Tarif Angkutan di Sumbar Bakal Turun


Sabtu, 09 Januari 2016 - 03:19:43 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN — Di­nas Perhubungan Komuni­kasi dan Informatika (Dis­hubkominfo) Sumbar akan mengkaji kembali besaran penurunan tarif angkutan orang seiring penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Penentuan besaran penurunan tarif angkutan ini merujuk kepada keten­tuan secara nasional di ang­ka 5 persen.

Kepala Dishubkominfo Sumbar Amran kepada Ha­luan Jumat (8/1) di Padang mengatakan akan mengkaji penurunan tarif angkutan bersama dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda), Biro Perekonomian dan stakeholder terkait. Semen­tara untuk besaran penuru­nannya mengacu pada ke­ten­tuan nasional di angka 5 persen.

“Tapi kalau pun akan turun itu tidak akan begitu berpengaruh. Mengingat untuk penurunan tarif ini tidak hanya berpedoman kepada harga BBM semata tetapi ada 11 elemen lainnya yang menjadi pertim­ba­ngan,” katanya.

Dijelaskan Amran un­tuk angkutan jarak dekat dengan penurunan 5 persen terse­but dinilai tidak akan begitu terpengaruh, seperti halnya angkutan kota (Angkot), dan Angkutan Kota Dalam Provinisi (AKDP). Namun, un­tuk Angkutan Kota Antar Pro­vinsi (AKAP) itu memang se­dikit terpengaruh.

“Kita melihat itu semakin jauh jaraknya akan semakin terasa penurunan tarifnya, seperti ang­kutan ke luar provinsi misalnya. Tapi ini masih akan kita bahas dalam rapat Senin depan,” ujar Amran.

Dihubungi terpisah Ketua Organda Sumbar S Budi Syukur mengatakan akan membahas lagi penurunan tarif angkutan dengan merujuk ketentuan nasional di­angka 5 persen. Dikatakannya untuk penentuan tarif ini Or­ganda masih akan merujuk tarif atas dan tarif bawah yang saat ini diberlakukan.

“Kalau rentang penurunanya masih berada di rentang tarif atas atau tarif bawah untuk apa diba­has lagi. Sekarang saja kita bera­da di garis tengah,” ujarnya.

Untuk besaran penurunan tarif ini baru akan diketahui setelah rapat pada Senin men­datang bersama dengan Pemprov Sumbar dan instansi terkait. “Kita akan duduk bersama de­ngan Pemprov Sumbar baru akan tahu besarannya,” kata S Budi Syukur.

Terpisah, ketua DPC Or­ganda kab. Solok Anwar Sanusi Lenggang mengatakan, pihaknya belum meminta para pemilik kendaraan dan sopir angkutan di daerah itu untuk menurunkan tarifnya. Belum ada kesepakatan antara organda dengan Dishub terkait hal itu. “ Biarkan saja dengan tarif lama dulu,” katanya melalui telephon selulernya.

Kadishub Kominfo Kab. So­lok Dedi Permana melalui Kabid Angkutan dan Perizinan Nur­hasanah, SH,MH mengaku, surat edaran terkait penyesuaian tarif ini dari pemerintah pusat baru diterimanya pada hari Kamis (7/1), makanya pihaknya juga belum melakukan penyesuain terhadap tarif angkutan di daerah itu. “Kemungkinan kepastian tarif Rabu (13/1) lusa. Karena rapat untuk membahas penyesuaian tarif ini dengan organda baru akan dilaksanakan hari Selasa besok,” jelasnya.  

Sebelumnya, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumbar Asnawi Bahar berharap dengan turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dapat diikuti dengan penurunan tarif angkutan dan harga kebutuhan lainnya. Sehingga daya beli mas­ya­rakat akan kembali tinggi dan perekonomian akan berputar.

“Turunnya harga BBM kali ini diharapakan akan membawa efek positif di masyarakat seperti naiknya daya beli masyarakat. Hanya saja ini akan terjadi ketika BBM turun tarif angkutan juga turun dan harga kebutuhan po­kok juga ikut turun,” terangnya kepada Haluan Selasa (5/1) sore melalui sambungan telepon di Padang. (h/mg-isr/ndi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 05 April 2016 - 03:32:10 WIB

    Tarif Angkutan di Padang tak Turun

    PADANG,HALUAN — Pe­merintah Kota Padang ber­tahan untuk tidak menu­runkan tarif angkutan kota menyusul turunnya harga BBM jenis Premium dan Solar awal April ini. Pe­me­rintah berdalih, akumulasi penurunan harga BBM be.
  • Jumat, 01 April 2016 - 04:42:21 WIB
    Harga BBM Turun

    Tarif Angkutan Tak Berubah

    PADANG, HALUAN — Lang­kah pemerintah yang menu­run­kan harga jual BBM jenis premium dan solar ternyata tak diiringi dengan tarif ang­kutan. Padahal, presiden su­dah menginstruksikan tarif angkutan diturunkan hingga tig.
  • Rabu, 06 Januari 2016 - 03:22:06 WIB

    Kadin: Tarif Angkutan Seharusnya Turun

    PADANG, HALUAN – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumbar Asnawi Bahar berharap dengan turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dapat diikuti dengan penurunan tarif angkutan dan harga kebutuhan lainnya. Sehingga daya b.
  • Rabu, 06 Januari 2016 - 03:09:24 WIB
    Dishub Kota Padang

    Tarif Parkir Sesuai yang Tertera di Plang

    Tarif Parkir Sesuai yang Tertera di Plang PADANG, HALUAN—Pengelolaan parkir di Kota Padang masih semrawut. Selain tarif parkir yang tidak jelas, titik-titik parkir juga jadi sarang pemalakan preman..
  • Selasa, 05 Januari 2016 - 04:08:26 WIB

    Harga BBM Turun, Tarif Angkutan Tetap

    Harga BBM Turun, Tarif Angkutan Tetap Pemerintah memutuskan menurunkan harga bahan bakar minyak mulai tadi malam, namun tarif angkutan di Sumbar tetap. Organda menilai penurunan harga BBM tidak signifikan..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM