Paripurna HJK Solsel

Banyak yang Harus Diselesaikan


Senin, 11 Januari 2016 - 02:56:22 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Banyak yang Harus Diselesaikan Sekda Solsel, Yulian Efi, Pj Bupati Solsel Erizal bersama Ny.Sri Arnetti Erizal saat pemotongan pita pembukaan pameran dan promosi produk serta potensi Solsel dalam rangka HJK Solsel ke-12.

Plt Ketua DPRD Solsel, Ali Sabri Abbas menyampaikan, di usia Solsel ke-12 masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Dimana dari data informasi Pembangunan Nasional didapatkan bahwa Solsel masih termasuk salah satu kategori Kabupaten tertinggal di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

 Hal ini disampaikannya pada sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Solsel dalam rangka peringatan HUT Kab. Solsel ke-12 tahun 2016.

Menurutnya, ketertinggalan tersebut bisa terlihat dalam bidang pembangunan infrastruktur yang belum merata, pertumbuhan ekonomi yang masih rendah, kualitas Sumber Daya Manusia yang belum memadai serta masih tingginya persentase penduduk miskin dan tingkat Indek Pembangunan Manusia atau IPM yang masih rendah.

Kemudian disampaikanya, dalam fungsi Pem­bentukan Perda Tahun 2016 ini DPRD telah mengajukan usul Rancangan Perda inisiatif DPRD, yaitu Ranperda tentang Pelaksanaan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Kemudian untuk 2016, kami bersama dengan Pemerintah Daerah telah menyusun dan menetapkan Program Pembentukan Perda sebanyak 35 Ranperda yang akan dibahas untuk dijadikan Perda pada Program Pembentukan Perda Kabupaten Solsel tahun 2016.

Dari fungsi anggaran, DPRD telah me­lak­sanakan fungsi secara maksimal. Hal ini terbukti dari telah selesainya melakukan pembahasan mulai dari KUA-PPAS Perubahan Tahun Anggaran 2015, Ranperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2015, KUA-PPAS Tahun Anggaran 2016 dan Ranperda APBD Tahun Anggaran 2016.

Walaupun dari segi efektifitas waktu belum sepenuhnya sesuai dengan amanah Undang-undang, namun APBD Tahun 2016 dapat disetujui tepat tanggal 30 November Tahun 2015. Ia me­nan­bahkan, dalam hubungan kemitraan dengan pemerintah daerah sudah berjalan secara sinergis yang memberikan buah keberhasilan dengan meraih beberapa prestasi yang layak untuk kita apreasiasi, “Kita tidak bisa meraih semua prestasi itu tanpa adanya hubungan yang harmonis dan responsif antara dua lembaga,”terangnya.

Secara bertahap permasalahan mampu di­selesaikan, meskipun banyak presetasi yang telah diraih jangan sampai membuat kita cepat berpuas diri, masih banyak pula kekurangan-kekurangan yang perlu kita tuntaskan. Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) seharusnya mampu kita tingkatkan menjadi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Pj Gubernur Sumbar diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Jefrinal Azis menyampaikan arahan Menteri dalam negeri RI terkait program tahun anggaran 2016. Arahanya. mempersiapkan tahun anggaran 2016. “Pada prinsipnya pada Januari sudah dimulai perencanaan program kerja seperti tender proyek, program kerja tidak terjebak pada rutinitas tapi harus ada pola atau cara ba­ru,”tutupnya. (h/jef)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 29 Oktober 2018 - 18:46:24 WIB

    Hari Pertama Ujian CPNS di Mentawai, Banyak Peserta Selesai Sebelum Waktu Habis

    Hari Pertama Ujian CPNS di Mentawai, Banyak Peserta Selesai Sebelum Waktu Habis MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Hari pertama pelaksanaan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kepulauan Mentawai berjalan lancar, pada Senin (29/10) di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Man.
  • Kamis, 09 Agustus 2018 - 20:30:59 WIB

    Banyak Lansia di Payakumbuh, Pertanda Suksesnya Pembangunan

    Banyak Lansia di Payakumbuh, Pertanda Suksesnya Pembangunan PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Jumlah penduduk yang lanjut usia (lansia) di Kota Payakumbuh yang terus meningkat, dianggap menjadi pertanda kesuksesan pembangunan. Sebab, semakin banyak penduduk lansia berarti semakin banyak p.
  • Senin, 16 April 2018 - 18:12:55 WIB

    BPCB Sumbar: Banyak Cagar Budaya yang Belum Ditemukan di Pariaman

    BPCB Sumbar: Banyak Cagar Budaya yang Belum Ditemukan di Pariaman PADANG PARIAMAN,  HARIANHALUAN.COM--Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar mengadakan sinergitas publikasi pelestarian cagar budaya di Kecamatan VII Koto, Kabupaten Padang Pariaman, Senin (16/4). .
  • Selasa, 12 September 2017 - 01:45:54 WIB
    HASIL KUNJUNGAN KE SEKOLAH

    BNN Temukan Banyak Siswa Ngelem

    BNN Temukan Banyak Siswa Ngelem SAWAHLUNTO, HALUAN - Maraknya penyalahgunaan lem di kalangan remaja di Sawahlunto menjadi salah satu perhatian khusus dari Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Sawahlunto..
  • Rabu, 16 Agustus 2017 - 11:55:48 WIB

    Pemkab Mentawai Mengeluh Karena Banyak PNS Minta Pindah

    Pemkab Mentawai Mengeluh Karena Banyak PNS Minta Pindah PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPR RI dari Dapil Sumbar I Hermanto mengakhiri rangkaian kunjungan kerja masa reses dapil di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Di daerah ini, bersama Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake, .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM