Cerita Getir Karyawan PT Dinamika

Kalau ka Dibubarkan, Beko Kami Karajo Apo?


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:48:02 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kalau ka Dibubarkan, Beko Kami Karajo Apo? KAMBA (55) tengah asyik dengan pekerjaanya sebagai seorang mekanik di bengkel PT. Dinamika Jaya Sumbar. Ia mengaku resah dengen rencana pembubaran BUMD yang digaungkan DPRD Sumbar. (ISRA)

Seorang laki-laki ber­badan sedikit tambun masih saja asyik mengotak atik-atik sebuah kipas mesin mobil warna putih yang sudah sedikit kotor karena noda gomok dari tangannya. Se­buah gergaji besi kecil de­ngan panjang 30 cm sesekali dipakainya untuk me­mo­tong baling-baling kipas, mungkin karena tidak sama panjang sisi-sisinya.

Sesekali ia mencoba me­masangkan baling-baling kipas itu ke sarangnya untuk menandakan apakah sisi kipasnya tidak lagi tersendat ketika difungsikan.

Mode ko lah karajo ambo sahari-hari. Ndak ado karajo lain nan bisa ambo karajoan (seperti ini lah pe­kerjaan saya setiap harinya. Tidak ada pekerjaan lain yang bisa saya geluti selain ini),” ungkap  Kamba (55) seorang pekerja di PT. Di­namika Jaya Sumbar Jalan Kampung Se­be­lah Nomor 25 Ke­camatan Padang Ba­rat, Kota Padang saat Ha­luan berkunjung Senin (11/1) sore.

Ternyata suara sumbang dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk membubarkan PT. Dinamika sampai juga ke telinga Kamba. Ia mulai galau, kalau benar hal ini benar terjadi.

Kalau iyo ka dibu­bar­kan beko kami karajo apo. Ndak nampak karajo selain yang ado kini,” ujarnya dengan wajah sedih.

Kamba sendiri telah 25 tahun bekrja di PT. Di­na­mika Jaya Sumbar me­ne­rus­kan jejak ayahnya yang dulunya bekerja di sana. Saat ini bagi Kamba, istri dan empat anaknya PT. Di­na­mika-lah yang membuat dapur mereka terus berasap.

“Hanya saya yang be­kerja, sementara istri ha­nya jadi Ibu Rumah Tangga (IRT). Jadi, penghidupan keluarga satu-satunya dari sini,” ungkap Kamba.

Penghasilan dari sini ju­ga yang telah mengantarkan anak sulung Kamba sampai ke bangku kuliah. Anak kedua dan ketiga di SMA dan SD dan anak ketiganya yang masih dikasuh ibunya karena baru berusia 5 tahun.

“Gaji disini lumayan lah, bisa menguliahkan dan menyekolahkan anak saya,” paparnya.

Kamba berharap agar rencana untuk mem­bu­bar­kan PT. Dinamika tidak jadi dilakukan. Karena selain dia ma­sih ada 25-an orang lain­nya. “Jangan dibubarkan, nanti kami kerja apa,” pin­tanya.

Harapan yang sama juga disampaikan Manajer PT. Dinamika Nofriadi. Me­nu­rutnya, pembubaran bukan solusi bijak, karena akan membuat banyak pekerja yang menggantungkan hi­dup­nya dari PT. Dinamika bisa luntang lantung.

“Bagusnya alat-alatnya saja yang ditambah, buka lapangan pekerjaan lainnya dari yang ada saat ini,” ujarnya kepada Haluan Se­nin (11/1) sore.

Ditambahkan Nofriadi, secara pemeriksaan BPK, PT. Dinamika tidak ada masalah. Hanya saja semenjak 2012 tidak ada lagi subsidi yang dikucurkan untuk PT. Dina­mika yang bergerak dalam bidang perbengkelan, body repair, engine tersebut.

“Keterbatasan alat me­mang menjadi kendala kita, karena dengan peralatan yang ada saat ini tidak cocok lagi dengan kondisi mobil keluaran terbaru,” pa­parnya.

Sementara itu terkait dengan rencana pem­bu­baran tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)  dika­takan Sekretaris Pr­ov­insi Ali Asmar akan men­cari jalan terbaik agar nan­tinya semua pihak tidak dirugikan.

“Kita masih akan mem­bicarakannya karena kalau di­bubarkan tentu kita me­mi­kirkan bagaimana nasib ka­ryawannya. Jadi, apakah nanti akan digabung atau di­li­kui­dasi masih akan d­i­bahas,” te­rangnya kemarin. (*)

 

Laporan :
ISRA CHANIAGO



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 05 Juli 2016 - 10:27:07 WIB

    'Capeklah Pak, Kami Puaso, Kalau Indak Kami Pulanglai'

    'Capeklah Pak, Kami Puaso, Kalau Indak Kami Pulanglai' PADANG, HALUAN--Ratusan warga Flamboyan Baru, Padang Barat, Kota Padang, sudah memadati perkarangan Mushala Mushala Muttaqin untuk mendapatkan paket pembagian sembako dan bertemu langsung dengan Presiden Jokowi,Selasa (5/7)..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM