Panen Padi Kartika 1-82 Capai 7,5 Ton per Hektare


Senin, 18 April 2016 - 03:25:07 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Panen Demplot Padi Kartika 1-82 Kodim 0308/Pariaman yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ke­lom­pok Tani Lasuang Duo, Desa Sungai Pasak, Kecamatan Pariaman Timur, Sabtu (16/4), mencapai 7,5 ton per hektare.

Padi yang ditanam pada 11 Januari 2016 tersebut dipa­nen oleh Dandim, 0308/Pa­ria­man, Letkol Arh. Endro Nurbantoro bersama Kepala Dinas Pertanian Kota Paria­man, Agus Riatman, serta Ketua Kelompok Tani  La­suang Duo Desa Sungai Pa­sak, Yosef Chairul, dan sejum­lah petani setempat.

Endro menuturkan, Dem­plot dengan hasil menggem­birakan tersebut harus men­jadi contoh bagi para petani untuk terus meningkatkan produksi gabah yang mereka olah melalui tanam padi sa­wah. Ia mengingatkan petani untuk tak hanya berfokus terhadap produksi gabah yang melimpah, tetapi juga mem­pertahan hasil panen dan meningkatkannya.

“Kami akan terus me­nge­valuasi hasil-hasil yang baik ini, agar lebih baik ke depan. Kalau kini baru 1 hektare, pada musim tanam berikut­nya bisa lebih merata atau berhek­tare-hektare,” kata Dandim Endro.

Varietas padi itu, kata Endro, masuk ke dalam orien­tasi pasar. Jadi, varietas yang dikembangkan tersebut juga laku di pasar, selain untuk konsumsi petani.

Keunggulan varitas Kar­tika 1-82, panen lebih cepoat, hanya dalam 89 hari, tanaman padinya bisa dipanen oleh petani, ini berarti lebih cepat dari tanam padi varitas biasa.

Sementara itu, Agus Riat­man menjelaskan, varietas Kartika 1-82 memperkaya varietas yang sudah lebih dulu berkembang dan ditanam oleh petani. Keunggulan-ke­unggulan padi Kartika 1-82, produksi gabahnya menjadi acuan bagi petani untuk ta­nam selan­jutnya.

Ia mengakui, irigasi per­manen di kawasan pertanian kecamatan Pariaman Timur belum sepenuhnya. Pihaknya sudah mempersiapkan irigasi teknis yang lebih baik dan memadai, dengan pendataan dan survei. (h/tri)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 12:55:24 WIB

    Harga Panen Bagus, Petani Kota Pariaman Semangat Tanam Jagung

    Harga Panen Bagus, Petani Kota Pariaman Semangat Tanam Jagung HARIANHALUAN.COM - Harga jagung masih menggairahkan saat ini per kilogramnya, masih Rp3.600. Karena itu petani jagung di Kota Pariaman, melalui kelompoknya, harus tetap semangat.    .
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 19:58:24 WIB

    BRI Simpang Empat Undi Panen Hadiah Simpedes

    BRI Simpang Empat Undi Panen Hadiah Simpedes PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM -- Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) laksanakan pengundian Simpedes periode ke 2 tahun 2019 dengan panen hadiah yang bertempat di ruangan Bankin.
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 15:44:33 WIB

    Meski Hanya 5 Batang, Alfrimen Bisa Panen Duku hingga 1 Ton

    Meski Hanya 5 Batang, Alfrimen Bisa Panen Duku hingga 1 Ton SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Tak hanya di wilayah perkebunan seperti Sijunjung dan Dharmasraya, masyarakat Sawahlunto ternyata juga mendapat berkah dari panennya buah duku. Siapa sangka duku ternyata juga banyak ditanam ol.
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 20:07:26 WIB

    Pakai Pupuk Organik, Keltan Bungo Tanjung Panen 7,8 Ton GKP per Hektare

    Pakai Pupuk Organik, Keltan Bungo Tanjung Panen 7,8 Ton GKP per Hektare SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Hasil uji coba penggunaan pupuk organik Bios 44 di lahan persawahan Kelompok Tani (Keltan) Bungo Tanjung Nagari Pamuatan Kabupaten Sijunjung menuai hasil yang menggembirakan..
  • Kamis, 13 Februari 2020 - 18:03:36 WIB

    20 Hektare Kebun Kopi Arabica Keltan Citra Mekar Siap Panen

    20 Hektare Kebun Kopi Arabica Keltan Citra Mekar Siap Panen PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kelompok masyarakat adat Air Dingin, Nagari Simpang Tonang, Pasaman, yang tergabung dalam Kelompok Tani (Keltan) Citra Mekar, merintis pengembangan budidaya kopi jenis Arabica..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]