Kerugian Bencana Sawahlunto Capai Rp4 M


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:19:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kerugian Bencana Sawahlunto Capai Rp4 M SALAH seorang petani pandangi sawah yang tergerus air bah. (HUMAS)

Kerugian tersebut ter­diri dari kerugian har­ta benda maupun areal per­sawahan dan usaha ma­syarakat, yang dihimpun perhi­tu­ngan yang dila­ku­kan Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Per­ta­nian Kehutanan Ko­ta Sa­wah­lunto. Kepala Kesbangpol dan PBD Sawah­lunto, Azwen mengungkapkan, pihak­nya sesegera mungkin akan me­ngusulkan ban­tuan alokasi Dana Siap Pakai, yang ada di Badan Penanggulangan Bencana Pusat.

“Saat ini kami sedang mempersiapkan keleng­kapan dokumen yang di­bu­tuhkan untuk pengusulan bantuan, yang akan di­leng­kapi dengan rekomendasi dari Peme­rintahan Provinsi Sumbar,” ungkap Azwen.

Azwen mengaku, untuk sementara Posko Pe­nang­gulangan Bencana Kota Sawahlunto telah me­laku­kan perbaikan terhadap beragam fasilitas yang ru­sak akibat terjangan air bah, luapan sungai dan long­soran tanah. Secara umum, lanjut pa­mong senior tersebut, semua fasilitas umum, baik jem­batan, jalan dan sarana umum lainnya, sudah dapat kembali dimanfaatkan ma­sya­rakat. Sebelumnya, Ke­pa­la Dinas Pertanian dan Ke­hutanan Sawahlunto, Hil­met me­nga­takan pihak­nya mencatat tidak kurang da­ri 100 hektar sawah me­nga­lami kerusakan dengan berbagai kondisi.

Dari data yang kita him­pun, lanjut Hilmet, 57 hek­tar sawah rusak berat, 32 hektar rusak sedangkan, sedangkan 11 hektar lain­nya mengalami rusak ri­ngan. Selain dari itu, juga terdapat 5 ekor sapi mati, 11 kambing, 122 unggas, dan 13.160 ikan di kolam ma­syarakat yang hanyut ter­bawa air.

Tidak hanya itu, keru­gian lainnya berupa hanyut­nya hasil pertanian berupa karet, pinang, kedelai, ja­gung, dan jeruk nipis, yang ditambah dengan hanyutnya 4 unit hand traktor milik masyarakat dan kelompok tani.

Total kerugian yang ter­catat di Dinas Per­ta­nian dan Kehutanan Sawahlunto men­capai Rp627,95 juta. Angka itu hanya dalam hitu­ngan kerugian tanaman, pengolahan lahan, ha­sil pertanian dan ternak warga. “Untuk ke­rugian yang bersifat fisik, yang tentunya ja­uh lebih besar, kami me­lihat Dinas Pe­kerjaan Umum untuk melakukan peng­hi­tungan. Mulai dari sawah yang tergerus, irigasi yang putus, serta jalan sen­tral perta­nian yang rusak,” tambah Hilmet.

Sementara itu, Kepala Bidang Tana­man Pangan dan Holtikultura Dinas Per­­tanian, Heni Pur­wa­ning­sih mengung­kap­kan, benca­na yang merusak hing­ga 100 hektar sawah itu, dipastikan akan mem­be­rikan dampak pada pro­duksi padi Sa­wah­lunto tahun 2016. (h/dil)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 April 2017 - 13:28:00 WIB

    Kerugian Akibat Banjir di Solok Selatan Capai Rp100 Juta

    Kerugian Akibat Banjir di Solok Selatan Capai Rp100 Juta SOLOK SELATAN, HALUAN - Kerugian akibat bencana banjir yang melanda Jorong Sikayantalang, Nagari Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan, Solok Selatan (Solsel) pada Minggu (16/4) ditaksir mencapai Rp100 juta. Selain satu .
  • Jumat, 19 Februari 2016 - 03:06:50 WIB

    Kerugian Akibat Banjir Rp1,2 Miliar

    SOLOK, HALUAN — Kendati banjir kiriman yang melanda Kota Solok hanya berlangsung satu hari Senin (7/2) lalu, namun kerugian yang diderita masyarakat juga cukup besar mencapai Rp1,2 miliar..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM