Pj Dua Bupati Belum Dilantik

Stok Pejabat Pemprov Terbatas


Senin, 11 Januari 2016 - 03:39:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Hal ini dikatakan Sekretaris Provinisi Sumbar Ali Asmar saat jumpa wartawan Jumat (8/1) di ruang kerjanya yang ikut dihadiri Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Mardi dan Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar Irwan.

“Dari 13 daerah yang habis masa jabatannya, 11 daerah di antaranya diisi oleh pejabat provinsi yang dinilai layak untuk menjadi Pj di daerah. Namun, untuk dua daerah ini muncul pertimbangan kalau masih dari provinsi yang akan mengisi posisi Pj maka akan berpengaruh kepada kinerja di provinsi,” ujar Ali Asmar.

Berdasarkan pertimbangan ini akhirnya Pemprov memanggil kedua Sekda dari daerah Agam dan Limapuluh Kota untuk mengikuti seleksi menjadi Pj. “Kedua Sekda itu telah kita panggil untuk mengikuti tes. Namanya juga sudah kita kirim ke Kemendagri bersama nama lainnya dari provinsi. Meski demikian kita tidak bisa memas­tikan apakah mereka akan terpilih menjadi Pj nantinya. Karena keputusan itu ada di Kemendagri,” pungkasnya.

Ali Asmar menilai, jika ada salah satu Sekda yang nantinya disahkan melalui Surat Keputusan (SK) Kemendagri untuk menjadi Pj maka ini akan menjadi sejarah bagi Sumbar dan merupakan satu-satunya di Indonesia.

“Ini tentunya akan menjadi model dikemudian hari. Jadi, tidak tertutup kemungkinan dimasa akan datang Sekda langsung jadi Pj tentu masih harus melalui mekanisme yang ada,” ujarnya.

Sementara itu untuk Pj Bupati Agam dan Limapuluh Kota belum bisa dipastikan tanggal pelantikannya, mengingat Kemendagri belum mengirim SK Pj untuk Agam dan Limapuluh Kota tersebut.

 “Kita masih menunggu dari Kemendagri Sk nya. Karena dari pengajuan tidak hanya kita tetapi juga ratusan kabupaten/kota se Indonesia. Tapi kita akan terus berkoordinasi dengan Kemendagri,” terangnya.

Sebelumnya Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar Rey­donny­zar Moenek memastikan akan tetap melantik Pj Bupati Agam dan Limapuluh Kota sampai dilantiknya calon Kepala Daerah terpilih di daerah tersebut.

Untuk usulan nama Pj Bupati Agam dan Limapuluh Kota ujar Donny telah dikirim Pemprov ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dari Desember lalu. “Tugas kita dari provinsi hanya mengusulkan. Untuk keputu­sannya menunggu dari Kemendagri,” terangnya.

Masa jabatan Kepala Daerah Agam yang dipimpin Indra catri dan Irwan Fikri berakhir pada 26 Oktober 2015 sedangkan Limapuluh Kota yang dipimpin Alis Marajo dan Asyirwan Yunus berakhir pada 9 November 2015 lalu. (h/mg-isr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 Maret 2017 - 09:01:16 WIB

    Kamis Ini, Aliran Air PDAM Terganggu. Persiapkan Stok Air Anda

    Kamis Ini, Aliran Air PDAM Terganggu. Persiapkan Stok Air Anda PADANG, HALUAN – Pelayanan air bersih PDAM Kota Padang untuk pelanggan pusat kota akan mengalami gangguan mulai pukul 21.00 wib malam ini, Kamis (9/3). Gangguan disebabkan adanya pekerjaan perbaikan di intake Kampung Koto..
  • Kamis, 09 Juni 2016 - 03:43:02 WIB
    Pascarusuh Di TBBM Teluk Kabung

    20 Persen SPBU Kehabisan Stok

    20 Persen SPBU Kehabisan Stok PADANG, HALUAN — Se­hari pascakerusuhan yang terjadi di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Te­luk Kabung, operasional TBBM sudah kembali nor­mal. Meski sempat terhenti selama lebih kurang 20 jam, namun sejak Rabu (8/6) p.
  • Rabu, 08 Juni 2016 - 15:33:44 WIB

    Stok Premium dan Pertamax di Sawahlunto Habis

    Stok Premium dan Pertamax di Sawahlunto Habis SAWAHLUNTO, HALUAN- Dampak dari tidak dioperasikannya terminal bahan bakar minyak (TBBM) Teluk Kabung akibat terjadinya kerusuhan di arela filling point TBBM teluk kabung, Selasa (7/6).Stok bahan bakar di dua SPBU di Sawahlun.
  • Selasa, 16 Juni 2015 - 18:45:26 WIB

    Stok Elpiji Cukup untuk 20 Hari

    PADANG, HALUAN — Branch Marketing  Region Sumatera Barat-Riau, Ardian Aditya didampingi Sales Executive Retail Rayon VIII Pertamina, Adri Angga Aditya menjamin ketersediaan pasokan gas LPG di Sumbar selama bulan Ramadha.

  • Ahad, 18 Januari 2015 - 19:27:21 WIB

    Pertamina Pastikan Stok BBM Aman

    PEMERINTAH BEDAKAN HARGA PREMIUM

    PADANG, HALUAN — Senior Super­visor Ex­ter­nal Relati.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM