Pasca Pilkada

Fraksi DPRD Limapuluh Kota Pecah


Senin, 11 Januari 2016 - 02:59:37 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Tak hanya gugatan ter­hadap hasil Pilkada yang sampai ke meja Mahkamah Konstitusi, melainkan dam­pak dari Pilkada turut ber­imbas di gedung DPRD Limapuluh Kota.

Buktinya saja terhadap fraksi-fraksi yang ada DP­RD Kabupaten Lima­puluh Kota terkesan pecah kong­si.”Memang ada penam­bahan fraksi di de­wan,” terang Desri Sekretaris DP­RD Kabupaten Limapuluh Kota  pada Jumat (8/1) malam di Payakumbuh. Pe­nambahan fraksi tersebut dilakukan saat pembahasan paripurna internal DPRD Kabupaten Limapuluh Ko­ta, Jumat (8/1) lalu.

Sebelumnya, di  DPRD Kabupaten Limapuluh Kota terdapat 7 fraksi. Yakni Fraksi Golkar, Fraksi De­mokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi PPP, Fraksi Perjuangan Nurani Rakyat (PDIP-Partai Ha­nura) dan Fraksi Ke­bang­kitan Bintang Keadilan (PK­B-PBB-PKS).

Tetapi semenjak Jumat kemarin,  jumlah fraksi di DPRD Kabupaten Lima­puluh Kota resmi bertam­bah menjadi 8 fraksi. Be­berapa partai politik yang tergabung dalam fraksi se­belumnya, menarik diri ke­luar dan membentuk fraksi baru.

Yakni Partai Hanura yang sebelumnya tergabung dengan PDIP keluar dan membentuk fraksi sendiri. Kemudian, PKB yang se­belumnya tergabung dengan PBB dan PKS juga ikut keluar dari fraksi mereka. PKB malah bergabung de­ngan PDIP yang diting­galkan oleh Partai Hanura.

Sedangkan PBB dan PK­S tetap berkoalisi di satu fraksi.  Dengan demikian, di DPRD Kabupaten Lima­puluh Kota resmi menjadi 8 fraksi. Yakni Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Frak­si PPP, Fraksi Hanura, Frak­si PDIP-PKB, Fraksi PBB-PKS.

Pada Pilkada lalu, Partai Hanura merupakan partai pengusung Azwar Ches­putra-Yunirwan Khatib. Sedangkan PDIP pengusung pasangan Irfendi Arbi-Fe­rizal Ridwan. Sebelum Pil­kada, kedua partai ini, Ha­nura dan PDIP merupakan satu fraksi.

Begitu juga antara PKB, PBB dan PKS yang dahulu sangat harmonis di satu fraksi. PKB merupakan par­tai pengusung pasangan Irfendi Arbi-Ferizal Rid­wan. Sedangkan PBB dan PKS  partai pengusung Az­w­ar Chesputra-Yunirwan Khatib. Setelah Pilkada, fraksi dari 3 partai ini akhir­nya kandas.(h/ddg)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Agustus 2018 - 19:50:24 WIB

    Fraksi Golkar Tolak  Pelantikan 12 Pejabat Pemkab Tanah Datar

    Fraksi Golkar Tolak  Pelantikan 12 Pejabat  Pemkab Tanah Datar TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM-Terkait  agenda pelatikan pejabat eselon II di jajaran Pemda Tanah Datar, Fraksi Partai Golongan Karya DPRD menyikapinya dengan penolakan..
  • Senin, 16 Januari 2017 - 18:31:10 WIB
    M NUR IDRIS KETUA PANSUS RTRW

    Ramlan Nurmatias Jawab Pandangan Fraksi

    Ramlan Nurmatias  Jawab Pandangan Fraksi BUKITTINGGI, HALUAN-Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyampaikan jawaban atas pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap pengajuan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Perubahan Perda Nomor 06 Tahun 2011 tentang Rancana T.
  • Selasa, 22 November 2016 - 00:43:10 WIB

    Irdinansyah Tarmizi Jawab Pertanyaan Fraksi DPRD

    Batusangkar, Haluan — Bupati Tanah Datar, Ir­dinansyah Tarmizi menjawab tanggapan atau pertanyaan dari sembilan fraksi DPRD se­tempat atas Ranperda APBD 2017 dalam Sidang Paripurna di Batusangkar, Senin (21/11)..
  • Selasa, 25 Oktober 2016 - 02:00:42 WIB
    YUNELDA: SATPOL PP JANGAN DILEBUR

    Fraksi DPRD Pasaman Setujui Ranperda SOTK

    PASAMAN, HALUAN —Pembahasan rancangan peraturan (Ranperda) Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOTK) di DPRD Kabupaten Pasaman, berjalan mulus. Sebanyak tujuh fraksi menyetujui ranperda itu..
  • Rabu, 22 Juni 2016 - 04:09:00 WIB
    Pembahasan RPJMD Limapuluh Kota

    Fraksi Akan Sampaikan Pandangan Umum

    Fraksi Akan Sampaikan Pandangan Umum LIMAPULUH KOTA, HALUAN—Nota Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Limapuluh Kota periode 2016-2021 masih dalam proses pembahasan. Nota pengantar sebelumnya sudah diajukan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi da.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM