Asian Games 2018

Kemenpupera Urusi Pembangunan Wisma Atlet


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:31:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Demikian antara lain hasil rapat mengenai per­siapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan MotoGP 2017-2019 di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, (11/10), yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dan dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta diikuti sejumlah menteri terkait.

Kepada wartawan seusai rapat, Menpupera Basuki Hadimuljono mengatakan, wisma atlet yang akan di­bang­un di Kemayoran ber­jumlah 15 tower, yang se­telah event akan di­fungsikan sebagai rusunawa (rumah susun sederhana sewa) dan rusunami (rumah susun sederhana milik).

“Yang 10 (tower) di­kerjakan oleh Pupera, yang nantinya jadi rusunawa, ka­rena memakai APBN. Yang dibangun oleh Pe­rumnas akan jadi rusunami, karena bisa dijual. Se­mua­nya dengan tipe 36 dengan stan­dar kita, tapi juga me­me­nuhi standar OCA (Dewan Olim­piade Asia),” ujar Basuki.

Ia menyebutkan, ang­gar­an yang disediakan untuk pembangunan wisma atlet khusus di Kemayoran ada­lah Rp 3 triliun. “Hari ini sudah mulai lelang. Dalam rangka tender ini, kita siap dengan uang muka Rp1 triliun, lebih sedikit. Nanti sisanya dari APBN-P. Ren­cananya, 9 Maret sudah siap di groundbreaking dan akan selesai sesuai target, yaitu Juli 2017,” kata Basuki.

Mengenai wisma atlet di Jakabaring, Palembang, Su­ma­tera Selatan, hingga kini sudah dibangun tiga tower dan akan ditambah tiga lagi di tahun 2016. “Kami sudah siapkan 2 tower untuk di­tender. Kemudian juga de­ngan Perumnas akan di­koor­dinasikan dengan Gu­bernur (Alex Noerdin), karena ma­halnya lahan. Dari Pemprov Sumsel 5 tower dengan Pe­rumnas,” ujarnya.

Selain wisma atlet, Ke­menpupera juga telah di­instruksikan Presiden untuk mengomandoi urusan re­novasi venue-venue. “Khu­sus­nya GBK, itu semua akan dilakukan oleh Ke­menpupera. Jadi, sudah tidak ada masalah dengan Pemprov DKI, berkaitan dengan hibah, karena pe­me­rintah pusat atau Pupera yang akan melaksanakan pembangunan wisma atlet dan venue-venue,” papar Menteri Koordinator (Men­ko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, seperti dilansir detiksport.com.

Dijelaskan Basuki, ada 13 lokasi di kawasan GBK yang akan direnovasi. Pi­hak­nya juga akan bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia untuk mem­per­barui GBK, karena ter­masuk heritage building.

Ahok Kecewa Jakpro

Terpisah, Gubernur Ja­karta, Basuki Tjahaja Pur­nama (Ahok) belum dapat memastikan sampai di mana progres revitalisasi GOR Velodrome untuk persiapan Asian Games 2018. Pasal­nya, saat ini ada beberapa direksi PT Jakarta Pro­pertindo (Jakpro) yang me­milih mundur.

“Kita tidak tahu. Mereka nyerah saja begitu kita tanya. Makanya, itu (jadi) alasan mereka mau mundur,” ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (11/1).

Ahok menengarai alasan mundurnya sejumlah di­rek­si Jakpro lantaran dic­oret­nya dana Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) untuk enam BUMD dalam eva­luasi APBD 2016, termasuk untuk Jakpro. Sehingga, banyak proyek yang tidak bisa dikerjakan.

Ahok pun menyebut ren­cana BTO (Build Transfer Operation) untuk revi­ta­lisasi GOR Velodrome pun sulit. Sebab untuk pro­ses pelelangan tidak bisa, ka­rena waktunya yang ter­la­mpau mepet. Ahok tadinya berencana melelang re­vi­tali­sasi itu ke pemerintah pusat agar dapat segera dikerjakan.

Ahok pun tidak bisa menyembunyikan ke­ke­ce­waan­nya terhadap Jakpro. Menurutnya, apabila sejak awal tidak sanggup, maka seharusnya mereka mem­beritahukan. Dengan begitu, proyek-proyek di Ibu Kota yang sudah ditugaskan ke­pada Jakpro tidak tersendat.

Sejumlah proyek besar ditugaskan kepada Jakpro, seperti revitalisasi GOR Velodrome, pembangunan tempat sampah ber­tek­no­logi ITF di sejumlah titik dan masih banyak lagi. Ah­ok merasa kecewa karena proyek-proyek yang di­janji­kan­nya molor, karena ke­ti­dak­sanggupan Jakpro me­menuhi target. (h/nas)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM