Ops Bersinar Siak 2016

189 Pelaku Narkoba Diringkus


Kamis, 14 April 2016 - 02:52:31 WIB

SIAK, HALUAN — Sepan­jang digelarnya Operasi Be­ran­tas Sindikat Narkoba Siak 2016, Kepolisian Da­erah Riau dan jajarah telah meringkus se­banyak 189 orang pelaku yang diduga sebagai pengedar dan ban­dar narkotika.

Demikian diungkapkan Ka­bid Humas Polda Riau AK­BP Guntur Aryo Tejo, Selasa (12/4). Dikatakan Gun­tur, para tersangka terse­but di­aman­kan dari 140 pe­ngung­­ka­pan yang dilakukan Korps Bha­yangkara tersebut. Sejauh ini, para ter­sangka yang sudah di­pen­jara­kan dan diproses se­suai Un­dang Un­dang No­mor 35 Tahun 1999 tentang Nar­ko­tika.

“Jumlah tersebut meru­pakan pengungkapan dari 140 kasus yang ditangani Direk­torat Reserse Narkoba Polda Riau dan jajaran Satuan Re­serse Narkoba di Polres,” ungkap Guntur kepada Haluan Riau.

Selain mengamankan ter­sangka, lanjut Guntur, petu­gas juga telah menyita barang bukti narkotika sabu-sabu seberat 6 kilogram, ganja kering 2,2 kilogram, pil ekstasi 1.836 butir dan 160 pil psiko­tropika jenis Happy Five.

“Kemudian dari seluruh kasus yang ada, petugas me­nyita uang Rp294 juta diduga hasil penjualan narkoba. Ter­kait uang ini akan diterapkan tindap pidana pencucian uang sebagai komitmen pem­beran­tasan narkoba,” tegas Guntur.

Masih menurut Guntur, satuan wilayan yang paling banyak mengungkap 189 Pengedar peredaran narkoba adalah Polresta Pe­kan­baru. Dimana, institusi yang dikomandani Kombes Pol Aries Syarif Hidayat terse­but telah menetapkan 45 tersangka.

“Kemudian disusul Polres Bengkalis dengan 27 tersang­ka. Selanjutnya Polda Riau melalui Dit Resnarkoba Polda Riau dengan 15 tersangka,” lanjutnya.

Lebih lanjut, mantan Ka­pol­res Pelalawan tersebut mengatakan, pengungkapan paling banyak dilakukan di pemukiman padat penduduk seperti kawasan Kampung Dalam di Kecamatan Sena­pelan, Kota Pekanbaru, kos-kosan, razia di jalanan dan sejumlah tempat hiburan.

Dalam kesempatan terse­but, Guntur menegaskan ka­lau aparat kepolisian tidak akan menolerir pengedar dan bandar narkoba yang berhasil diberantas polisi. “Kita akan miskinkan mereka. Narkoba sudah sangat darurat,” tegas Guntur.

Sedangkan untuk pe­nya­lah­guna narkoba, Guntur me­ngimbau agar segera mela­por­kan ke pihak Polisi atau Badan Narkotika Nasional untuk mendapatkan reha­bilitasi seca­ra gratis. “Untuk pengguna, silahkan lapor ke Polisi. Kita sangat terbuka untuk mem­bantu mereka men­­dapatkan rehab secara gratis. Kita jamin, mereka (para pengguna nar­koba, red) tidak akan diproses hukum,” jelasnya.

Dijelaskan Guntur, selain menggiatkan upaya penin­dakan, pihaknya turut me­mak­simalkan upaya pence­gahan dengan giat sosialisasi, kampanye serta komunikasi tentang bahaya narkoba, yakni melakukan giat sosialisasi sebanyak 782 kali diantaranya sosialisasi langsung, media dan secara tidak langsung.

“Kita terus sosialisasi ke kelompok masyarakat, mulai dari sekolah hingga ke pe­merintahan,” ujarnya. (hr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]