Kemenag Sumbar Gelar Asesmen Kepala Madrasah


Jumat, 08 April 2016 - 15:59:53 WIB
Kemenag Sumbar Gelar Asesmen Kepala Madrasah KEPALA Kanwil Kemenag Sumbar Salman mengalungkan tanda peserta asesmen kompetensi kepada madrasah, Rabu (6/4).

PADANG, HALUAN — Kan­wil Kementerian Aga­ma Sumbar kembali me­lakukan asesmen atau peni­laian kompetensi kepala madrasah di aula Balai Dik­lat Keagamaan Padang, Ra­bu (6/4). Kegiatan yang berlangsung 2  hari itu, menghadirkan narasumber dari Tim Psikologi Uni­versitas Andalas, Tim Asse­sor dan Tim Assesment Cen­tre Kementerian Agama RI, dan Panitia Assessment.

Kabid Penmad, Artis Ar­jun melaporkan, asesmen ka­li ini adalah yang kedua di­laksanakan, meng­hadir­kan 100 peserta asesmen se-Sum­bar. Pada 2015 lalu, te­lah diselenggarakan ases­men kepala madrasah yang di­ikuti 101 peserta.  “Ases­men ini meru­pa­kan syarat mu­t­lak pelak­sa­naan pro­mo­si, rotasi dan mutasi pejabat di ling­ku­ngan Ke­men­terian Agama,” kata­nya.

Kepala Kanwil Keme­nag Sumbar, Salman dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh unit kerja yang telah men­sukseskan pelaksanaan ases­men ini.

Pada kesempatan itu, Salman menjelaskan waca­na Zona Integritas (ZI) dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang dicanangkan Inspektorat Kementerian Agama RI. Berdasarkan arahan Irjen Kemenag, se­tiap kegiatan dan tindak lanjut yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Aga­ma harus ada laporan pertanggungjawabannya.

“Kita harus lebih jeli dalam pemakaian anggaran dan mulai melakukan opti­ma­lisasi pe­manfaatannya. Kegiatan madrasah seperti study banding dan study komparatif harus memiliki tujuan dan hasil yang jelas serta laporan per­tang­gung­jawabannya. Selain itu, hal tersebut tentunya harus se­izin pimpinan satuan kerja,” tambahnya.

Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga mem­berikan arahan, bahwa se­gala pembiayaan dan pe­nge­luaran anggaran yang terjadi selama kegiatan, ha­rus ada laporannya berupa bon ataupun kwitansi. Se­pintas kwitansi penggunaan kendaraan umum terlihat remeh, namun hal tersebut bisa mempersulit dan mem­buat pengguna anggaran tersangkut penyalahgunaan anggaran. (h/vie/rel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]