Perayaan Pekan Budaya Terkesan Monoton


Selasa, 12 April 2016 - 11:49:53 WIB

Limapuluh Kota, Haluan — Kabu­paten Limapuluh Kota kembali menggelar Pekan Bu­daya (PB) untuk tahun 2016. Ajang yang kesekian kalinya tersebut, kembali menampilkan budaya-budaya yang ada di 13 kecamatan serta pameran ber­bagai produk dari  masyarakat, perusahaan swasta dan masing-masing SKPD ling­kungan Pem­kab Limapuluh Kota.

Ajang tahunan yang dise­lenggaran pada kali ini, tidak jauh berbeda dari pergelaran pekan budaya tahun-tahun sebelumnya. Konsep dan jalannya acara Pekan budaya, terutama saat pem­buka­an masih seperti  pada penye­lenggaran tahun sebelumnya. Sehingga, pekan budaya kali ini, terkesan monoton.

Hal itu juga diakuai tamu undangan dari pekan budaya, terutama dari percakapan sesama kepala seko­lah yang turut me­nyaksikan jalan­nya pembukaan  pekan budaya diselenggarakan dihalaman Kan­tor bupati Li­mapuluh Kota pada Senin (11/4) siang.

“Tidak ada yang berubah  kegiatan budaya kali ini,” ucap salah seorang Kepala SMP di Kabupaten Lima­puluh Kota.

Hal yang sama juga diung­kapkan pengunjung pekan buda­ya lainnya. Menurut mereka, penyelenggara Pekan Budaya oleh Bidang Budaya Dinas Bu­daya Pariwisata Pemuda dan Olahraga tidak memiliki inovasi untuk meriahkan pesta tahunan Kabupaten Limapuluh Kota ter­se­but.

Monotonnya pergelaran pe­kan budaya, turut dirasakan juga oleh Komisi II DPRD Kabupaten Limapuluh Kota sekaligus mitra kerja Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga Ka­bu­paten Limapuluh Kota. “Me­mang diakui, pergelaran pekan budaya masih monoton, tidak ada perubahan dari tahun ke tahun,” terang Yosrizal Dt Parmato Alam, anggota Komisi II DPRD Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurut politisi PAN terse­but, pergelaran pekan budaya kali ini masih menerapkan pola-pola lama sehingga tidak ada peru­bahan dan warna bagi daerah.

Anggota DPRD Daerah Pe­milihan V tersebut berharap kedepan hal seperti ini harus menjadi evalusi bagi kepada daerah untuk Kabupaten Limapuluh Kota lebih baik.

“Pekan Budaya merupakan momen penting bagi daerah. Sehingga harus ada inovasi-inovasi demi kemajuan daerah. Jangan lagi ada image dari pekan budaya ini merupakan acara pejabat-pejabat tetapi harus jadi ajang  masyarakat. Kita harap, Kepala Daerah harus evalusi hal-hal yang seperti ini demi daerah kita bersama,” tukuknya.

Selain itu, semenjak beberapa kali digelar, terangnya,  pekan budaya Kabu­paten Limapuluh Kota  tidak menimbulkan gezah yang berarti bagi daerah.

Bahkan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Sastri Andiko juga menilai pergelaran pekan budaya belum terlaksana mak­simal oleh SKPD terkait.

“Pergelaran pekan budaya masih sama dengan tahun sebel­umnya. Kita melihat, SKPD terkait tidak begitu siap dengan iven-iven seperti ini. Kedepan, penyelenggara terutama Disbud­parpora  harus siap lari kencang dan bersinergi dengan kepada daerah yang baru. Pekan budaya juga harus menyatu dengan visi-misi kepala daerah. Sehingga pekan budaya bisa tersebar de­ngan baik ke tengah-tengah masyarakat,” sebutnya.

Tak hanya itu saja, semenjak dua tahun berturut-turut, momen penting Kabupaten Limapuluh Kota tersebut tidak pernah dida­tangi langsung oleh Gubernur Sumbar.

“Gubernur sudah diun­dang tapi tidak datang. Hanya diwakili oleh Staff Ahli bidang Peme­rintahan Pemprov Sumbar,” ucap Muhammad Siebert Kabaghumas Pemkab Limapuluh Kota. Pekan budaya sendiri digelar dari Senin hingga Sabtu (16/4) mendatang. (h/ddg)

 

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 14:48:30 WIB

    Perayaan HUT RI ke-75 di Kampung Bangkok Pasbar Meriah

    Perayaan HUT RI ke-75 di Kampung Bangkok Pasbar Meriah HARIANHALUAN.COM - Persatuan Pemuda Bangkok bersama masyarakat Kampung Bangkok, Jorong Kemajuan, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), adakan lomba 17 Agustusan, Tabligh Akbar dan Pawai Obor. A.
  • Kamis, 20 Agustus 2020 - 17:15:01 WIB

    Perayaan HUT RI, Merah Putih dan Bendera BPJS Kesehatan Dikibarkan di Dasar Laut

    Perayaan HUT RI, Merah Putih dan Bendera BPJS Kesehatan Dikibarkan di Dasar Laut HARIANHALUAN.COM - Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pariaman mengibarkan bendera merah putih dan bendera BPJS Kesehatan di dasar laut..
  • Kamis, 11 Februari 2016 - 14:32:54 WIB

    Perayaan Khatam Sungai Durian Dibanjiri Perantau

    PAYAKUMBUH, HALUAN - Perayaan Khatam Quran di Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Latina, menjadi media pemersatu warga setempat dengan perantau. Pasalnya, puluhan perantau banyak yang pulang kampung menghadiri iven religi dua.
  • Sabtu, 02 Januari 2016 - 03:34:30 WIB
    Di Payakumbuh

    Perayaan Malam Pergantian Tahun Baru Meriah

    Perayaan Malam Pergantian Tahun Baru Meriah PAYAKUMBUH, HALUAN — Malam pergantian tahun 2015 ke 2016, atau Old and New 2016 di Payakumbuh cukup meriah, berlangsung aman dan terkendali..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]