BPSJ tak Miliki Izin Amdal


Senin, 11 April 2016 - 04:12:21 WIB
BPSJ tak Miliki Izin Amdal Bangunan PT. BPSJ Solok Selatan tidak kantongi izin Amdal. (JEFLI)

SOLSEL,HALUAN—PT. Bi­na Pratama Sakato Jaya (BPSJ) telah beroperasi sejak satu tahun terakhir. Tapi selama beroperasi pab­rik pengolahan inti kelapa sawit (Carmel) milik BPSJ Solok Selatan (Solsel) tidak miliki izin Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) dari Pemerintah Solsel.

Hal ini membuat geram Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat. Persoalan ini terungkap setelah tim Panitia Khusus (Pansus) DPRD Solsel saat melakukan Inspeksi Men­dadak (Sidak) ke lapangan.

Pelaksana tugas ketua DPRD Solsel, Ali Sabri Abas mengatakan, peme­rintah daerah harus meng­ambil tindakan tegas terha­dap perusahaan pelanggar aturan ini. “Pembangunan pabrik besar seperti itu pasti memakan waktu lama dan biaya yang tidak sedikit tapi kenapa pemerintah se­tem­pat tidak melakukan tinda­kan selama proses itu dilak­sa­nakan hingga sekarang sudah berproduksi,” kata­nya.

Ia menduga  adanya permainan “kong kaling­kong” dalam pendirian pab­rik pengolahan inti kelapa sawit milik PT BPSJ ini. Persoalan ini harus selelsai dalam waktu 15 hari kede­pan.”Semua anggota DPRD menyetujui jika pemerintah daerah harus mengambil tindakan dalam 15 hari ke­depan dan jika tidak maka kasusnya dilaporkan ke KPK,” katanya.

Menurut dia, tindakan yang dilakukan oleh PT BPSJ merupakan bentuk gaya premanisme dan tidak mengindahkan aturan yang ada. “Masa pabrik dibangun tanpa ada izin Amdal dan selama ini mereka mungkin merasa aman sehingga pe­merintah perlu mengambil tindakan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Solsel, Hapison mengatakan pihaknya telah melakukan peneguran secara lisan mau­pun tulisan. “Saat ini pihak perusahaan telah melaku­kan pengurusan izin amdal tersebut. Namun, terken­dala keterlambatan dari pihak konsultannya,” jelas­nya.

Lebih lanjut dijelaskan, kewengan untuk menge­luarkan izin amdal ini bera­da di Bapedalda provinsi. karena, kantor lingkungan hidup Solsel belum ber­bentuk badan.

Sementara, pihak BPSJ saat ditemui sejumlah awak media keperusahaan terse­but tidak mendapatkan in­for­masi apapun. “Maaf pim­pinan pabrik dan perke­bunan lagi kelapangan,”kata seorang pegawai BPSJ kepa­da awak media yang ingin melakukan konfirmasi ter­kait permasalahan tersebut.

Namun, berdasarkan in­for­masi satpam BPSJ jika ada seorang yang akrab dipanggil Mister, Nara yang merupakan salah satu pim­pinan yang  tengah berada di dalam kantor. Sehingga para awak media kembali menemui pegawai untuk bisa bertemu Mister Nara. Tapi, pria berpera­wakkan India itu menolak untuk diwawancarai awak media. “Saya tidak meng­urus ma­salah itu, langsung saja de­ngan pimpi­nan,” sam­bil berlalu mening­gal­kan war­ta­wan keluar ia bi­cara ketus. (h/jef)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]