Awal Tahun, ASN Tidak Boleh Berleha-leha


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:13:33 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Meski anggaran untuk pelaksanaan kegiatan belum dicairkan, namun masa awal tahun sejatinya menambah motivasi baru bagi para ASN bisa menyiapkan pro­gram yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Jangan kerja berbasis pada anggaran, karena ala­san anggaran belum cair, program belum berjalan. Namun tak mesti berleha-leha, karena banyak yang bisa dikerjakan,” tegas Pj Bupati Solok Devi Kurnia di Arosuka, Jum’at ( 8/1) ke­maren.

Pihaknya sampai me­ne­gas­kan demikian lantaran, momen masuknya tahun baru seringkali akan diawali dengan datangnya masa mem­bosankan, karena tak ada kesibukan untuk me­laksanakan program kegia­tan di masing-masing SKPD. Karena hingga tiga bulan kedepan dalam waktu Ja­nuari hingga Maret APBD belum bisa dicairkan, se­hing­ga banyak program kegiatan di SKPD yang belum ber­jalan.

Kondisi ini seringkali dimanfaatkan oleh para abdi negara untuk santai kan­tor­nya. Banyak yang datang ha­nya sekadar untuk mengisi absen. Sementara bagi me­reka yang jenuh, nekat un­tuk bolos kerja, “ Ke­tentuan dan aturan bagi ASN itu jelas. Tetap harus bertugas sesuai dengan tu­poksinya. Kalau melanggar ada sank­sinya juga,” tegas Devi Kurnia.

Bahkan menurut Asisten I Sekda Provinsi Sumbar ini, dengan situasi seperti ini, seharusnya waktu bagi para abdi negara untuk me­ma­tang­kan persiapan berbagai program kegiatan. Sehingga ketika ketika waktu pe­lak­sanaanya nanti tidak ketar-ketir.” Kalau datang hanya sekedar untuk mengisi ab­sen, kan sayang waktu ter­buang. Ada baiknya tetap bekerja demi negara, apa­pun itu, yang penting ber­manfaat,” jelasnya.

Menurutnya, para pe­gawai harus tetap men­jun­jung tinggi integritas sesuai dengan amanah yang di­emban sebagai aparatur ne­gara. Hal ini diwujudkan dengan tetap menjalankan tugas sesuai pro­fesio­na­lisme bidang masing-ma­sing. “Orang yang punya nilai, kalau tidak diawasi akan tetap bekerja pro­fesional. Mereka akan se­lalu pro­duktif karena be­kerja sesuai dengan ke­yakinan yang di­mi­likinya,” imbuhnya. (h/ndi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 30 Mei 2016 - 05:50:21 WIB
    Pemenang Tender Pembangunan Pasar Diumumkan

    Awal Bulan Peletakan Batu Pertama

    PADANG PANJANG, HALUAN — Setelah menga­lami pengulangan tender aki­bat tidak lengkapnya berkas persyaratan pelelangan yang diberikan rekanan, akhirnya PT Hutama Karya (Persero) Wilayah I ditetapkan sebagai pemenang tender.
  • Kamis, 03 Maret 2016 - 02:55:55 WIB
    Kepsek SDN 18 Campago, Nofiar Arif

    Berawal dari Hobi Hingga Mendatangkan Penghasilan

    Berawal dari Hobi Hingga Mendatangkan Penghasilan Banyak orang mengatakan hobi itu, menghabiskan uang dan membuang buang waktu. Ternyata hobi juga dapat dijadikan ladang bisnis untuk menghasilkan uang. .
  • Senin, 11 Januari 2016 - 02:48:36 WIB

    Ansor Kawal Kunjungan Ketum PBNU

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Sementara itu, Gerakan Pe­muda Ansor Kabupaten Padang Pa­riaman siapkan puluhan pe­ngurus dan kadernya mengawal kedatangan Ketua Umum Pe­ngurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof. Dr. KH Said Aq.
  • Jumat, 18 Desember 2015 - 02:48:44 WIB

    Kemenag Pasaman Kawal PPIU Ilegal

    PASAMAN, HALUAN — Kantor Kemen­terian Aga­ma Kabupaten Pasaman bakal kawal ketat peru­sahaan yang mem­be­rang­katkan perjalanan umrah yang beroperasi didaerah setempat..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM