Pemkab Bintan Utang Rp 4,4 Miliar

RSUP Kepri Tolak Pasien Pakai Jamkesda Bintan


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:07:12 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Tunggakan utang terse­but merupakan beban Pem­kab Bintan yang selama ini selalu membantu masya­rakat Bintan berobat dengan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) seperti Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan Kartu Bintan Sejahtera (KBS) di RSUP Kepri.

Sehingga, terhitung 1 Januari 2016 Pemkab Bin­tan terpaksa memutus hubu­ngan kerja dengan pihak RSUP Kepri, dan sejak awal tahun ini pula pihak RSUP Kepri akan menolak pasien dari wilayah Bintan yang hendak berobat ke RSUP Kepri di Kota Tanjung­pi­nang yang menggunakan Jamkesda Bintan seperti SKTM dan KBS.

Dengan begitu, masya­ra­kat Bintan diminta untuk me­mahami keadaan ke­uangan Bintan yang saat ini mengalami defisit, ditam­bah lagi dengan pihak Pe­me­rintah Provinsi Kepri yang enggan membantu me­la­lui pendanaan sharing (Dana Bagi Hasil) seperti pada tahun-tahun sebe­lum­nya untuk memberikan sub­sidi kepada masyarakat Bintan yang hendak berobat ke RSUP maupun rumah sa­kit lainnya yang ada di Kota Tanjungpinang.

Informasi ini di­sam­paikan Anggota DPRD Bin­tan dari Komisi III, Fiven Sumantri, menurutnya, pa­da saat pembahasan APBD Bintan tahun 2016, Pemkab Bintan telah mengusulkan dana untuk Jamkesda Bin­tan sebesar Rp5 miliar. Akan tetapi, saat pem­ba­ha­san hingga pengesahan, ang­ga­ran yang diusulkan hanya di­tetapkan sebesar Rp3 miliar.

Sehingga, uang sebesar itu tidak mampu membayar tunggakan utang kepada pihak RSUP Kepri, dan untuk mensiasati itu semua pihaknya sengaja tidak men­­subsidi lagi Jamkesda se­perti SKTM dan KBS untuk masyarakat Bintan yang hendak berobat ke RSUP Kepri.

“Utang kita ada Rp4,4 miliar, dan saat pemba­hasan AP­BD 2016, hanya di­ang­garkan sebesar Rp3 miliar saja, jadi kita punyab utang lagi sekitar Rp1,4 miliar. Makanya kita anjurkan ma­sya­rakat yang mau berobat ke Kota Tanjungpinang se­baik­nya memakai BPJS sa­ja,” beber Fiven di Bintan, Minggu (10/1).

Memang, perempuan yang paling getol dibidang kesehatan itu mengakui kalau masyarakat Bintan masih banyak yang enggan mengurus kartu BPJS dika­re­nakan sistem kepe­ngu­ru­sannya yang rumit. Berbeda hal­nya dengan meng­gu­na­kan SKTM dan KBS yang dinilai lebih fleksibel dan mudah. Untuk itu, kepada masyarakat Bintan yang ingin mendapatkan kartu BPJS, diharapkan segera berkoordinasi dengan Dinas Sosial Bintan, dengan mem­bayar iuran untuk tiga bulan pertama agar bisa langsung digunakan untuk masya­ra­kat berobat.

Meski SKTM dan KBS tidak berlaku lagi untuk masyarakat berobat di ru­mah sakit yang ada di Kota Tan­jungpinang, politisi Par­tai Golkar itu mengatakan, SKTM dan KBS bisa tetap digunakan masyarakat un­tuk berobat disetiap Puskes­mas-Puskesmas dan RSUD Bintan yang ada diwilayah Kijang. Ia menambahkan, saat ini pelayanan dan tena­ga medis yang ada di pela­yanan kesehatan di Bintan sudah cukup memadai, se­hing­ga masyarakat diminta untuk berobat diwilayah Bintan dengan tetap meng­gunakan Jamkesda Bintan.

“Saat ini pelayanannya sudah cukup baik kok, di RSUD Bintan saja sudah dokter-dokter spesialis, dan perlengkapannya juga su­dah cukup memadai. Jadi ma­sya­rakat Bintan bisa tetap berobat menggunakan Jam­kesda Bintan,” tutur Fiven.

Sementara itu, hilang­nya pelayanan Jamkesda Bintan di RSUP Kepri yang diumumkan melalui sele­baran yang ditempel di RS­UP Kepri membuat warga Bintan, Hasman (46) me­nga­ku kaget. Pasalnya, sela­ma ini dirinya belum me­nge­tahui kalau Jamkesda Bintan sudah tidak berlaku lagi di RSUP Kepri. “Saya kaget mas, pas mau berobat sudah tidak bisa lagi pakai KBS. Akhirnya saya tidak jadi mendaftar, kalau KBS sudah tidak berlaku lagi,” ungkap warga Bintan Ti­mur. (hk)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 Juni 2016 - 02:37:35 WIB

    RSUP Kepri Dilengkapi Alat Pendeteksi Tumor Ganas

    TANJUNG PINANG, HALUAN — Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Kep­ri ­berlokasi di km 8 atas Tanjungpinang terus ber­benah untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM