Urai Macet di ‘Pintu Masuk’ Padang

Dishub Usulkan Pembangunan Fly Over


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:39:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Guna mengurai kema­cetan itu, Pemko Padang melalui Dinas Perhubungan dan Kominfo sudah me­ngajukan rencana pemba­ngunan fly over di kawasan Teluk Bayur, pintu masuk selatan. Sedangkan di utara tepatnya di kawasan Pasar Lubuk Buaya, juga bakal dibangun fly over oleh BBPJN II tahun ini.

Kepala Dinas Perhu­bungan dan Kominfo Pa­dang, Rudy Rinaldy saat dikonfirmasi Haluan, Ming­gu (10/1), di Padang, mem­benarkannya. Menurutnya, fly over rencananya akan dibangun di Bukit Putus, persis di atas perlintasan kereta api. Fly over ini juga dilengkapi dengan stasiun kereta api (KA) di bagian bawaha dan terminal ter­padu di atasnya.

“Pemko akan menga­jukan usulan ini ke provinsi untuk minta dukungan ang­garan pembangunannya, termasuk dukungan pusat karena tidak akan tertalangi jika mengandalkan APBD Kota Padang.  Pra Detail Engineering Desain (DED) sudah selesai dikerjakan. Ini solusi penanganan kema­cetan jangka menengah dan panjang,” katanya.

Seiring perkembangan kota, mobilitas di kawasan ini sangat tinggi, seperti frekwensi arus barang dari dan ke Teluk Bayur. Jika lalu lintasnya terkendala kemacetan, bisa dipastikan akan mengganggu distribusi barang untuk daerah lain­nya. Ujung-ujungnya me­nimbulkan keresahan warga karena harga barang bakal melambung. Jadi pemba­ngunan fly over harus diren­canakan dari sekarang.

“Selain itu, rencana fly over juga untuk keselamatan di jalur kereta api. Karena dengan adanya fly over, maka perlintasan KA tidak sebidang lagi. Perlintasan KA sebidang ini sudah dila­rang pemerintah,” terang alumni Magister Trans­por­tasi UGM ini.

Sedangkan kawasan Ban­dar Buat, kemacetan juga akan diurai dengan fly over. Tetapi mengingat ang­garan pembangunan yang cukup besar, maka solusi lain adalah dengan memin­dahkan orientasi  pasar dari depan (arah jalan) jadi mem­belakangi jalan. Untuk hal ini, harus dilakukan pembebasan lahan terlebih dahulu.

Menurut Rudy, untuk menuju smart trans­por­ta­tion yang memenuhi hara­pan masyarakat Kota Pa­dang, memang tidak mudah. Masih banyak yang harus dibenahi, termasuk kesa­maan visi seluruh stake holder terkait. Meski demi­kian, secara bertahap terus diupayakannya.

Namun Bappeda Kota Padang agaknya belum mem­prioritaskan alokasi anggarannya untuk fly over ini. Menurut  Kepala Bappeda Hervan Bahar, pi­haknya mendukung rencana tersebut untuk jangka pan­jang. Tetapi saat ini, mung­kin pembangunan Terminal Tipe A dan pembangunan terminal di Iwapi lebih men­dapat perhatian.

“Ada 3 rencana fly over dan terminal terpadu yang diajukan Dishubkominfo, masing-masing di Pasar Bandar Buat, Bukit Putus dan Lubuk Buaya. Tetapi kita fokus dulu untuk me­nyelesaikan pembangunan Terminal Tipe A di Anak Aia,” katanya. (h/vie)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 22 Maret 2018 - 01:52:20 WIB

    Dishub Imbau Disiplin Berkendara

    PADANG, HALUAN — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang mengimbau masyarakat meningkatkan pemahaman dan kepedulian terhadap rambu-rambu lalu lintas melalui peningkatan kedisiplinan berkendara..
  • Selasa, 06 Maret 2018 - 10:58:08 WIB

    Parkir Meter Dilanjutkan, Dishub Padang Akan Ganti Pengelola

    Parkir Meter Dilanjutkan, Dishub Padang Akan Ganti Pengelola PADANG, HARIANHALUAN.COM - Tahun ini, Dinas Perhubungan akan lakukan tindakan pasti terhadap parkir meter yang terbengkalai..
  • Jumat, 16 Februari 2018 - 19:26:25 WIB

    Dishub Padang: Pungut Parkir Lebih, Itu Pungli

    Dishub Padang: Pungut Parkir Lebih, Itu Pungli PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dedi Henidal menegaskan, pungutan tarif parkir yang tidak sesuai dengan aturannya adalah pungutan liar (pungli). Sesuai aturannya, tarif parkir untuk sepeda moto.
  • Rabu, 20 Desember 2017 - 11:07:26 WIB

    Penambahan Trans Padang, Dishub Perlu Kordinasi dengan Organda

    Penambahan Trans Padang, Dishub Perlu Kordinasi dengan Organda PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perhubungan Dedi Henidal menyebutkan, penambahan bus Damri sebagai bus Trans Padang harus dibicarakan kembali. Pasalnya, penambahan tersebut menuai kontroversi bagi sebagian besar angku.
  • Rabu, 20 Desember 2017 - 01:40:38 WIB
    PENAMBAHAN TRANS PADANG

    Dishub Perlu Kordinasi dengan Organda

    Dishub Perlu Kordinasi dengan Organda PADANG, HALUAN - Kepala Dinas Perhubungan Dedi Henidal menyebutkan, penambahan bus Damri sebagai bus Trans Padang harus dibicarakan kembali. Pasalnya, penambahan tersebut menuai kontroversi bagi sebagian besar angkutan kota (.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM