2 Mahasiswa Jadi Tersangka

Rektor UBH Harus Bertanggung Jawab


Kamis, 07 April 2016 - 03:47:05 WIB
Rektor UBH Harus Bertanggung Jawab Mahasiswa yang tergabung dalam Serikat Mahasiswa Universitas Bung Hatta (SEMBUH) berorasi di gedung rektorat Kampus I UBH, Ulak Karang, Padang Utara, Kota Padang, Rabu (6/4). Mereka meminta rektor bertanggung jawab atas bentrok antar mahasiswa pada 25 November 2015. (RIVO SEPTI ANDRIES)

PADANG, HALUAN — Sekitar 100 mahasiswa Universitas Bung Hatta (UBH) yang menamakan dirinya Serikat Mahasiswa Bung Hatta (Sembuh), menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Rektorat Kampus 1 UBH di Ulak Karang, Rabu (6/4) sekira pukul 11.00 WIB.

Merasa menuntut nama baik rekannya yang dicemarkan, dipulihkan oleh pihak kampus.

Dari pan­tauan Haluan di kampus tersebut, mahasiswa yang berdemo sempat mem­bakar ban di depan gedung rektorat UBH sebagai tanda kekecewaan mereka kepada pihak kampus.

“Aksi unjuk rasa ini me­ru­­pakan buntut dari bentrok antar mahasiswa saat acara Komunitas Mahasiswa Fa­kul­­tas Teknik Sipil dan Pe­ren­­canaan pada 25 Novem­ber 2015 lalu. Saat itu pihak kam­pus menyatakan acara ter­sebut ilegal,” ungkap Koor­dinator Aksi, Adu­nirwan­sah.

Lanjut Adunirwansah, pihak rektorat menyatakan acara tersebut ilegal karena tidak memiliki izin. Rektorat meminta organisasi kampus dalam hal ini Badan Ekse­kutif Mahasiswa (BEM) mem­buat kesepakatan de­ngan pihak rektor untuk mem­bubarkan acara tersebut.

“Ketika hendak dibu­bar­kan, terjadilah bentrok fisik antara anggota komunitas mahasiswa Teknik Sipik de­ngan BEM dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) karena komunitas Fakultas Teknik Sipil tidak mau acaranya dibu­barkan,” ungkapnya.

Dalam insiden tersebut, salah seorang mahasiswa ber­nama Febriyan Andria­wan (25), mahasiswa Fakul­tas Hukum sempat terkena puku­lan saat upaya pem­bubaran. Kejadian ini terjadi di GOR Kesenian Kampus 2 Bung Hatta di Air Pacah, namun tidak tahu pela­kunya. Korban melaporkan ke­jadian tersebut ke pihak berwajib dengan kesaksian rekannya, Ichwan Sandy Putra (22) dan Riki Har­diyanto (23).

Namun kedua orang saksi tersebut malah terseret men­jadi tersangka, karena pihak kepolisian menduga kedua orang tersebut sebagai provokator dalam insiden tersebut.

“Sebelumnya mahasiswa Teknik Sipil dan Peren­canaan maupun lembaga lain sudah meminta agar masalah ini dapat dise­le­saikan oleh rek­tor. Tetapi yang terjadi malah kasusnya berlanjut hingga Riki dan Sandy jadi tersangka. Kami minta, rektor ber­tang­gung jawab, pulihkan nama baik rekan kami,” tuturnya.

Rektor Universitas Bung Hatta, Niki Lukviarman da­lam pesan singkatnya me­nga­takan, pihaknya akan menye­lesaikan per­ma­sa­lahan ini secara internal dengan maha­siswa. (h/mg-adl/mg-ina)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 14 November 2016 - 00:49:55 WIB

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung PADANG, HALUAN — Dalam waktu dekat Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Ganefri akan memilih pembantunya dalam bertugas mewujudkan UNP mendapat Akreditasi Internasional..
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 12:50:04 WIB

    Rektor Minta Maba Jaga Marwah Kampus

    PADANG, HALUAN — Ma­hasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang, Senin (29/8) memulai perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2016/2017. Sebelumnya terhitung sejak 18-20 Agustus lalu, 3.097 orang mahas.
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 12:09:37 WIB

    Rektor UBH Lantik Asisten Direktur Pascasarjana

    Rektor UBH Lantik Asisten Direktur Pascasarjana PADANG, HALUAN—Dr. Ir. Junaidi M.Si secara resmi menjabat menjadi Asisten Direktur Program Pasca­sarjana Universitas Bung Hatta.Prosesi pelantikan dan serah terima jabatan dilak­sanakan di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kam.
  • Kamis, 16 Juni 2016 - 15:14:23 WIB

    Ganefri Terpilih Jadi Rektor UNP

    Ganefri Terpilih Jadi Rektor UNP PADANG, HALUAN -- Kepala Kopertis Wilayah X, Prof. Ganefri, akhirnya terpilih menjadi Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) periode 2016-2020. Kemenangan Ganferi ini cukup mengejutkan,.
  • Selasa, 14 Juni 2016 - 03:23:25 WIB

    Rektor Unand: Pendidikan Salah Satu Cara Mengentas Kemiskinan

    Rektor Unand: Pendidikan Salah Satu Cara Mengentas Kemiskinan Padang, Haluan — Pendidikan merupakan salah satu upaya dalam meng­entaskan kemiskinan. De­ngan pendidikan seseorang memiliki kemampuan dalam meningkatkan taraf kehi­dupannya. Hal ini disam­paikan Rektor Unand, Prof. Dr..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]