Diduga Terkait ISIS

210 WNI Dipulangkan ke Indonesia


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:37:02 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Direktur PWNI dan BHI Kemenlu Lalu Mu­ham­­mad Iqbal me­ngung­kap­kan, sebanyak 193 WNI di antaranya terdiri dari ke­lompok-kelompok kecil ser­ta keluarga. Mereka di­de­portasi dari Turki karena diduga akan menyeberang ke Suriah dan bergabung dengan ISIS.

Sesampainya di Tanah Air, kata Iqbal, para WNI tersebut diserahkan kepada Ba­dan Nasional Penang­gu­langan Terorisme (BN­PT) dan Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri untuk men­jalani proses dera­dika­li­sa­si.

“Sebagian besar dari mereka mengakui bahwa mereka ingin menyeberang ke Suriah. Dari 193 WNI, ada beberapa bahkan yang sudah kembali dari Suriah. Tetapi, sebagian dari mere­ka menyesali tindakan ter­sebut,” tutur Iqbal di Jakar­ta, Senin (11/1/2016).

Dia mengungkapkan, secara keseluruhan, Ke­men­lu telah memulangkan 93.­000 WNI sepanjang tahun 2015. Jumlah itu melam­paui target sebelumnya, yakni 50.000 WNI. 

Selain melakukan repa­tria­si, sepanjang 2015 Ke­men­lu juga telah mengu­pa­ya­kan pemenuhan hak WNI baik berupa diyat, kom­pen­sasi, maupun gaji tidak diba­yar sejumlah total Rp 192 miliar di 19 perwakilan di seluruh dunia.

“Kalau diyat mungkin selama 2015 sudah sekitar Rp 20 miliar yang kami upayakan,” ujar Iqbal.

Perolehan pemenuhan hak WNI tersebut dinilai cukup layak jika diban­ding­kan biaya untuk membayar jasa sejumlah pengacara yang diperbantukan di 16 perwakilan Indonesia di luar negeri. “(Jumlah) ini compa­rable dengan dana yang kami alokasikan seki­tar Rp 30 miliar bagi 16 pengacara yang kami per­ban­tukan di perwakilan In­do­nesia,” kata dia. (h/kcm)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM