Ngopi Pagi Makodim 0309 Solok

Membangun Sinergi Dua Daerah Bersaudara


Selasa, 19 April 2016 - 02:44:54 WIB
Membangun Sinergi Dua Daerah Bersaudara Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin berdikusi dengan wakil walikota Solok Reinier dan walikota Solok Zul Elfian dalam kegiatan coffee morning di Makodim 0309 Solok, Jumat (15/4). (YUTIS WANDI)

Menjalin komunikasi intensif antara dua daerah bertetangga adalah hal yang lumrah terjadi dalam setiap pemerintahan daerah. Terlebih sekaitan dengan program kerja dan tata kelola yang menyangkut kebutuhan masyarakat banyak yang ada di dua daerah tersebut. Para kepala daerah yang bertetangga ini seringkali duduk semeja, tak hanya dalam forum-forum formal, namun juga dalam forum dan agenda non formal.

Namun untuk Kabu­pa­ten Solok dan Kota Solok, setidaknya sejak sepu­luh tahun silam, fenomena du­duk semeja bagi kepala dae­rah dari dua daerah yang tak hanya bertetangga  ini, nya­ris merupakan sebuah pe­man­dangan langka. Secara teritorial administrasi pe­merintahan, memang ada batas kewenangan masing-masing daerah. Namun se­ca­ra sosial kultural, kabu­paten Solok merupakan saudara dari Kota Solok, seperti pameo bapak Solok mande Salayo yang meng­gambarkan betapa kental­nya hubungan kedua daerah itu.

Namun kalau lah dihi­tung kaciek mangaciek seta­hun perang mungkin tak kan sudah, upaya meretas kem­bali hubungan harmonis dan mempertautkan kedua dae­rah ini kembali dilakukan seiring pergantian kepala daerah. Seperti yang dila­kukan kala komandan Ko­dim 0309 Solok Letkol Inf. Sefta Feriyansyah memper­temukan forum komunikasi pimpinan daerah (For­kom­pinda) Kabupaten dan Kota Solok dalam sebuah mo­ment ngopi pagi  (coffee Morning) di Makodim 0309, Jum’at (15/4) silam.

Ruangan aula Makodim penuh sesak oleh setidaknya seratusan lebih undangan yang hadir, mulai dari Wali Kota Solok Zul Elfian, SH,­M.Si, Wakil Walikota Rei­nier,ST,MM, Wabup Solok Yulfadri Nurdin SH, Dan­dim 0309 Letkol Inf Sefta Feriyansyah, Kapolren So­lok Kota AKBP. Tommy Bambang Irawan, Kapolres Arosuka AKBP Reh Nge­nana Depari, Ketua Penga­dilan Negeri Koto Baru Sapta Nirwandar SH,MH, Sekda Kabupaten dan Kota Solok , kepala kantor Ke­menag bersama kepala SK­PD di kedua daerah. Se­mentara Bupati Solok Gus­mal, paginya sempat hadir namun keburu pergi karena agenda penting yang harus dihadiri.

Suasana kekerabatan dan kekeluargaan pagi itu begitu kental dirasakan, tak ada lagi kesan menutup diri dan perang dingin antara dua daerah kakak beradik ini. Terlebih ketika Wali Kota Solok Zul Elfian mem­bentangkan tentang rencana masa depan untuk mensi­nergikan kedua daerah ini melalui program pemba­ngunan yang dicanangkan.

Jelas ada benang merah yang bisa ditarik dari ke­giatan ngopi pagi yang diren­canakan sekali dalam se­bulan ditempat berbeda ini. Setidaknya hal ini tentu akan menjadi media perekat silaturrahim antara dua daerah yang sebelumnya sudah mulai merenggang karena kentalnya pengaruh politis yang berkembang. Dalam kegiatan ini, selain menghimpun aspirasi-aspi­rasi yang muncul seiring bergulirnya roda peme­rin­tahan, tentulah akan ada kesepakatan dan kesepa­haman bersama untuk mem­bangun kedua daerah kea­rah yang lebih baik.

