“Baretong di Hari Tarang” BPNB Sumbar

Melestarikan Tradisi, Mambangkik Batang Tarandam


Selasa, 12 April 2016 - 02:50:05 WIB
Melestarikan Tradisi, Mambangkik Batang Tarandam

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat, kembali menggelar kegiatan Revitalisasi Kesenian Tradisional Minangkabau. Kali ini, rang­kaian kegiatan yang dikemas dalam aca­ra “Ba­retong di Hari Tarang” itu, digelar di Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Pa­dang Panjang Ba­rat Kota Padang Pan­jang, Sabtu (9/4).

Selain me­nam­pilkan per­tunjukan dari Sanggar Seni Rang­koto, Sanggar Deskopa dan Silek Tuo Anak Nagari, kegiatan yang menyedot per­hatian warga Kota Serambi Mekkah itu, juga dimeriahkan dengan pertunjukan gamaik oleh Sanggar Seni Rangkoto, tari pasambahan, tari piring, tari Indang oleh Sanggar Seni Des­kopa, pertunjukan silek oleh Silek Tuo Anak Nagari Koto Panjang, serta per­tunjukan randai oleh siswa-siswi SMA Ne­geri 1 Padang Panjang.

Kepala BPNB Sumatera Ba­rat Jumhari, SS dalam sam­butannya me­nga­­takan, Ba­re­tong di Hari Tarang me­rupakan kegiatan rutin BPNB yang be­rangkat dari pemikiran tradisi Mi­nang­­kabau di masa lalu. Dimana saat itu, berbagai a­trak­si kesenian ditampilkan pada masa bulan purnama.

“Maka sejak 2012 lalu, tra­disi ini kemudian kita kemas menjadi paket ke­giatan bertajuk Ba­retong di Hari Tarang. Tu­juannya tak lain untuk me­revitalisasi kesenian-kesenian tra­di­sional, yang akhir-akhir ini semakin terkikis oleh per­ke­m­bangan zaman,” tandas Jum­hari, yang memberikan apresiasi khusus atas ting­gi­nya animo warga un­­tuk menyaksikan rang­­kaian aca­ra ter­sebut.

Tokoh ma­sy­a­rakat Pa­dang Pan­jang, Syafri ZA Da­tuak Tuo, me­ngu­cap­kan terima kasih ke­pada BPNB Sum­bar yang telah me­ne­tap­kan Padang Pan­jang sebagai tuan rumah pe­laksanaan kegiatan Baretong di Hari Tarang kali ini. Datuak Tuo berharap agar kegiatan ini dapat menggairahkan kem­bali ke­senian tradisional Mi­nang­kabau, khususnya di Padang Panjang.

“Kita sangat me­ng­apre­siasi kegiatan ini. Se­mo­ga dapat terus dipertahankan untuk masa-masa yang akan datang. Se­hingga kesenian tradisional tetap lestari dan tak hilang di telan zaman,” kata Datuak Tuo.

Ketua Panitia Pelaksana Baretong di Hari Tarang, Hartati Safitri mengatakan, sesuai makna Baretong di Hari Tarang, warga Koto Panjang tampak antusias mengikuti seluruh rang­kaian acara yang digelar di Poskamling RT 5, hingga tuntas. Selain sebagai ajang hiburan bagi masyarakat, melalui kegiatan ini juga di­harapkan akan “mam­bangkik batang tarandam” dalam upaya pelestarian nilai-nilai budaya tra­disional.

“Kegiatan ini juga men­jadi salah satu upaya BPNB Sumbar dalam me­ng­antisipasi pengaruh luar. Lebih dari itu, masyarakat khususnya generasi muda, juga diharapkan bisa lebih mengenal dan dekat dengan kesenian tradisional, se­hingga pada akhir­nya akan menimbulkan rasa cinta dan memiliki ter­hadapnya,” ujar Fitri. (h/yan)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]