Hunian Hotel Sumbar 2015 Turun 10 Persen


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:20:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Hunian hotel pada 2015 di Sum­bar jika dirata-ratakan ialah sekitar 60 persen dan ini turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 70 per­sen,” kata Ketua PHRI Sumbar, Maulana Yusran di Padang, Senin (11/1).

Ia mengatakan penurunan ter­se­but dipicu adanya pelarangan rapat di hotel bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Januari hingga Mei 2015 serta adanya kabut asap yang melanda daerah itu pada September hingga Ok­tober 2015.

“Kabut asap yang melanda Sum­bar sempat mempengaruhi tingkat hunian hotel saat Bandara Inter­nasional Minangkabau ditutup selama tiga hari,” katanya.

Penurunan drastis hingga triwulan ketiga tersebut dapat sedikit ter­gantikan dngan kenaikan tingkat hunian hotel di akhir 2015 yang mencapai 80 persen.

Sementara untuk target hunian hotel 2016, ia mengatakan akan fokus mempertahankan persentase hunian 60 persen atau me­na­ik­kannya pada Januari hingga Maret.

“Hal ini dapat dilakukan bekerja sama dengan pemerintah kota da­lam menganalisa kebutuhan pasar dan memperhatikan segala sesuatu yang mempengaruhi tingkat hunian, ter­masuk destinasi wisata Sumbar dan meningkatkan pelaksanaan even-even nasional dan inter­nasio­nal,” katanya.

Ia menyampaikan memper­baiki akses ke destinasi wisata serta semakin gencar melakukan pro­mosi juga dapat meningkatkan hunian hotel, namun tetap harus diawali dengan mem­benahi lokasi pari­wisata itu sendiri terlebih dahulu.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, Yomin Tofri mengemukakan tingkat hunian hotel berbintang di provinsi itu mengalami penurunan pada No­vember 2015 sebesar 3,81 poin atau dari 60,91 persen pada Oktober 2015 menjadi 57,10 persen pada No­vember.

Ia mengatakan penurunan terse­but sejalan dengan jumlah pe­num­pang angkutan udara ke luar negeri di Bandara Internasional Minang­kabau pada November 2015 adalah sebanyak 7,11 ribu orang, atau turun 19,21 persen dibanding Oktober 2015.  (h/ans)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 05 Juli 2017 - 14:46:08 WIB

    Libur Lebaran, Tingkat Hunian Hotel Meningkat

    Libur Lebaran, Tingkat Hunian Hotel Meningkat PADANG, HALUAN - Selama libur lebaran, beberapa hotel di Kota Padang kebanjiran tamu menginap. Hal tersebut didukung oleh antusias wisatawan dari luar daerah yang ingin menikmati beragam wisata di Kota Padang..
  • Sabtu, 26 November 2016 - 01:13:06 WIB
    LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU

    Tingkat Hunian Hotel di Padang Diprediksi 90 Persen

    PADANG, HALUAN— Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatra Barat (Sumbar) memperkirakan, tingkat hunian hotel di Padang pada libur Natal dan tahun baru (libur akhir tahun) kali ini diprediksi mencapai 90 persen.
  • Selasa, 04 Oktober 2016 - 01:03:52 WIB

    Sebulan Beroperasi, Tingkat Hunian Fave Hotel 85%

    Sebulan Beroperasi, Tingkat Hunian Fave Hotel 85% PADANG, HALUAN — Baru sebulan lebih beroperasional di Padang, Fave Hotel ternyata mendapat tanggapan sangat positif dari para turis yang datang ke kota bingkuang ini. Hal itu terbukti dengan tingkat hunian kamar yang mencap.
  • Rabu, 13 April 2016 - 02:43:50 WIB

    Dampak Sail Komodo, Tingkat Hunian Hotel di Padang Meningkat

    PADANG, HALUAN — Sail Komodo membawa ke­be­runtungan bagi perhotelan di Kota Padang. Pasalnya, be­berapa hotel mengalami pe­ning­katan hunian kamar hing­ga beberapa hari ke de­pan..
  • Sabtu, 12 Maret 2016 - 03:39:18 WIB

    Gempa Dua Pekan Lalu Tak Berdampak pada Tingkat Hunian Hotel di Padang

    PADANG, HALUAN — Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat (Sumbar) belum melihat dampa gempa Mentawai dua pekan lalu terhadap tingkat hunian hotel di Kota Padang..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM