Dua Tahun Pemerintahan Mahem

Enterpreneur Kurang dari 1.000 Orang


Rabu, 13 April 2016 - 03:04:44 WIB

PADANG, HALUAN — Ko­mi­si II DPRD Padang me­min­ta Pemko Padang kreatif da­lam menjalankan pro­gram melahirkan 10.000 pe­ngu­saha yang terangkum da­lam pro­gram unggulan wali­ko­ta dan wakil walikota Pa­dang, Mah­yeldi-Emzalmi (Ma­hem)

Hal tadi disampaikan karena program yang diren­canakan bisa terwujud sela­ma pemerintahan yang ada sekarang tersebut dinilai be­lum berjalan sesuai hara­pan.

“Dari laporan yang kami terima, mendekati dua ta­hun pemerintahan walikota sekarang,jumlah enter­pre­nuer yang dibina masih be­ra­da di bawah angka 1.000,” sebut Wakil Ketua Komisi II DPRD Padang, Yulisman pada Haluan di Padang, Selasa (12/4).

Dikatakan Yulisman, me­mang tidak mudah untuk me­wujudkan program men­ce­tak 10.000 pengusaha. Pe­nyebabnya karena APBD Ko­ta Padang yang memang ter­batas. “Sementara, se­ja­uh ini program yang dija­lan­­kan masih mengan­dal­kan dana APBD,” ungkap dia.

Agar cita-cita meng­ha­dir­kan ribuan pengusaha selama pemerintahan Ma­hem tadi bisa terwujud, ia meminta Pemko harus ber­pandai-pandai mencari da­na dari sumber lain. Salah satu­nya adalah dengan me­la­­kukan kerjasama dengan pihak ketiga.

Kalau tetap mengan­dal­kan APBD akan sulit. Bu­kannya pesimis,  sebut Yulis­man, Bank Nagari saja dari tahun 1988 menjalankan program yang sama,  hingga sekarang baru bisa meng­hadirkan sekitar 7.000 pe­ngu­saha. “Karena dari itu jika me­la­­hirkan 10.000 en­tre­peneur da­lam lima tahun itu ingin ter­wujud, pihak ketiga mesti di­gan­deng,” papar Yulis­man.

Hal yang sama juga di­sam­paikan oleh Anggota Ko­misi II DPRD Padang, Ha­dison.  Disebut Hadison un­tuk melahirkan 10.000 pe­ngu­saha yang terangkum da­lam 10 program unggulan Ma­­hem, Pemko memang tak bisa mengandalkan AP­BD.

“Dengan anggaran ter­batas, banyak hal lain yang mesti diakomodir, jadi ja­ngan andalkan APBD saja. Walikota mesti pandai mela­kukan pendekatan ke pihak ketiga, ajak mereka untuk bekerjasama” pungkas Ha­dison. (h/len)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]