Tahun Depan, Seluruh Sekolah Laksanakan UNBK


Kamis, 07 April 2016 - 03:21:32 WIB

SOLSEL, HALUAN—Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menargetkan pada 2017 peserta Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat melaksanakan UN Berbasis Kom­puter (UNBK) di seluruh SMA sederajat.

 “Jika UNBK sangat penting artinya kita akan ikuti karena penting untuk kemajuan teknologi pelajar. Kita akan lihat berapa biaya yang dibutuhkan,” kata Bupati Solsel Muzni Zakaria kepada Haluan, Selasa (5/4).

Dari 19 SMA sederajat yang ada di Solsel saat ini baru satu sekolah yang menggunakan fasilitas UNBK, yaitu SMK 1 Solsel. Untuk target kelulusan pelajar, pemerintah Solsel menargetkan pelajar bisa lulus seratus persen.

“Tahun lalu kita peringkat kesepuluh di Sumatera Barat (Sumbar), untuk tahun ini kita berharap bisa menembus angka lima besar,” katanya.

Ia mengharapkan kelulusan seratus persen dapat terwujud dikarenakan hasil UN bukan satu-satunya penentu kelulusan namun, sangat penting artinya dikarenakan salah satu indikator penentu.

Sementara itu, Kepala SMK 1 Solsel, Novrizon menyebutkan peserta UNBK di sekolahnya sebanyak 255 pelajar dari tujuh jurusan.

“Pelajar diberikan tiga sesi waktu ujian di­karenakan keterbatasan komputer. Saat ini komputer yang tersedia untuk ujian sebanyak 96 unit yang dibagi tiga ruangan. Dimana, masing-masing ruangan diberikan komputer cadangan sebanyak enam unit dan satu unit server,” terangnya.

Yang menjadi kendala saat proses UNBK adalah terkait arus listrik sehingga untuk antispasi ke­mungkinan tersebut pihak sekolah menyewa satu unit genset berkapasitas besar kepada pihak PLN Muara Labuh.

“Pihak PLN memberikan suplai listrik melalui genset hinga pukul 17.00 WIB,”katanya. (/jef)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]