Usai Rekomendasi Likuidasi

Nasib 2 BUMD Segera Dikaji


Senin, 11 Januari 2016 - 03:39:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Karena belum adanya la­poran yang masuk ke DP­RD, saat ini memang belum bisa dipastikan berapa jum­lah aset dan karyawan yang mesti diberikan haknya. Tapi kajian tentang ini akan segera dilakukan,” ujar Ang­gota DPRD Sumbar dari Fraksi PAN, Iswandi Latief, Jumat (8/1).

Dikatakan Iswandi, ke depan akan diprioritaskan bagaimana karyawan dari dua BUMD tadi bisa ter­per­hatikan dan mendapatkan hak dengan seadil-adilnya. Berkaitan dengan pesangon yang akan diberi, juga akan dibahas apakah akan di­ambil dari hasil peng­hitu­ngan aset atau mem­bu­tuh­kan dana luar yang berasal dari APBD.

Kemudian, bicara ten­tang  hasil penghitungan aset, sejumlah langkah kemung­kinan akan diambil. Jika berupa barang yang bisa dimanfaatkan, itu akan di­man­faatkan. Namun jika jumlahnya cukup banyak, bukan tak mungkin akan dilakukan lelang terbuka.

Menyangkut karyawan, bagi yang memiliki kualitas yang baik, bukan tak mung­kin mereka  akan dipin­dah­kan ke BUMD lain yang masih produktif. Namun jika dari hasil evaluasi dike­tahui kinerja yang dimiliki kurang bagus, keputusan untuk merumahkan bukan tak mungkin akan diambil.

Selain dua BUMD  yang tadi direkomendasikan un­tuk diliquidasi, menurut dia, dua BUMD lain, yak­ni­nya Balairung dan Grafika akan didorong untuk segera diserahkan pada pihak keti­ga. Ini sesuai juga dengan hasil rekomendasi Pansus pada paripurna DPRD yang dilaksanakan beberapa wak­tu lalu.

Disampaikan lagi, DP­RD berharap persoalan iven­­tarisir aset BUMD yang di­setujui diliquidasi bisa di­laksanakan oleh Pj gu­ber­nur yang ada se­ka­rang. Ji­ka per­soalan tak selesai hing­ga akhir masa jabatan Pj gu­bernur, gu­bernur terpilih akan di­dorong untuk  men­ja­dikan ini sebagai prioritas yang mesti diselesaikan di­tahun pertama masa tu­gas­nya.

Sementara itu, Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Golkar, Afrizal mengatakan  ada tim yang akan segera mengkaji tentang aset dan nasib karyawan BUMD yang dianggap bermasalah.

“Aset akan dikumpulkan dan dihitung, setelahnya itu akan menjadi tanggung ja­wab pemerintah daerah,” kata Afrizal.

Menurut dia juga, me­mang belum ada target ka­pan persoalan mesti tuntas, akan tetapi DPRD akan men­dorong pemprov me­lak­­sanakannya dengan sege­ra. Tak jauh berbeda, sebe­lumnya Ketua DPRD Sum­bar, Hendra Irwan Rahim juga menuturkan, dengan  adanya rekomendasi mela­kukan liquidasi atas dua BU­MD, Pemprov akan di­min­ta untuk segera meng­kaji jumlah aset. “Persoalan karyawan juga akan dikawal agar bisa diselesaikan se­cepatnya,”  ucap Hendra.

Sebelumnya, karena di­ni­lai tak pernah bisa mem­berikan kontribusi atas PAD, Pansus BUMD DP­RD Sumbar mere­komen­da­sikan PT ATS dan PT Di­na­mika Jaya Sumbar untuk diliquidasi.  Sedangkan, PT. Grafika Jaya Sumbar yang ber­gerak dibidang per­ceta­kan  direkomendasikan un­tuk diserahkan  pada  pihak ke tiga. 

Hal yang sama juga ber­la­ku untuk PT. Balairung Ci­tra Jaya Sumbar yang  meng­garap Hotel Balairung di Jalan Matraman Jakarta Pusat. Perusahaan tersebut direkomendasikan untuk diserahkan  ke pihak ketiga.  (h/mg-len)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Juli 2018 - 18:08:38 WIB

    Nasib Parkir Meter Dibahas Pekan Ini, PT MATA Segera Temui Pemko Padang

    Nasib Parkir Meter Dibahas Pekan Ini,  PT MATA Segera Temui Pemko Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dalam pekan ini PT. Mas Arya Tunggal Abadi (MATA) selaku investor dan pengelola parkir meter di Kota Padang akan menemui Pemko Padang untuk memberi kejelasan terkait kelanjutan investasinya. Saat in.
  • Jumat, 01 September 2017 - 02:16:14 WIB

    Gempa Tengah Malam, Bagaimana Nasib Ribuan Penghuni LP di Padang?

    Gempa Tengah Malam, Bagaimana Nasib Ribuan Penghuni LP di Padang? PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 1.428 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Muaro Padang diungsikan dari blok sel penjara akibat gempa bumi yang terjadi di Sumatera Barat, Jumat (1/9/2.
  • Senin, 24 Oktober 2016 - 01:51:28 WIB

    BPNB Sumbar: Nasib Komunitas Budaya Memprihatinkan

    BPNB Sumbar: Nasib Komunitas Budaya Memprihatinkan PADANG, HALUAN — Keberadaan budaya etnis dan budaya lokal yang dimiliki oleh kelompok-kelompok suku bangsa di Indonesia, menjadi bagian terpenting terhadap upaya penguatan jati diri, pembentukan karakter, serta ketahanan bu.
  • Sabtu, 22 Oktober 2016 - 01:10:29 WIB

    Nasib Dewan Penyabu Ditentukan Pusat

    Nasib Dewan Penyabu Ditentukan Pusat PADANG, HALUAN – Tuntasnya pemeriksaan di Badan Narkotika Nasional (BNN), belum serta merta membuat anggota DPRD Padangpariaman Januar Bakri (Fraksi Demokrat) aman. Sanksi dari partai menunggu mereka..
  • Kamis, 21 Juli 2016 - 14:39:33 WIB

    Jumat Besok, BK DPRD Padang Tentukan Nasib Erisman

    Jumat Besok, BK DPRD Padang Tentukan Nasib Erisman PADANG, HALUAN---Hari ini, Jumat (22/7), merupakan penentuan nasib jabatan Erisman sebagai Ketua DPRD Kota Padang. Sesuai hasil rampat Bamus terakhir 30 Juni 2016 , hari ini merupakan jadwal paripurna pemberhentian Erisman .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM