Soal Putusan PTUN

Walikota Harus Taat Hukum


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:49:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Selain itu, Amiruddin juga berpendapat walikota juga hendaknya mem­perl­i­hatkan diri ke publik se­bagai sosok dan pemimpin yang taat hukum. “Sebagai aparatur yang taat hukum, pene­tapan pengadilan PTUN itu harus di­lak­sa­naka,”ujar Amiruddin ke­pada wartawan, kemarin.

PTUN Padang, katanya, sudah mengeluarkan pu­tusan dan sekaligus pe­n­e­tapan. Dalam hal putusan menyangkut materi perkara, pihak yang kalah terang Amiruddin, bisa me­nga­jukan banding ke pe­nga­dilan tinggi PTUN. Namun ter­hadap penetapan majelis hakim PTUN untuk me­lakukan penundaan SK pem­­berhentian Direktur Umum PDAM wajib dijalankan oleh Walikota Padang sebagai pihak yang kalah. Jika tidak, maka Walikota Padang su­dah menunjukan dirinya sebagai orang yang tak taat hukum.

“Penetapan itu biasanya dikeluarkan hakim untuk menghindari agar perkara tersebut tidak semakin me­luas dan berdampak. Dia terpisah dari materi per­kara. Dan penetapan ini wajib dijalankan oleh pihak yang kalah. Dalam hal ini tentu saja Walikota Pa­dang,” terang Amiruddin.

Jika pihak yang kalah tak juga menjalankan penetapan tersebut, maka menurutnya, pihak penggugat selaku pe­menang bisa meminta juru sita PTUN Padang untuk mengeksekusianya.

Sebelumnya, Kabag Hu­kum Pemko Padang Syu­han­dra kepada Haluan telah me­nyampaikan bahwa Mah­­yeldi mengajukan ban­ding ke PTTUN di Medan. Upa­ya itu sudah diajukan pada tanggal Senin tanggal 4 Ja­nuari lalu. Saat ini Pemko se­dang mem­persiapkan me­mori banding dan mem­pelajari hasil per­timbangan majelis dari ber­bagai sisi. “Pimpinan kita memang ingin banding, dan sudah kita daftarkan. Kita juga sudah mempersiapkan memori banding,”jelas Syu­handra. (h/mat)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Oktober 2018 - 12:42:22 WIB

    Dipimpin Walikota Mahyeldi, Tim Gabungan  Segel 7 Tempat Hiburan Malam di Bukit Lampu

    Dipimpin Walikota Mahyeldi, Tim Gabungan  Segel 7 Tempat Hiburan Malam di Bukit Lampu PADANG,HARIANHALUAN.COM-Dipimpin langsung oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, tim gabungan  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang bersama TNI-Polri beserta masyarakat, menyegel tujuh tempat hiburan malam.
  • Ahad, 21 Januari 2018 - 18:45:28 WIB
    Tempat Kerja Diruntuhkan

    Mengadu ke Walikota, Ribuan Karyawan Basko Hotel dan Mall Bingung Soal Kerja

    Mengadu ke Walikota, Ribuan Karyawan Basko Hotel dan Mall Bingung Soal Kerja PADANG,HALUAN—Ribuan karyawan Basko hotel dan Mal mengadu ke Walikota Padang, pasca eksekusi pada Kamis (18/1) atas bangunan Basko. Ribuan Karyawan tersebut gusar, akan kemana mereka bekerja, jika diberhentikan Basko akibat.
  • Rabu, 29 November 2017 - 00:32:00 WIB

    Walikota Padang: Pertahankan Adipura

    Walikota Padang: Pertahankan Adipura PADANG, HALUAN-- Kota Padang meraih Adipura pada tahun ini. Penghargaan tersebut diperoleh berkat kesungguhan warga dan pemerintah kota dalam menjaga pola hidup bersih..
  • Jumat, 22 September 2017 - 18:00:12 WIB

    Walikota Padang Wajibkan Pelajar Nonton G30S/PKI

    Walikota Padang Wajibkan Pelajar Nonton G30S/PKI PADANG, HARIANHALUAN.COM—Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mendukung pemutaran film G 30 S/PKI. Malahan, Orang nomor satu di Padang ini mewajibkan seluruh siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama untuk ikut meno.
  • Sabtu, 09 September 2017 - 01:51:48 WIB

    Walikota : Musyawarah Pangkal Persatuan

    Walikota : Musyawarah Pangkal Persatuan PADANG, HALUAN--Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo menyebut bahwa Indonesia merupakan negara yang penuh keberagaman. Namun begitu, seluruh masyarakat hidup damai. Apalagi seluruh masyarakat memiliki kearifan lo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM