Penyaluran KUR di Sumbar Tinggi

Dinas UMKM Minta Debitur Jujur Kembalikan Kredit


Senin, 11 April 2016 - 04:18:50 WIB

PADANG, HALUAN — Dalam catatan Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Sumbar oleh perbankan hingga Februari ini mencapai Rp1,25 triliun dari tiga bank pemerintah. Dinas tersebut menilai penyaluran KUR pada tahun ini tinggi dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Menurut Zirma Yusri, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, ting­ginya penyaluran KUR ter­se­but karena kebijakan pe­me­rintah yang menetapkan bunga KUR 9 persen mulai tahun ini, yang lebih rendah dari tahun lalu, yakni sebe­sar 12 persen.

Dengan tingginya pe­nya­lu­ran KUR dan antusias ma­syarakat atau pelaku UM­KM untuk meminjam kre­dit, Zirma meng­ha­rap­kan pela­ku UMKM sema­kin kreatif dalam berusaha. Se­lain itu, ia berharap pela­ku UMKM untuk bersi­kap ju­­jur, dalam artian jujur me­ngem­balikan kredit ke­pa­da bank.

“Tingginya penyaluran KUR dengan bunga rendah ini berdampak sangat bagus bagi pelaku UMKM. De­ngan begini, pelaku UMKM selamat dari renteinir yang memberikan pinjaman de­ngan bunga tinggi. Kami harapkan, hal ini mengu­rangi jumlah renteinir di tengah masyarakat,” tutur Zirma Yusri kepada Haluan di Padang, Minggu (10/4).

Tiga bank plat merah yang menyalurkan KUR di Sumbar itu, kata Zirma Yusri, adalah BRI dengan penyaluran KUR sebanyak Rp1,055 triliun, dengan 52.543 debitur. Kemudian, BNI dengan Rp102 miliar KUR yang disalurkan kepa­da 480 debitur. Lalu, Bank Mandiri yang menyalurkan KUR sebesar Rp98 miliar untuk 2.225 debitur.

Selain bank milik pe­me­rin­tah, pihaknya juga meng­ha­rapkan Bank Na­gari un­tuk menyalurkan lebih ba­nyak KUR kepada pelaku UM­KM di provinsi ini. Ha­rapan itu karena KUR sa­ngat membantu pengem­ba­ngan UMKM sebab pela­ku UMKM sulit meme­roleh modal untuk mem­buka usa­ha. Per­kem­bangan UMKM ber­kaitan dengan produk do­mestik regional bruto (PD­RB) Sumbar, ka­re­na sum­ba­ngan sektor UM­­KM un­tuk PDRB Sum­bar men­capai 60 persen. (h/dib)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]