Pengobatan Penyakit Maag


Senin, 11 Januari 2016 - 02:33:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Dalam istilah kedok­teran, sakit maag disebut gastritis, yaitu suatu keadaan di mana terjadi peradangan pada lambung. Peradangan ini dapat disebabkan karena infeksi oleh bakteri atau iritasi. Namun, peradangan juga dapat dipicu oleh obat penghilang rasa sakit dan alkohol.

Gejala-gejala gastritis antara lain adalah rasa ter­bakar pada perut bagian atas, mual, muntah, ke­hi­langan nafsu makan, rasa penuh pada perut bagian atas, dan penurunan berat badan.

Gastritis akut bia­sanya terjadi tiba-tiba dan me­nyebabkan mual dan nye­ri ulu hati. Sedangkan, gas­tritis kronis berkembang bertahap dan menyebabkan rasa penuh atau kehilangan nafsu makan.

Penyebab dan Pen­cegahan

Gastritis biasanya ter­jadi akibat lapisan dinding lambung menjadi lemah. Mukus melindungi dinding lambung dari asam yang membantu pencernaan. Ka­rena lapisan dinding lam­bung lemah maka asam lambung mengikis dinding hingga menyebabkan ra­dang.

Beberapa faktor pe­nye­bab gastritits antara lain.

· Infeksi Helicobacter pylori biasanya me­nye­bab­kan gastritis kronis. Bak­teri ini mengakibatkan peruba­han pada dinding lambung. Kerentanan seseorang ter­hadap bakteri ini dapat karena faktor keturunan atau gaya hidup, misalnya merokok dan stress.

· Obat penghilang rasa sakit, misalnya aspirin, ibu­profen, dan naproxen dapat menyebabkan gas­tritis akut dan gastritis kronis. Peng­gunaan ber­lebihan terhadap obat ini dapat melemahkan pro­teksi dinding lambung.

· Konsumsi alkohol ber­lebihan. Alkohol mengi­ritasi dinding lambung se­hingga menjadi lebih rentan terhadap asam lambung.

· Stress yang disebabkan karena pembedahan, infeksi akut, cedera berat dapat mengakibatkan gastritis akut.

· Penyakit empedu yang dapat mengakibatkan cairan empedu masuk dan me­ngiritasi lambung.

Gastritis dapat dicegah dengan cara:

· Mengatur pola makan.

· Menghindari minuman beralkohol.

· Menghindari obat-oba­tan yang memicu asam lam­bung.

· Mengurangi stress.

· Berhenti merokok.

· Berolahraga teratur.

Pengobatan Gastritis

Asam lambung mengi­ritasi jaringan lambung. Oleh karena itu ke­ba­nya­kan obat gastritis bertujuan un­tuk menetralisir asam lam­bung. Diantaranya ada­lah:

· Antasid dalam bentuk cair maupun tablet bekerja dengan cara menetralisir asam lambung. Misalnya Promag dan Mylanta. An­tasid biasa dijual bebas.

· Acid blocker. Jika an­tasid tidak lagi mengatasi asam lambung, maka dokter akan memberikan resep acid blocker seperti cime­tidine, ranitidine, dan famo­tidine yang dapat mengu­rangi produksi asam lam­bung.

· Proton pump inhibitor yang menghentikan pro­duksi asam lambung. Mi­salnya omeprazole dan lan­soprazole. Obat ini harus dengan resep dokter.

· Antibiotik bila pe­nyebab gastritis adalah bak­teri. Misalnya amoksilin dan metronidazol.  (h/ahr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 21 Desember 2015 - 01:25:08 WIB
    Imunoterapi

    Harapan Baru Pengobatan Kanker

    Harapan Baru Pengobatan Kanker JAKARTA, HALUAN — Imu­noterapi telah digadang-gadang sebagai terobosan baru dalam bidang medis dan terutama di bidang on­kologi. Sebagai bentuk pe­ngobatan dengan meng­gu­na­kan sistem kekeb­alan tubuh individu untuk.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM