Perempuan Berperan dalam Pembangunan


Senin, 18 April 2016 - 16:27:20 WIB

PADANG, HALUAN — Dinamainasi kehi­dupan dan kiprah perempuan di Sumatera Barat (Sumbar) yang menganut garis matrilineal, akhir-akhir ini banyak menjadi perhatian baik ditingkat lokal, nasional maupun global. Fokus sentral pem­ba­ngunan Sumber Daya Manusia (SDM) pada gilirannya akan mengung­kapkan berbagai permasalahan yang dihadapi perempuan sebagai bagian integral dari permasalahan pembangunan.

Demikian disampaikan Rozi­dateno P Hanida S.IP,M.PA yang menjadi Nara Sumber dalam kegiatan Seminar Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) dalam tema ‘Semiloka tentang upaya memperkuat kapasitas dan ke­pemim­pinan akar rumput dalam pem­bangunan di Kota Padang’, Sabtu (16/4) di Aula BPMPKB. Menurutnya, perempuan sekarang harus meng­ambil peranan penting dalam hal apa saja.

“Secara nyata, pada tahun 1957 melalui sidang umum PBB untuk pertama kalinya mengeluarkan reso­lusi tahun 1963 tentang partisipasi perempuan dalam pem­bangu­nan. Kemudian dilanjutkan dengan reso­lusi yang secara khusus mengakui pentingnya perempuan dalam pem­bangunan sosial ekonomi,” papar Dosen Ilmu Adminiatrasi Negara Universitas Andalas (Unand) terse­but.

Dalam kegiatam seminar tersebut dihadiri oleh perwakilan perempuan-perempuan Kota Padang dari ber­bagai elemen di tingkat kelurahan mulai dari perwakilan pengurus kelompok perempuan usaha kecil se-Kota Padang, pengurus jaringan kelompok perempuan usaha kecil, ketua PKK kelurahan, dan ketua Bundo Kanduang.

Hadir juga nara sumber lainnya dari Kepala Badan pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Kelu­arga Berencana (BPMPKB) Kota Padang Muji Susilawati, S.H, M.H.

Dilanjutkan Rozi, mendorong parti­sipasi perempuan dalam pem­bangunan, LP2M melakukan penguatan kapasitas perempuan melalui pengorganisasian kepada kelompok perempuan akar rumput di beberapa kabupaten kota. Tuju­annya, untuk mendukung terpenu­hinya akses, partisipasi dan kontrol perempuan ter­hadap hak-hak dasar seperi pendidikan, kesehatan, eko­nomi, politik dan supremasi hukum secara isu-isu terkini relasi perem­puan dalam kehidupan.

“atas dasar situasi tersebutlah kita perlu kembali mengkaji dan men­carikan solusinya bagaimana perempuan bisa memegang peranan yang penting di tengah masyarakat,” pungkasnya. (h/win)

 

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]