Apalagi kata Zul Elfian, Kota Solok tidak akan bisa melepaskan diri dari Kabu­paten Solok sebagai daerah induknya. Lebih dari separo perkembangan dan per­tum­buhan ekonomi di Kota Solok dipengaruhi oleh ma­syarakat dari Kabupaten Solok.  Dalam artian, Kota Solok adalah  kotanya orang Kabupaten Solok, dan Kabupaten Solok adalah kabupatennya orang Kota Solok. Seperti halnya pasar Raya Solok yang hampir mayoritas pelaku pasar baik penjual dan pembeli berasal dari Kabupaten Solok.  “Apalagi masalah kebu­tu­han air bersih, kita di Kota Solok tak akan bisa lepas dari ketergantungan kepada sumber air yang ada di Ka­bu­paten Solok,” kata Zul Elfian.

Selaras dengan itu wakil Bupati Solok Yulfadri Nur­din juga menguraikan kesamaan visi dan saling ketergantungan antara dua daerah ini. Membangun sinergi antara kedua daerah bertetangga ini dalam prog­ram pembangunan dan kese­jah­teraan masyarakat merupakan sebuah keha­rusan. Terlebih ketika mem­bicarakan masalah terminal bayangan yang ada di batas Kota Solok dengan Salayo kec. Kubung yang tak kun­jung tuntas permasa­lahan­nya, disamping juga membi­carakan rencana untuk melakukan normalisasi ba­tang lembang dari potensi bencana kepada potensi wisata masyarakat.

“ Inilah yang mengha­ruskan kita untuk duduk bersama dalam menyusun rencana ke depan. Kalau masalah sumber air bersih yang menjadi kebutuhan warga Kota, kita pastikan seluruh potensi air bersih yang ada di kabupaten ter­buka dan bisa dinikmati oleh warga kota solok,” tegas Yulfadri Nurdin yang disam­but riuh tepuk tangan ha­dirin di ruangan itu.  

Lantaran itu, Wabup menekankan kepada ma­sing-masing SKPD untuk bekerja sungguh-sungguh dengan menunjukkan kiner­ja masing-masing, tanpa membukak lagi masalah perbedaan dukungan dalam pilkada yang lalu. “ Pilkada telah usai, tak ada lagi pem­bicaraan masalah dukung mendukung. Kini saatnya bagi kita untuk rekonsiliasi, saling koordinasi dan mem­bangun sinergi antara dua daerah,” tutup Yulfadri. ** 

 

Laporan : YUTIS WANDI

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 18 Desember 2019 - 14:15:35 WIB

    Sutan Riska: Notaris Punya Kontribusi Besar Membangun Dharmasraya

    Sutan Riska: Notaris Punya Kontribusi Besar Membangun Dharmasraya DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM- Ikatan Notaris Indonesia Kabupaten Dharmasraya menggelar Konferensi Daerah  di Hotel Jakarta Pulau Punjung, Rabu (18/12/19). .
  • Rabu, 21 September 2016 - 20:07:08 WIB

    TNI Manunggal Membangun Desa di Pessel, Dandim : Prajurit Rakyat Kecil

    TNI Manunggal Membangun Desa di Pessel, Dandim : Prajurit Rakyat Kecil PAINAN, HALUAN - Sejumlah anggota yang terlibat dalam pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97, sejak kemarIn sudah dititipkan di rumah-rumah penduduk sekitar, yaitu dikampung Tanjung Kandis, Kenagarian T.
  • Selasa, 29 Maret 2016 - 03:07:56 WIB

    Optimisme Membangun

    Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar merilis pertumbuhan ekonomi Kota Sawahlunto berada di atas Provinsi Sumatera Barat. Sedangkan untuk persentase kemiskinan, Sawahlunto berada di posisi ketiga nasional..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]