100 Brimob Sumbar Dikirim ke Papua


Rabu, 20 Januari 2016 - 04:56:09 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN — sedi­kit­nya 100 personel Brigade Mobil (Brimob) Polda Sum­bar dikirim ke Papua untuk melakukan pengamanan PT Freeport Indonesia. Sebelum diberangkatkan, digelar upa­cara pelepasan pasukan di Mako Brimob oleh inspektur upacara (Irup) Kapolda Sum­bar Brigjen Pol Basarudin, Selasa (19/1) siang.

Penugasan anggota terse­but untuk Bantuan Kendali Operasi (BKO) Polda Papua, yang menggantikan tugas dari Brimob Polda Daerah Isti­mewa Yogyakarta (DIY). Me­reka akan bertugas di Papua selama empat bulan.

Kapolda melalui Kepala Bidang Hubungan Masya­rakat (Kabid Humas) Polda Sumbar AKBP Syamsi me­nga­takan, pengiriman 100 personel Brimob tersebut atas perintah dari pusat, dengan tujuan untuk membantu Pol­da Papua mengamankan PT Freeport.

Personel ini diberangkat­kan melalui jalur udara dari Bandara Internasional Mi­nang­kabau (BIM). “Pengi­riman pasukan ke Papua telah yang kedua kalinya, karena men­dapat kepercayaan dari pimpinan Polri guna turut membantu Polda Papua dalam mengamankan ob­jek vital nasional PT Freeport Indonesia,” kata Syamsi kepada Haluan, kemarin.

Dijelaskannya, Freeport me­ru­­pakan perusahaan nasional pe­nyo­kong 1,59 persen kegiatan perekonomian Indonesia yang dijalankan 300 ribu karyawan. Tabel penerimaan negara untuk APBN setiap tahun menem­patkan Freeport pada posisi teratas. Untuk itu, pasukan Bri­mob yang ditugaskan di Freeport, renca­nanya akan bertugas menga­man­kan lokasi dari gangguan separatis, serta gangguan konflik horizontal.

Sebelum diberangkatkan,  personel tersebut telah diberi bekal pelatihan, ilmu medan dan kompas, perang hutan, penge­ta­huan kesehatan lapangan, Binmas Pioneer, menembak, serta An­a­lisa Daerah Operasi (ADO).

“Saya meminta kepada ang­gota, agar jaga diri dan selalu siap saat bertugas, jaga kesehatan fisik dan sikap selama bertugas. Selain itu, tunjukkan jiwa kesatria selama bertugas, jaga nama baik diri, keluarga dan kesatuan,” pinta jendral bintang satu. (h/nas)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 September 2017 - 02:02:05 WIB
    PAKAI BANTUAN ALAT BERAT

    100 Ton Sampah Pantai Ditimbun

    100 Ton Sampah Pantai Ditimbun PADANG, HALUAN--Hujan yang menguyur pada Sabtu (9/9) masih menyisakan pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota Padang. Salah satunya, tumpukan sampah di Pantai Padang tepatnya di Muaro Lasak. Diperkirakan sampah yang menumpuk men.
  • Kamis, 08 Juni 2017 - 20:15:13 WIB

    Kota Padang Kekurangan 1000 Kamar Hotel

    Kota Padang Kekurangan 1000 Kamar Hotel PADANG, HARIANHALUAN.COM—Padang akan menjadi tua rumah dalam acara kongres dokter spesialis mata se Indonesia pada Bulan September 2018. Terkait hal tersebut dibutuhkan kamar hotel bintang bintang 4 sebanyak 3000 kamar..
  • Jumat, 30 Desember 2016 - 01:22:39 WIB
    GUBERNUR SARANKAN RASIONALISASI

    Anggaran Padang Defisit Rp100 Miliar

    Padang, Haluan—Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang tahun 2017 mengalami pengurangan hingga Rp100 miliar lebih. .
  • Sabtu, 24 Desember 2016 - 00:58:56 WIB

    Inpres II dan IV Akhir Tahun Ini Selesai 100%

    PADANG, HALUAN — Pengerjaan Inpres IV dan Inpres II hingga saat ini berjalan sesuai waktu yang telah ditargetkan. Pada 31 Desember 2016, pengerjaan 100 persen selesai dan bisa difungsikan awal tahun 2017 dengan sempurna..
  • Jumat, 30 September 2016 - 04:09:18 WIB

    Izin 100 Perusahaan Terancam Dicabut

    PADANG, HALUAN — Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Ter­padu (BKPM-PPT) Sumbar pada 2017 mendatang, akan men­cabut izin sedikitnya 100 pe­rusahaan yang dilaporkan tidak aktif dan tidak beroperasi la.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM