Warga Subarang Parit Demo

Peternakan Ayam Mulai Resahkan Warga


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:24:01 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Pasalnya, peternakan ayam ini sudah menga­ki­batkan berkembangbiakan lalat semakin menjadi. Un­tuk itu, masyarakat se­tem­pat mendesak instasi terkait supaya usaha peternakan ayam yang ada di pemu­kiman penduduk itu segera ditutup.

Hal itu terungkap ketika ratusan masyarakat Su­ba­rang Parit menghadiri per­temuan dengan Tim SKPD di SDN setempat, guna mem­bahas solusinya. Tapi masyarakat berpendirian supaya usaha ternak ayam yang sudah meresahkan mayarakat itu, perlu ditutup. Pertemuan itu dikawal be­lasan aparat kemananan Polresta Payakumbuh dan Polsek Akabiluri.

Kepala Jorong Subarang Parit, Z.Dt.Mantiko Alam, dihadapan tim SKPD, Ka­po­l­sek dan Koramil me­nyatakan, usaha ternak ayam itu sudah meresahkan penduduk, selain aroma tak sedap yang tercium dari kandang, juga lalat sangat menggangu, memasuki pe­mukiman penduduk sejauh 1 km dari kandang.

“Pada malam hari warga setempat susah tidur karena dikerubuti lalat, mereka terpaksa mematikan lampu didalam rumah, barulah warga bisa tidur. Selain susah tidur, dua orang warga setempat sudah terserang penyakit kolera akibat lalat, dan hal itu bisa dibuktikan secara medis,” ungkapnya dihadapan tim SKPD yang turun Senin (11/1) kemarin.

Selain itu, katanya, ma­kanan dan minuman warga yang terhidang diserbu lalat, sehingga warga untuk ma­kan saja susah bukan main, akibat selalu diserb lalat yang terlalu banyak ber­terbangan dari kandang ayam milik pengusaha H.­Zamzali yan juga hadir da­lam pertemuan tersebut. Tim SKPD terkait yang terdiri dari lingkungan hi­dup kesehatan, peternakan untuk mencarikan solusinya.

Camat Akabiluru, E­l­siwa dalam arahannya sem­pat minta maaf kepada ma­syarakat, karena ter­lam­bat mengantisipasinya. Ha­sil pantauan dan verifikasi tim, ada yang tidak mak­simal diupayakan peternak se­hingga menimbulkan gang­guan terhadap pen­duduk. Camat menyatakan ko­mit­mennya dalam me­ngawasi peternakan yang berpotensi mengotori ling­kungan ber­sama tim SKPD berjanji mencarikan solu­sinya.

Sementara itu, pen­du­duk Subarang Parit, Eki, Ujang dan Muhan menyebut, masyarakat sudah lama mengalami di­ke­rubungi lalat, pucaknya Jumat lampau. Seluruh usa­ha makanan keripik dari ubi kayu tak luput dari keru­bungan lalat, walau jarak dari kandang 1 km. “Usaha kecil itu ada yang terhenti selama dua hari, sudah tentu mengalami penurunan pe­masukan,” ujar mereka.

Dikatakan mereka, se­harusnya pemilik usaha pe­ternakan itu menyemprot lalat secara rutin, sehingga lalat jauh berkurang, seperti yang dilakukan pengusaha itu dua hari yang lalu, se­bagian lalat mati. “Kami meminta tim SKPD terkait menutup usaha peternakan itu sesegera mungkin,” sebut ketiganya.

Pengusaha Peternakan Ayam, H.Zamzali dalam kesempatan itu meminta maaf kepada masyarakat. Ia berjanji akan memper­hati­kan kebersihan kandang ayam miliknya dan menyem­prot lalat secara rutin setiap hari, supaya masyarakat dapat terhindar dari se­rangan lalat. (h/zkf)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 20 Februari 2018 - 01:49:31 WIB
    UPTD BP-KB SUNGAI BEREMAS

    Sumbang Hasil Peternakan untuk Mualaf

    Sumbang Hasil Peternakan untuk Mualaf PASBAR, HALUAN — UPT Balai Penyuluh Keluarga Berencana (BP-KB) Kecamatan Sungai Beremas telah menjalankan beberapa program untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera. Beberapa program berhasil dijalankan pada tahun lalu dan a.
  • Kamis, 17 November 2016 - 00:11:36 WIB

    105 Petani Dapat Bantuan Peternakan

    105 Petani Dapat Bantuan Peternakan PAINAN, HALUAN — Sebanyak 105 orang Kepala Keluarga ( KK) yang mayoritas hidup sebagai petani peternak mendapat bantuan bahan bangunan kandang sapi. Dengan bantuan ini diharpakan hewan peliharaan masyarakat dapat dipelih.
  • Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:40:51 WIB

    Bupati Apresiasi Peternakan Limapuluh Kota

    Bupati Apresiasi Peternakan Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kabupaten Limapuluh Kota sudah em­pat kali menyandang pre­dikat juara umum Livestock Expo, Daerah ini pantas mendapatkan acungan jem­pol. Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengapresiasi keboleha.
  • Rabu, 08 Juni 2016 - 16:07:02 WIB

    Bekas Tambang di Sawahlunto Berpotensi jadi Areal Peternakan Sapi

    Bekas Tambang di Sawahlunto Berpotensi jadi Areal Peternakan Sapi SAWAHLUNTO, HALUAN -- Tidak hanya menghasilkan ‘emas hitam’, lahan pertambangan batubara di Kota Sawahlunto, juga dimanfaatkan menjadi kawasan pertanian. Diantaranya bisa dioptimalkan sebagai taman buah dan peternakan sap.
  • Kamis, 24 Maret 2016 - 04:15:53 WIB
    Limapuluh Kota Miliki Potensi SDA Melimpah

    Pertanian dan Peternakan Jadi Andalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Wilayah Kabupaten Limapuluh Kota dikenal memiliki Sumber Daya Alam (SDA), peternakan dan pertanian mulai dari zaman Belanda. Potensi tersebut menjurus untuk mengembangkan ekonomi. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM