Guru Kesenian Sering Tak Sesuai Bidangnya


Sabtu, 16 April 2016 - 04:30:56 WIB

JAKARTA, HALUAN — Direktur  Kesenian, Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Endang Caturwati me­ngang­gap sekolah nampaknya kurang menghargai guru kesenian dalam bidangnya. Hal ini di­katakan­nya mengingat banyak guru ke­senian di sekolah yang tidak sesuai bidang ampunya.

“Misal, ada guru ma­te­matika yang mengurus ke­senian di sekolah,” kata Endang setelah acara au­diensi teater tanah air di Gedung Kamendikbud, Ja­karta, Jumat (15/4).

Banyak sekolah yang memiliki guru kesenian yang tidak tepat dengan bidangnya. Padahal pem­belajaran kesenian me­mi­liki manfaat yang sangat baik bagi karakter anak.

Endang menerangkan, pembelajaran kesenian se­perti teater atau drama bisa menumbuhkan sikap kerja sama yang baik antarteman. Rasa toleransi dan ke­sa­baran dapat tertanam me­lalui kesenian ini. Karena itu, pembelajaran seni se­harusnya dilakukan oleh pihak-pihak yang paham atas bidangnya.

Saat ini, menurut En­dang, teater atau drama sudah memiliki banyak peminat dari masyarakat Indonesia. Hanya saja ter­hambat pada aspek sosia­li­sasinya ke masyarakat. Oleh sebab itu, hanya pihak-pihak tertentu yang men­yukai seni teater drama di Indonesia sejauh ini.

Untuk menguatkan mi­nat seni teater drama, En­dang berpendapat, salah satu penanamannya memang pe­r­lu dilakukan di sekolah. Kegiatan ini bisa dilakukan melalui ranah ekstra­kuri­kuler di sekolah. Namun sayanganya tidak semua sekolah memiliki kegiatan tambahan tersebut.

Pada kesempatan sama, Endang juga me­ngung­kap­kan apresiasinya terhadap teater tanah air. Hal ini karena mereka akan tampil atas undangan khusus dalam festival teater dunia awal Juni nanti di Kanada. Me­reka akan menjadi per­wa­kilan Indonesia satu-satu­nya dalam perhelatan dunia tersebut. (h/rol)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 24 Oktober 2020 - 06:47:55 WIB

    Giliran Ustadz dan Guru dapat BLT, Ini 4 Fakta Menariknya

    Giliran Ustadz dan Guru dapat BLT, Ini 4 Fakta Menariknya HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pendidikan islam juga sangat nyata pada masa pandemi Covid-19 untuk bisa mempertahankan aktivitas ekonomi bahkan di pesantren pemerintah melakukan berbagai kebijakan.
  • Kamis, 22 Oktober 2020 - 18:03:00 WIB

    Pengangguran di Indonesia Didominasi Lulusan Perguruan Tinggi

    Pengangguran di Indonesia Didominasi Lulusan Perguruan Tinggi HARIANHALUAN.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziyah mengungkapkan alasan pemerintah memerlukan UU Cipta Kerja di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari tantangan besar yang dialami para tenaga kerja..
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 18:11:01 WIB

    Kabar Baik! Guru Honorer Bakal Dapat Subsidi Gaji Lho

    Kabar Baik! Guru Honorer Bakal Dapat Subsidi Gaji Lho HARIANHALUAN.COM - Kabar baik para guru honorer. Pemerintah berencana memberikan bantuan subsidi upah (BSU) bagi guru honorer di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag)..
  • Senin, 28 September 2020 - 20:29:04 WIB

    Terkait Tulisan Dalang G30S PKI Belum Jelas, Ini Penjelasan Lengkap Ruangguru

    Terkait Tulisan Dalang G30S PKI Belum Jelas, Ini Penjelasan Lengkap Ruangguru HARIANHALUAN.COM - Ruangguru diancam dipolisikan oleh warga karena dianggap telah melakukan pengaburan sejarah tentang Gerakan 30S PKI. Namun, hal tersebut dijawab langsung oleh tim Ruangguru. Melalui surel yang diterima hari.
  • Senin, 28 September 2020 - 13:23:42 WIB

    Ruangguru Disomasi Lantaran Menulis Dalang G30S PKI Belum Jelas

    Ruangguru Disomasi Lantaran Menulis Dalang G30S PKI Belum Jelas HARIANHALUAN.COM - PT Ruang Raya Indonesia atau Ruangguru diancam dipolisikan oleh warga bernama Irvan Noviandana. Hal itu dilakukan kalau Ruangguru tak menyampaikan permohonan maaf dan mengubah isi kontennya yang dianggap te.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]