Bom Hidrogen untuk Pertahanan Diri


Senin, 11 Januari 2016 - 03:24:23 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Uji bom yang diluncurkan Korea Utara tersebut merupakan langkah pertahanan diri untuk membela perdamaian di Se­menanjung Korea dan keamanan regional dari bahaya perang nuklir yang disebabkan oleh imperialis yang dimpimpin AS,” katanya kepada kantor berita KCNA.

Uji coba nuklir keempat Ko­rut pada Rabu (6/1) membuat marah AS dan Cina yang tidak diberi pemberitahuan sebe­lum­nya. Meski pemerintah AS dan senjata ahli meragukan klaim Korut yang menyatakan perang­kat tersebut adalah bom hidrogen.

Bom tersebut bisa mencakup kemampuan pembom nuklir B-2 dan B-52 juga kapal selam bertenaga nuklir. Para ahli per­caya, uji bom hidrogen Korut yang menyebabkan gempa tre­mor 5,1 terlalu kecil untuk men­jadi uji bom hidrogen yang tepat. 

Kim mengatakan, uji coba bom hidrogen sebagai per­ta­hanan diri adalah hak yang sah da­ri negara yang berdaulat. Bah­kan tindakan tersebut diakuinya tidak bisa dikritik pihak lain.

Komentara Kim sejalan de­ngan retorika resmi Korut yang menyalahkan AS karena me­nye­barkan senjata nuklir di se­menanjung Korea. Namun AS mengaku tidak memiliki senjata nuklir yang ditempatkan di Ko­rea Selatan. (h/rol)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 14 Mei 2018 - 16:49:22 WIB

    Bom di Indonesia, Menlu Jepang Prihatin dan Sampaikan Belasungkawa

    Bom di Indonesia, Menlu Jepang Prihatin dan Sampaikan Belasungkawa JAKARTA, HARIANHALUAN.COM--Aksi teror yang mengguncang beberapa lokasi di Kota Surabaya menjadi perhatian dunia. Ucapan belasungkawa pun dan datang dari berbagai negara, salah satunya Jepang..
  • Senin, 31 Oktober 2016 - 00:54:26 WIB

    Bom di Nigeria Tewaskan 9 Orang

    MAIDUGURI, HALUAN —Sembilan orang tewas dan 24 orang lagi cedera akibat dua ledakan bom yang mengguncang Kota Maiduguri, ibu kota Negara Bagian Borno di bagian timur-laut Nigeria, Sabtu (29/10)..
  • Kamis, 08 September 2016 - 02:03:45 WIB

    Bom Kembali Jatuh di Suriah

    SURIAH, HALUAN—Pemerintah Suriah dituduh menjatuhkan bom barel berisi klorin di Kota Aleppo. Bom tersebut dijatuhkan dari sebuah helikopter..
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 03:59:32 WIB

    Pelaku Bom Turki Belum Diketahui

    Pelaku Bom Turki Belum Diketahui ANKARA, HALUAN—Pemerintah Turki, Senin (22/8), mencabut per­nyataan yang menyebut pelaku bom bunuh diri di Gaziantep akhir pekan lalu adalah bocah berusia 12-14 tahun..
  • Jumat, 19 Agustus 2016 - 02:54:59 WIB

    Thailand Tahan 15 Tersangka Pengeboman

    Thailand Tahan 15 Tersangka Pengeboman BANGKOK,HALUAN — Pe­merintah Thailand, Kamis (18/8), menyatakan telah menahan 15 orang tersangka yang di­curigai terlibat dalam ser­ang­kaian serangan bom di lokasi-lokasi wisata negeri itu..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM