Kurangi Ketimpangan di Indonesia

Pembangunan Infrastruktur Harus Merata


Senin, 11 Januari 2016 - 03:26:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Jokowi mengatakan sebagian program pembangunan yang didorong pemerintah saat ini adalah program yang sudah dica­nangkan pemerintah sebelumnya namun mangkrak.

Ia menceritakan, bahwa pada acara groundbreaking pembangunan jalan tol trans Sumatera ada salah seorang warga yang menanyakan komitmen pemerintah dalam merampungkan proyek tersebut.

Pasalnya proyek yang sama, sudah sempat dilakukan groundbreaking oleh pemerintah sebelumnya.

"Rakyat bisik-bisik ke saya, pak jangan-jangan groundbreaking tidak ada kelan­jutannya. Karena tiga puluh tahun lalu sudah groundbreaking," ujar Jokowi dalam sambutannya di acara Rapat Kerja Nas­io­nal (Rakernas) I, Partai Demokrasi In­donesia Perjuangan (PDIP) di Jakarta International Expo (JIE) Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu(10/1/2016).

Jokowi juga memerintahkan ba­wahan­nya untuk mempercepat program pem­bangunan infrastruktur. Ia juga mengaku tidak mau datang ke acara ground bre­a­king.

Hal tersebut sempat ia utarakan ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera), Basuki Hadimuljono saat meminta dirinya menghadiri acara ground breaking Kereta Api (KA) trans Sulawesi.

"Saya tidak mau. Karena dua-tiga tahun lalu sudah ada ground breaking. Saya bilang ke menteri, saya akan datang kalau sudah ada minimal enam kilometer," jelasnya.

Ia mengklaim di era pemerintahannya yang digelar tidak hanya acara ground breaking.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, pemerintahannya sudah sukses menyelesaikan banyak proyek, yang gagal diselesaikan pemerintah-pemerintah sebelumnya.

Proyek mangkrak yang berhasil di­selesaikan antara lain jalan Solo-Ngawi-Kertosono yang sempat mangkrak delapan tahun proyeknya dan waduk Jatigede yang sudah puluhan tahun mangkrak.

Hal serupa juga dilakukan pemerintah pada program pembangunan di NTT, NTB bahkan hingga Papua. (h/trn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 08 November 2018 - 09:42:50 WIB
    KOMUNIKASI DALAM PEMBEBASAN LAHAN BERMASALAH

    Start Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru Beralih

    Start Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru Beralih Terkait rencana pergeseran pembangunan tol Padang-Pekanbaru dari seksi 1 Padang-Sicincin ke seksi 1 Pekanbaru-Bangkinang, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengaku belum mendengar kabar tersebut. Menurutnya, pembangunan seks.
  • Rabu, 28 Desember 2016 - 01:41:38 WIB

    Presiden Tinjau Pembangunan Bendungan di Sulut

    Presiden Tinjau Pembangunan Bendungan di Sulut SULAWESI UTARA, HALUAN — Agenda pertama Presiden RI, Jokowi, pada hari kedua di Su­lawesi Utara (Sulut) adalah me­ninjau salah satu proyek infra­struktur yang sedang dikerjakan pemerintah..
  • Rabu, 21 Desember 2016 - 00:15:54 WIB
    POLEMIK PP NO. 59 2016

    Dirjen Kemenlu: Ormas Asing Bergerak di Bidang Pembangunan

    JAKARTA, HALUAN —Pera­turan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2016 tentang organisasi kemasyarakatan (ormas) yang didirikan oleh warga negara asing menuai kontroversi. Banyak pihak menilai adanya PP tentang ormas asing yang d.
  • Selasa, 18 Oktober 2016 - 01:18:05 WIB

    Pembangunan Harus Merata

    Pembangunan Harus Merata JAYAPURA, HALUAN—Presiden, Jokowi meminta agar proyek pembangunan infrastruktur listrik di Papua dipercepat karena sampai saat ini rasio elektrifikasi di provinsi itu baru mencapai angka 47 persen. Artinya, masih ada 53 per.
  • Jumat, 13 Mei 2016 - 03:36:06 WIB

    Pemda Harus Fokus Pembangunan Infrastruktur

    JAKARTA, HALUAN — Menteri Dalam Negeri Tjah­jo Kumolo mengingatkan jajaran pemerintah daerah untuk fokus pada pembangunan infrastruktur di daerah masingma­sing..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM