Persidangan di MK

KPU: Pemohon Masih Sengketakan Proses Pemilu


Senin, 11 Januari 2016 - 03:28:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Walaupun terdapat beberapa pemohon yang memperkarakan selisih hasil penghitungan suara, namun secara umum dalil-dalil yang disampaikan oleh pemohon masih terkait seputar proses pelaksanaan tahapan pemilu. 

“Dalil-dalil pemohon yang disampaikan itu masih sedikit terkait hasil peng­hitungan suara atau selisih hasil penghitungan,” ujar Anggota KPU RI, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, ke­tika ditemui di sela-sela monitoring hari kedua pe­lak­sanaan sidang PHP di Mahkamah Konstitusi.

“Ada beberapa saja yang terkait (hasil penghitungan suara), dan hasil hitungan kita ada beberapa yang ma­suk (memenuhi kriteria yang disyaratkan Pasal 158 UU 8/2015), tapi pada um­u­m­­nya nampaknya (per­mohonan) tidak terkait de­ng­an hal itu,” lanjut Ferry.

Walaupun banyak pe­mo­hon yang menyengketakan hal-hal di luar hasil peng­hitungan suara, KPU tetap menyiapkan jawaban atas dalil-dalil yang dituduhkan. 

“Apapun tentukan kita akan siapkan jawaban-ja­wa­ban dari dalil-dalil yang sudah disampaikan oleh pemohon, sedetail mungkin, seterang-benderang mung­kin, sejelas mungkin,” Te­rang Ferry.

Sebagai pihak ter­mo­hon, KPU dijadwalkan me­n­­ye­rah­kan jawaban serta alat bukti pendukung dalam jangka waktu dua hari kerja setelah sidang pendahuluan digelar. Itu artinya KPU, akan menyerahkan jawaban dan alat bukti selasa, (12/1) untuk perkara yang di­si­dang­kan pada Kamis lalu, dan Rabu, (13/1) untuk perkara yang disidangkan Jumat (8/1).

Sebelumnya, ber­dasar­kan pencermatan KPU, dari 147 permohonan yang di­aju­kan ke MK, hanya Sem­bilan daerah yang me­me­nuhi syarat formil. Sisanya, terdapat 37 permohonan yang melampaui tenggang waktu 3x24 jam masa pe­ne­rimaan permohonan PHP dan 101 permohonan atau 68,70 persen tidak me­me­nuhi syarat formil. Sembilan daerah yang memenuhi sya­rat formil adalah Solok Selatan, Kuantan Singingi, Bangka Barat, Kotabaru, Muna, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula, Mem­bra­mo Raya, dan Teluk Bin­tuni. (h/rel/eni)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Juni 2016 - 06:37:01 WIB

    Prediksi KPU: Pilkada di 29 Daerah Akan Terhambat

    Prediksi KPU: Pilkada di 29 Daerah Akan Terhambat JAKARTA, HALUAN — Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) akan terhambat. Sebab, 29 dari 101 daerah belum mencairkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPH.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM