Jadi Saksi Jero Wacik

Wapres Belum Putuskan Hadir


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:37:33 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Sebelumnya, Jero me­ngungkapkan Kalla bersedia hadir dalam persidangan dan bertindak sebagai saksi meringankan baginya. “Ya kita lihatlah masih satu dua hari lagi,” ujar Kalla di kantor Wakil Presiden, Ja­karta, Senin (11/1/2016). 

Kalla mengakui bahwa permintaan saksi yang meri­ngankan bagi Jero telah di­terimanya. Namun, dia ingin terlebih dulu melihat per­­kembangan kasus terse­but. Sebagai mantan atasan Jero, Kalla mengaku me­nge­­tahui berbagai hal positif mantan anak buahnya itu. 

“Ya kita lihat per­kem­ba­­ngannya. Pertama, saya se­ba­gai bekas mantan Wa­pres sa­­at dia menteri ya tentu kan ada hal-hal yang positif. Jadi ki­­ta lihat saja deh nanti per­kem­bangannya,” kata Kalla. Se­mentara Jero Wa­cik me­nga­takan, Wakil Pre­siden Ju­suf Kalla telah me­nya­ta­kan kesediaannya un­tuk ha­dir dalam persi­da­ngan. Man­­tan Menteri ES­DM itu me­minta Kalla un­tuk jadi sak­si meri­ngan­kan. “Setelah kon­firmasi lang­sung, beliau (Kal­la) berkenan dan me­ngo­n­fir­masi bersedia hadir. Sa­ya te­rima kasih beliau ber­kenan jadi saksi ba­gi­ sa­ya,” ujar Jero di Pengadilan Tin­dak Pida­na Korupsi siang ini.

Jero mengatakan, ia me­min­ta Kalla menjadi saksi meringankan karena dirinya adalah menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu jilid I. Saat itu, Kalla menjabat sebagai Wapres men­dam­pi­ngi Presiden keenam RI Su­silo Bambang Yudho­yo­no.

Oleh jaksa, Jero di­dak­wa menyelewenangkan dana operasional menteri (DOM) sebesar Rp 8,4 mi­liar. Dari persidangan, Jero di­ketahui me­nyelewe­nang­kan DOM untuk gaya hi­dup­nya yang mewah mulai dari keperluan pencitraan, belanja, pesta ulang tahun, tiket konser, hingga acara pemakaman keluarganya. (h/kcm)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 08 Desember 2016 - 01:08:40 WIB

    Wapres Kecam Pembubaran Kebaktian di Bandung

    JAKARTA, HALUAN—Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, mengecam aksi pembubaran yang dilakukan ormas keagamaan terhadap jemaat Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di Gedung Sasana Budaya Ganesha kemarin. Kalla menilai, jika acara te.
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 06:15:22 WIB

    Wapres Ceramahi Calon Pamong di IPDN

    Wapres Ceramahi Calon Pamong  di IPDN SUMEDANG, HALUAN — Wakil Presiden Jusuf Kalla memberi ceramah umum kepada para lulusan dan calon pamong praja muda Insititut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Senin..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM