Di Limo Korong Pilibang

Irigasi Rusak, Sawah Gagal Panen


Selasa, 12 April 2016 - 11:39:58 WIB
Irigasi Rusak, Sawah Gagal Panen SEORANG petani melihat saluran irigasi Bendungan Lubuak Simantuang Cangkeh, Nagari Pilubang, Sungai Limau yang tertimbun akibat longsoran tanah beberapa waktu lalu. (BUSTANUL ARIFIN) ?

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Sekitar 30 hektar sawah di lima korong di Nagari Pilu­bang, Kecamatan Sungai Limau terancam gagal panen, hal itu disebabkan putusnya saluran irigasi Bendungan Lubuak Si­man­tuang Cangkeh. Akibatnya sekarang petani mengeluh, karena sawah mereka untuk saat ini sangat membutuhkan air.

    Salah seorang tokoh masyarakat Nagari Pi­lu­bang, Ali Refno kepada Haluan kemarin men­ye­but­kan, saluran irigasi yang biasa mengairi sawah petani itu tertimbun longsoran tebing. “Aliran ini irigasi tertimbun longsor, aki­bat­nya ada sekitar tiga pulu meter tali bandar itu ter­tim­bun tanah longsoran,” ujar Ali Refno.

Dia menjelaskan, ta­nah longsoran itu terjadi be­berapa waktu, karena kon­disi tebing labil ditambah sekarang musim hujan tentu mudah saja terjadi long­soran. “Akibat tersumbat tali bandar, ada sekitar 30 hektar sawah di lima ko­rong, yaitu Korong Si­ba­ruas, Korong Lembak Pa­sang, Korong Kampuang Jua, Korong Sungai Sirah serta Korong Pasie Baru,” terangnya.

Dengan kondisi se­k­a­rang ini, masyarakat petani sangat mengharapkan ke­pada pemerintah melalui dinas terkait untuk mem­berikan bantuan, karena dilima korong itu banyak masyarakatnya hidup de­ngan bertani.

“Untuk se­men­tara, para petani juga telah melakukan goro, akan tetapi kemam­puan petani tidak sanggup mengerjakan dengan tangan manusia ka­rena longsornya sekitar 30 meter, memang harus pakai mesin,” harap Ali Refno. (h/bus)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]