Polisi Ringkus Dua Pelaku Curat


Senin, 11 Januari 2016 - 03:19:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Tak main-main, kali ini dua pelaku yang diduga terlibat kasus Curat ini merupakan kakak beradik. Adalah IS (30) dan BS (19) warga Jundul Rawang Selatan Kecamatan Padang Selatan yang ditangkap oleh polisi setelah ia dilaporkan atas tuduhan melakukan pencurian barang-barang elektronik terhadap seorang mahasiswi salah satu universitas swasta di Kota Padang bernama Nely Masari Harahap (22) warga Medan, Sumatera Utara, dengan nomor laporan : LP/17/K/I/2016/Sektor Koto Tangah.

Dua kakak-beradik pelaku Curat yang sudah menjadi incaran petugas kepolisian di wilayah hukum Kota Padang ini disergap oleh tim Reskrim dari jajaran Polsekta Pauh pada Jumat (8/1) sekira pukul 22.30 WIB. “Kejadian berawal ketika pelaku hendak melakukan pencurian di kawasan Pasar Baru, Keca­matan Pauh pada Jumat (8/1) malam, namun segera diamankan oleh massa di kawasan Pasar Baru, Kecamatan Pauh untuk dibawa ke Polsekta Pauh. Jajaran Polsekta Pauh diserahkan kepada kami, karena yang bersangkutan sudah masuk dalam buruan kami dalam kasus dugaan Pencurian Berat (Curat) yang melibatkan mereka,” kata Kapolsekta Koto Tangah, Komisaris Polisi (Kompol) Jon Hendri, Sabtu (9/1) kepada Haluan.

 Ditambahkan oleh Jon Hendri, setelah pihaknya mendapatkan laporan bahwa kedua pelaku diamankan oleh Polsekta Pauh, pihaknya langsung memastikan kedua pelaku merupakan incaran timnya.

“Setelah dipastikan, kedua pelaku memang masuk dalam daftar buruan kami, tim Reskrim Polsekta Koto Tangah langsung berkoordinasi dengan pihak Polsekta Pauh untuk membawa tersangka ke Polsekta Koto Tangah untuk diperiksa dan diamankan lebih lanjut,” terangnya. Kedua terduga pelaku Curat ini melakukan pencurian barang elektronik dari Nely (22), seorang mahasiswi universitas swasta di Kota Padang ini pada 17 November 2015 lalu di kawasan Maransi Kelurahan Air Pacah Kecamatan Koto Tangah.

Adapun Barang Bukti (BB) yang berhasil disita oleh petugas dari tangan pelaku diantaranya satu unit Laptop jenis Asus, satu tablet, satu aki sepeda motor, dan satu unit sepeda motor jenis Yamaha Mio GT tanpa Nomor Polisi (Nopol) yang digunakan pelaku untuk me­lan­carkan aksinya. Menurut keterangan kedua tersangka, mereka telah sering melakukan aksinya di empat lokasi di Kota Padang, namun mereka beralasan tidak ingat kapan dan dimana saja melakukan perbuatannya tersebut.

“Sudah empat kali melakukan pencurian ini di Kota Padang bang, namun kami tidak ingat kapan dan dimana saja melakukan aksi tersebut,” aku salah seorang tersangka, IS (30) saat dimintai keterangannya.

 Mereka beralasan bahwa mereka nekat melakukan aksi tersebut karena terdesak kebutuhan ekonomi.

“Semua ini karena faktor ekonomi, makanya kami nekat melakukan aksi pencurian. Gaji saya yang sebagai sopir Angkutan Kota (angkot) tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkap pria bertato ini. Akibat perbuatannya tersebut, kedua pelaku terancam dikenakan Pasal 363 KUHP tentang Pen­curian dengan Pemberatan (Curat) dengan ancaman hukuman paling lama tujuh tahun kurungan penjara. (h/mg-adl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 06 April 2018 - 20:14:59 WIB

    Palanta Mediasi, Cara ‘Adat’ Polisi Padang Selesaikan Masalah

    Palanta Mediasi, Cara ‘Adat’ Polisi Padang Selesaikan Masalah PADANG, HARIANHALUAN.COM—Tingginya laporan masyarakat kepada pihak kepolisian terkait kasus yang dianggap “ringan” membuat Polresta Padang menjalankan program Palanta Mediasi..
  • Kamis, 08 Maret 2018 - 20:45:52 WIB

    Operasi Keselamatan Singgalang di Padang, Polisi 'Diserbu' Pengendara Tak Pakai Helm

    Operasi Keselamatan Singgalang di Padang, Polisi 'Diserbu' Pengendara Tak Pakai Helm PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Satlantas Polresta Padang bersama Jajaran Polsek Luki, melanjutkan Operasi Keselamatan Singgalang 2018, yang diadakan di depan Polsek Lubuk Kilangan, Kamis (8/3)..
  • Senin, 07 Agustus 2017 - 19:54:55 WIB

    Polisi di Padang Himbau Warga Pasang Bendera

    Polisi di Padang Himbau Warga Pasang Bendera PADANG, HARIANHALUAN.COM - Seruan untuk memasang bendera Merah Putih di setiap rumah, kendaraan dan instansi pemerintahan dilakukan dengan berbagai cara oleh setiap kalangan maupun perorangan..
  • Kamis, 03 Agustus 2017 - 01:56:06 WIB

    Polisi Ringkus Dua Pengedar Sabu

    Polisi Ringkus Dua Pengedar Sabu PADANG, HALUAN - Jajaran opsnal Sat Resnarkoba Polresta Padang menangkap dua orang pelaku penyalahgunaan narkoba pada Selasa (2/8) dini hari..
  • Sabtu, 10 Juni 2017 - 12:30:32 WIB

    Polisi di Padang Bikin Lomba Dai. Bagaimana Hasilnya?

    Polisi di Padang Bikin Lomba Dai. Bagaimana Hasilnya? PADANG, HALUAN - Memperingati hari jadi ke 71 tahun yang akan jatuh pada 1 Juli 2017 mendatang, beragam kegiatan yang bernuansa keamanan dan keagamaan dilaksanakan oleh seluruh jajaran Bhayangkara Kepolisian Republik Indonesi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM