Sidang Perdana di MK

Etis Ungkap Perusakan Kotak Suara oleh KPPS


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:28:12 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Dalam penyam­paian­nya, Asril menyampaikan pengrusakan kotak suara oleh petugas kelompok pe­mungu­tan suara (KPPS) terjadi di Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah D­a­tar. Hal tersebut dianggap sebagai bagian pidana pe­milihan kepala daerah yang merugikan bagi pasangan calon. Asril menilai, suara­nya berkurang akibat ke­curang­an KPU Tanah Datar yang berpihak pada paslon nomor urut 1. Selain KPU, Panwas Tanah Datar juga dinilai berpihak terhadap pihak terkait karena me­la­kukan pengabaian terhadap laporan pelanggaran yang masuk.

“Jadi mulai dari pen­ye­lenggara, KPU-nya, mau­pun Panwaslunya telah di­kuasai oleh nomor 1. Me­reka mempengaruhi KPU dan Panwaslu,” ujar Asril di hadapan Hakim Konstitusi Arief Hidayat.

Menanggapi persoalan tersebut, Hakim Konstitusi Mahanan Sitompul mem­pertanyakan ketiadaan pe­titum dalam perbaikan per­mohonan awal yang ma­suk ke MK pada 19 De­sem­ber 2015, pemohon men­can­tumkan petitum.

“Tapi setelah diperbaiki 27 Desember, itu tidak ada petitumnya,” ucapnya yang diamini pemohon. 

“Pada sidang tadi, ma­teri gugatan kami tidak di­bacakan seluruhnya oleh kuasa hukum mengingat singkatnya waktu, lagi pula rekapnya sudah ada pada hakim dan termohon mau­pun terkait yang bisa lang­sung dibacanya. Sidang akan dilanjutkan pada hari Ka­mis tanggal 14 Januari men­da­tang.” sebut pemohon Taufiq Idris kepada Haluan dari Jakarta via handphonenya.

Dikatakan, pada sidang berikutnya yaitu tanggal 14 Januari, hakim akan men­dengarkan jawaban dari termohon dan jawaban dari terkait yaitu pasangan Irdi­nansyah - Zuldafri Darma.

Taufiq juga menyebut­kan, pengajuan kebe­ratan­nya ke MK merupakan wu­jud dari perjuangannya un­tuk mendapatkan keadilan.  (h/fma)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 06 September 2016 - 22:46:52 WIB

    Kompetisi Wisata Halal, Hotel Kyriad Bumi Minang Masuk Nominator

    Kompetisi Wisata Halal, Hotel Kyriad Bumi Minang Masuk Nominator PADANG,HALUAN--Hotel Kyriad Bumi Minang menjadi salah satu nominator dalam kompetisi wisata halal 2016. Hotel dengan arsitektur rumah gadang ini, mewakili Sumatera Barat dalam kategori hotel halal, bersama 4 hotel lainnya..
  • Kamis, 28 Mei 2015 - 19:11:47 WIB

    Tidak Ditemukan Beras Sintetis di Bukittinggi

    BUKITTINGGI, HALUAN — Tim gabungan yang terdiri dari unsur kepolisian dan Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bukittinggi merazia toko dan tempat penjualan beras di kawasan Pasar Bawah Bukittinggi, Kamis (28/5).

    Namun d.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM