Sukses di Karir dan Keluarga


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:03:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Sukses di Karir dan Keluarga

Namun tidak mudah men­jadi seorang perempuan karir karena me­reka harus ber­sa­ing juga harus mengurus ru­mah tang­ga­nya. Ba­gai­ma­na tips agar ke­duanya ja­lan?.

Menurut Bill Ochkel, Pim­­pinan Lembaga Penasehat Perkawinan Amerika dalam bukunya “The Strong Women” me­nyebutkan seorang istri yang bekerja, harus dapat menjadi solusi atas per­masalahan keluarga, teru­tama di bidang ekonomi, dan bukan sebaliknya, ma­lah  menambah perma­sala­han keluarga.  

Dia juga harus pandai membagi waktu antara be­kerja dan mengurus rumah tangga. Kepandaian me­ngelola waktu adalah se­suatu yang tidak bisa dita­war. Meski demikian, tidak semua perempuan pandai melakukannya. Sehingga, bagi yang berperan ganda, dituntut harus pandai me­nentukan skala prioritas. Mampu membedakan ma­na penting dan mendesak dan mana bukan. Sementara psikolog Adriana S Ginandjar, ber­pandangan sulit bagi seo­rang perempuan untuk men­jalankan peran multi fung­sinya baik sebagai ibu ru­mah tangga, istri, anggota masyarakat, juga wanita karier dalam waktu be­rsamaan dengan sukses. “Maksimal semuanya bisa dilakukan secara seimbang, tidak mungkin sukses semuanya” kata psikolog yang akrab disapa Ina ini. 

Ina juga menjelaskan, jika kriteria sukses seorang ibu rumah tangga adalah mereka yang meluangkan lebih banyak waktu meng­urus anak-anak dan kelu­arga, mengantar jemput anak, berkomunikasi de­ngan guru tentang perkem­bangan anaknya, menemani anak mengerjakan PR, dan hal lain yang berkaitan de­ngan keluarga. 

Hal tersebut akan sulit dilakukan oleh seorang perempuan karier. Sebab, perempuan karier, terutama yang bekerja di perusahaan swasta atau instansi pe­merintah, tidak memiliki waktu banyak melakukan hal itu.

“Bagi wanita karier, hal yang sanggup dilakukan paling hanya menemani anak mengerjakan PR, men­jadi manajer dari pem­bantu­nya, dan menyempatkan mengobrol dengan guru,’’ kata alumnus Fakultas Psi­kologi Universitas Indo­nesia (UI) ini.  (h/rol)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 30 Desember 2015 - 01:57:12 WIB

    Ambisi, Perlu untuk Meraih Sukses

    Ambisi, Perlu untuk Meraih Sukses “Ambisius amat, sih, dia! ‘Tuduhan’ itu sering membuat orang alergi untuk memiliki ambisi. Padahal, jika Anda ingin sukses berkarier, ambisi adalah salah satu syarat penting!.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM