Inpres IV Difungsikan, Inpres II Menunggu


Senin, 11 Januari 2016 - 03:23:14 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Inpres IV Difungsikan, Inpres II Menunggu Pasar Inpres IV siap dioperasikan pada, Senin (11/1), yang akan diisi oleh pedagang ikan di lantai I. (WINDA)

Tempat yang tersedia untuk meja batu sebanyak 112 meja. Sedangkan pe­dagang yang nanti akan menempati berjumlah 163 pedagang ikan dan sudah diloting.

“Serah terima antara Dis­perindagtamben Kota Pa­dang dengan Dinas Pasar Ko­ta Padang sudah dila­ku­kan pada akhir tahun 2015. Sebenarnya Inpres IV terse­but sudah bisa difungsikan pa­­da minggu pertama Ja­nua­­­ri 2016 kemarin, hanya sa­­ja sedikit gangguan karena di depannya sedang dibuat drai­nase yang saat ini sudah se­lesai minggu ini. Semen­ta­ra itu, pengurus Inpres IV su­dah meloting anggotanya su­paya bisa berjalan lancar dan adil,” terang Kepala Di­nas Pasar Padang En­dri­zal pa­da Haluan, Minggu (10/1).

Dikatakannya, karena kelebihan jumlah pedagang dengan jumlah meja, pengu­rus sudah mengatur mana pedagang yang mejanya bisa dibagi dua.

“Kita sudah merapatkan ini supaya tidak terjadi seli­sih paham dan semuanya bisa masuk tanpa terke­cua­li,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Pedagang Ikan Pasar Raya Padang Awa­ludin yang akrab disapa Wal me­nyampaikan, semua pe­da­gang ikan yang berada di Pasar Raya Padang, yang terpisah-pisah saat ini, akan dikumpulkan dalam satu tempat di lantai I Inpres IV.

“Tidak akan ada yang tercecer dan semua disa­tukan dalam satu tempat. Realisasi dan teknisnya sudah disepakati secara loting supaya tidak terjadi kecemburuan dan per­ma­sa­lahan di kemudian hari,” kata Wal.

Untuk air bersih yang nantinya dibutuhkan oleh pedagang ikan, Wal menye­butkan sudah ada sumur bor dan dipastikan air bersih akan lancar mengalir.

“Sementara sebanyak 163 pedagang ikan ini sudah selesai loting. Namun masih ada loting selanjutnya bagi yang masih tercecer dan belum melapor,” sebutnya.

Selanjutnya, untuk pem­ba­ngunan Inpres IV yang ma­sih butuh kelanjutan, Ke­pala Dinas Pasar sudah me­ngatakan akan melan­jut­kan pada anggaran 2016 yang akan digabungkan de­ngan pembangunan Inpres III.

Inpres II Terbengkalai

Sementara itu, Pasar Inpres II yang rencananya pada awal Januari 2016 akan dioperasikan ternyata batal. Pasalnya, hingga saat ini pembangunannya masih terbengkalai. Rencananya, pasar Inpres II yang saat ini dinamai dengan Blok II akan beroperasi pada ming­gu ke tiga Februari 2016.

“Mudah-mudahan pada minggu ke tiga Februari sidah bisa dioperasikan. Saat ini masih pengerjaan menu­ju finishing,” ujar Kepala Dinas Pasar Padang Endri­zal, Minggu (10/1).

Pemantauan blok II yang dilakukan Endrizal ser­ta didampingi oleh se­kre­tarisnya Jasman akhir pekan lalu, langsung diikuti oleh serombongan peda­gang blok II. Semuanya me­lihat-lihat pengerjaan mulai dari lantai I hingga puncak yang akan dijadikan selter.

Rencananya, pada lantai I akan diisi oleh sekitar 379 pedagang, lantai II sekitar 400-an pedagang dan nan­ti­nya akan ditambah juga dengan sejumlah pedagang yang datang setelah gempa. 

“Untuk angka pastinya kita akan data ulang setelah pembangunan ini 100 per­sen selesai,” imbuhnya.

Ditegaskan Endrizal ke­pa­da para pedagang, bagi pedagang blok II yang sudah pindah secara keseluruhan nantinya, dilarang berjualan di tepi jalan lagi. Semuanya sudah harus masuk ke dalam dan tertata rapi sesuai ba­rang dagangannya.

“Bagi yang melanggar akan ada sanksi khusus. Bangunan megah ini bisa dinikmati oleh pedagang dan pengunjung pasar pun akan merasa nyaman ber­be­lanja,” imbaunya. 

Sementara itu, Nur (50) sa­lah seorang pedagang blok II saat pemantauan menga­ta­kan sangat senang dan an­tusias akan pindah ke tem­pat yang sudah layak. Mes­ki­pun belum tahu nanti di mana ia akan ditempatkan namun ia mendukung pe­nuh pemindahan ini. “Yang penting jatah di­ambil dulu. Bagaimana tek­nis­nya nanti mudah-mu­da­han dengan pindah ke sini bi­sa lebih lancar berjualan,” se­butnya yang diamini oleh pe­dagang lainnya. (h/mg-win)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 20 Desember 2017 - 01:42:37 WIB

    500 pedagang Dipindahkan ke Gedung Inpres

    500 pedagang Dipindahkan ke Gedung Inpres PADANG, HALUAN - Sekitar 500 pedagang yang tersebar di Pasar Raya Padang sejak Minggu-Senin (17-18/12) mulai dipindahkan ke gedung inpres II, III dan IV. .
  • Rabu, 05 Juli 2017 - 12:50:38 WIB

    Jalan di Pasar Inpres Padang Bakal Diaspal

    Jalan di Pasar Inpres Padang Bakal Diaspal PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal mengatakan pemindahan dan penataan pedagang di Pasar Raya Padang ke gedung inpres terkendala jalan yang belum di aspal. Ia mengatakan jika tidak terpenu.
  • Selasa, 04 Juli 2017 - 11:16:30 WIB
    DIFUNGSIKAN MINGGU INI

    Inpres III Mampu Tampung 3.000 Pedagan

    Inpres III Mampu Tampung 3.000 Pedagan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Bangunan Pasar Inpres III Pasar Raya Padang, ditargetkan Pemerintah Kota Padang bisa menampung 3.000 pedagang. Langkah ini dilakukan Pemerintah Kota Padang untuk menata pedagang agar Pasar Raya ti.
  • Sabtu, 20 Mei 2017 - 16:03:04 WIB

    Pemindahan Pedagang Inpres III Kembali Ditunda

    PADANG, HALUAN -- Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perdagangan memastikan pedagang akan menempati Pasar Inpres III pada minggu ketiga bulan Mei. Namun terpaksa kembali ditunda, sebab bangunan pasal ters.
  • Selasa, 11 April 2017 - 09:23:58 WIB

    Bangunan Inpres III Tuntas November

    PADANG, HALUAN – Belum sempurnanya penyelesaian basement, lantai 1, dan lantai 2 Gedung Inpres III, membuat penggunaannya baru bisa difungsikan pada Mei 2017. Atas kenyataan itu, para pedagang yang bakal mengisi sebagian ge.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM