag ini di­sandingkan dengan pro­­gram Ph.D Pre De­parture Cen­tre dari deakin Uni­ver­sity Australia. Ahli baha­sa Dea­kin University Aus­tra­lia telah datang lang­sung ke IA­IN Imam Bonjol un­tuk me­nyeleksi 20 orang ca­lon ma­hasiswa yang akan di­be­rangkatkan ke Deakin Uni­versity Aus­tralia un­tuk melajutkan pen­didikan­nya.

Ia menambahkan, jika nanti mahasiswa lulus un­tuk mengikuti studi di Dea­kin University Australia setidaknya ada tiga hal yang diminta oleh pihak IAIN Imam Bonjol Padang. Yak­ni, pihak Australia akan melakukan pelatihan atau pematangan bahasa Inggris dan pembuatan proposal penelitian sesuai standar internasional khususnya Australia.

Pelatihan ini akan di­pan­du oleh pusat bahasa Inggris Universitas Dea­kin (DUE­LI) selama 10 ming­gu. Standar nilainya sudah ditentukan oleh DUELI dan yang layak segera ditetapkan masuk program PhD atau doktor di Deakin. (h/rin)

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 27 Januari 2020 - 20:40:32 WIB

    Wako Sampaikan Tiga Ranperda, Salah Satunya Terkait Pendaftaran Usaha Pariwisata

    Wako Sampaikan Tiga Ranperda, Salah Satunya Terkait Pendaftaran Usaha Pariwisata PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan nota penjelasan Wali Kota Padang terkait usulan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diusulkan Pemerintah Kota (Pemk.
  • Kamis, 10 November 2016 - 01:10:00 WIB
    PRESIDEN UNDANG 17 ORMAS ISLAM KE ISTANA

    FMM Buka Pendaftaran Aksi Bela Islam III

    PADANG, HALUAN — Forum Masyarakat Minang (FMM) berjnaji akan terus menggiring kasus Ahok yang telah melakukan penistaan terhadap Alqur an. Hal ini dibuktikan dengan mulai dibukanya pendaftaraan bagi seluruh umat Islam untuk.
  • Jumat, 23 September 2016 - 03:10:17 WIB

    Hari Ini, Pendaftaran Calon Sekda Ditutup

    PADANG, HALUAN — Tepat pada Jumat (23/9) pukul 16.00 WIB sore ini, pendaftaran calon Sekretaris Daerah Kota Padang resmi ditutup. Hingga Kamis (22/9), Panitia Seleksi (Pansel) sudah menerima berkas dari 7 orang pendaftar..
  • Rabu, 03 Agustus 2016 - 04:29:52 WIB

    Universitas Tamansiswa Masih Buka Pendaftaran

    Universitas Tamansiswa  Masih Buka Pendaftaran PADANG, HALUAN — Uni­versitas Tamansiswa Padang menargetkan 600 mahasiswa baru untuk semester kali ini. Pendaftaran untuk mahasiswa baru telah dibuka semenjak 16 Mei 2016 dan saat ini masih berlangsung hingga 27 Agustus me.
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 07:35:18 WIB

    Besok, Pendaftaran Magister Ilmu Komunikasi Unand Ditutup

    Besok, Pendaftaran Magister Ilmu Komunikasi Unand Ditutup PADANG, HA­LU­AN — Penerimaan pendaftaran seleksi calon mahasiswa Reguler Program Magister Ilmu Ko­mu­ni­kasi FISIP Un­a­nd Padang tahun ajaran 2016-2017 gelombang ke III, akan berlangsung dari 25-29 Juli 2016 mendat.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]