Demi 20 Ribu Mahasiswa Miskin

Beasiswa Supersemar Diminta Diaktifkan


Senin, 11 April 2016 - 04:15:49 WIB

BANDUNG, HALUAN — Keluarga Mahasiswa dan Alumni Penerima Beasiswa Supersemar (KMA-PBS), minta bea­siswa Supesemar dihidupkan lagi. Sejak 2015, sebanyak 20 ribu mahasiswa miskin sudah tak menerima beasiswa yang diberikan sebesar Rp 220 ribu perbulan.

“Kami mohon pemerintah arif menyikapi ini. Karena, beasiswa ini bisa  mencerdaskan bangsa,” ujar Ketua KMA PBS Jabar, Cecep Dermawan kepada wartawan, Ahad (15/4).

Menurut Cecep, sejak 2015 beasiswa supesemar terhenti karena harus berurusan dengan ranah hukum. Padahal, se­ha­rusnya pemerintah memisahkan antara upaya hukum dengan masalah beasiswa yang ditujukan untuk mencerdaskan bang­sa. ”Seharusnya, beasiswa tak ter­henti oleh masalah lain. Ini dibutuhkan untuk menunjang pendidikan lingkungan,” katanya.

Cecep mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa upaya agar pemerintah mau me­ngak­tifkan kembali beasiswa ini. Salah satunya memberikan saran pada pemerintah agar mengambil alih beasiswa tersebut menjadi milik pemerintah.”Yang penting, beasiswa ini masih tetap ada tak terhenti,” katanya.

Ketua Pelaksana Seminar Supersemar Mahpudi MT me­n­jelaskan, akibat beasiswa ter­sebut dihentikan, sebanyak 20 ribu mahasiswa miskin ter­ken­dala masalah kuliah. Mereka tak bisa membayar buku dan tak bisa membayar kost.”Kan syarat pe­nerima beasiswa supesemar, mahasiswa harus berprestasi dan tak mampu,” katanya.

Saat ini, kata dia, total mahasiswa yang telah mendapat beasiswa Supesemar mencapai 2 juta orang. Mereka menempuh jenjang S1 dan S2. Bahkan, hingga saat ini masih banyak mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa supersemar ini.

“Proses perekrutan calon penerima beasiswa masih be­rlangsung. Jadi, saat ini banyak yang berharap beasiswa ini bisa diberikan lagi,” katanya.

Perlu diketahui, sebelumnya Wakil Sekjen Keluarga Ma­hasiswa dan Alumni Penerima Beasiswa Supersemar (KMA-PBS) Agus Riyanto, mem­be­rikan keterangan  terkait adanya rencana eksekusi Yayasan Su­persemar sesuai amar putusan MA Nomor 140 PK/Pdt/2015 Tahun 2015.

Berdasarkan putusan ter­sebut, terhitung sejak 17 De­sember 2015 seluruh aktivitas pem­berian beasiswa telah di­hen­tikan Kejaksaan dan Pe­ngadilan Jakarta Selatan selaku eksekutor. Selain itu Yayasan Supersemar harus mengganti kerugian sebesar Rp4,4 triliun ke negara. (rol)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 09 Mei 2020 - 10:05:50 WIB

    Heboh! Mahasiswa RI Pemegang Beasiswa Australia Awards Dituduh Lecehkan 30 Wanita

    Heboh! Mahasiswa RI Pemegang Beasiswa Australia Awards Dituduh Lecehkan 30 Wanita JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta sedang menyelidiki dugaan pelecehan seksual yang dilakukan alumninya, yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Melbourne dengan beasiswa dari Pemeri.
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 20:10:11 WIB

    Manfaat BPJAMSOSTEK Ditambah, Ahli Waris Bakal Dapat Beasiswa Sebesar Rp174 Juta

    Manfaat BPJAMSOSTEK Ditambah, Ahli Waris Bakal Dapat Beasiswa Sebesar Rp174 Juta JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah meningkatkan manfaat 2 program jaminan sosial ketenagakerjan, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm). Meskipun 2 program tersebut mengalami kenaikan manfaat, da.
  • Senin, 20 Juni 2016 - 02:14:29 WIB
    Pemangkasan Anggaran Kemenristekdikti

    M Nasir: Beasiswa Tidak Akan Terganggu

    M Nasir: Beasiswa Tidak Akan Terganggu JAKARTA, HALUAN—Menteri Riset, Tek­no­logi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, pemangkasan anggaran Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tidak akan mempengaru.
  • Rabu, 27 April 2016 - 02:59:19 WIB

    Pemerintah Diminta Tingkatkan Beasiswa 3T

    JAKARTA, HALUAN —Pe­me­rintah diminta me­ning­katkan bantuan beasiswa bagi para pelajar dan maha­siswa yang berada di daerah 3T (Terluar, Terpinggir, dan Tertinggal). Permo­honan­nya ini juga diperuntukkan bagi kalan.
  • Rabu, 20 April 2016 - 02:33:45 WIB

    Kemenristekdikti Sediakan 2.700 Beasiswa untuk Dosen

    SURABAYA, HALUAN — Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemen­ristekdikti) menyediakan 2.700 beasiswa untuk dosen di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS)..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]