Surau Kaum Terancam Roboh


Selasa, 12 April 2016 - 03:17:17 WIB
Surau Kaum Terancam Roboh Inilah kondisi Surau Kamun Jambak yang sudah dekat dengan Sungai Batang Mangoi, kalau dibiar surau itu akan hanyut bersama air. (BUSTANUL ARIFIN)

PADANG PARIAMAN, HALU­AN — Surau kaum suku Jam­bak Pasie Laweh, Korong Bi­sati, Kenagarian Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman terancam ambruk, karena tebing disebelah surau itu semakin hari selalu dikeruk oleh Sungai Batang Mangoi, apalagi sekarang ini sungai itu sering meluap.

Kepala Korong Bisati, Az­war Anas kepada Haluan ke­ma­rin menyebutkan, runtuh­nya tebing dekat surau itu sudah terjadi beberapa waktu yang lalu, tapi pada banjir bandang Sungai Batang Ma­ngoi Selasa (22/3) yang lalu ada beberapa meter tebing yang runtuh, akibatnya sungai sudah semakin dekat dengan lokasi surau.    “Kalau terjadi banjir seperti Selasa (22/3) yang lalu, mungkin saja surau itu di­hanyut­kan, karena tebing itu tidak ada yang menjadi pe­nahan­nya, tentu mudah saja dihanyutkan oleh air banjir. Dengan kondisi sekarang ini, tentu pengurus surau takut, karena disurau itu selalu ada kegiatan keagamaan yang di­laku­kan baik siang maupun malam,” ujar Azwar Anas.

Dia menjelaskan, surau dibangun sekitar tahun 1955, bahkan surau ini termasuk yang tertua di korong ini. Katanya lagi, sekarang ini jarak antara sungai dengan surau hanya 20 centi meter, kalau dibiarkan berlama surau ini akan hanyut bersama air. “Du­lu, masalah surau sudah dekat dengan sungai sudah dilapor­kan ke PSDA Kabupaten Pa­dang Pariaman, akan tetapi sampai saat ini belum ada tanggapannya,” terangnya.

Untuk itu katanya, atas nama masyarakat kami sangat mengharapkan ada bantuan yang diberikan untuk me­nor­malisasi sungai ini, karena tidak bisa dilakukan nor­ma­li­sasi dengan secara manual oleh masyarakat.

“Masyarakat Pasie Laweh, Korong Bisati ini sangat ber­harap ada perhatian pe­me­rintah untuk menormalisasi ini, karena kalau dilihat di­daerah lain di Padang Paria­man ini banyak perhatian pe­me­rintah, tentu kami merasa iri melihatnya,” harap Azwar Anas. (h/bus)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]