Dugaan Korupsi Pemufakatan Jahat

Kejaksaan Bakal Periksa Novanto


Sabtu, 09 Januari 2016 - 03:03:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Ia berharap Novanto yang saat ini menjabat seba­gai Ketua Fraksi Golkar memenuhi panggilan.

Novanto akan diperiksa sebagai saksi perkara du­gaan korupsi melalui pemu­fakatan jahat untuk me­minta saham PT Freeport Indonesia. Tindakan itu diduga dilakukan bersama pengusaha minyak, Mu­ham­mad Riza Chalid.

“Insya Allah pekan de­pan akan kami panggil. Saya sudah minta Jampidsus dan tim penyelidik untuk pang­gil,” ujar Prasetyo di kan­tornya, Jumat (8/1/2016).

Soal polemik bahwa pe­mang­­gilan Novanto harus se­izin Presiden Joko Wi­do­do, Prasetyo memastikan bah­wa polemik tersebut su­dah jelas. Penyelidik ti­dak per­lu mendapat izin Presi­den untuk memeriksa No­van­to. “Ya karena apa yang dilakukan dia (Novanto) terkait pemufakatan jahat itu tidak ada kaitannya de­ngan tugas anggota DPR,” ujar Prasetyo.

Sementara itu, saat di­sing­­gung soal pemang­gi­lan Ri­za Chalid, Prasetyo me­mas­tikan bahwa penyelidik akan tetap mengupayakan ke­­datangan Chalid. Pe­nye­li­dik tidak dapat membawa pak­sa Chalid ka­re­­na status per­kara masih penye­lidi­kan. “Kalau sudah penyi­di­kan, baru kami akan ber­si­kap lebih jelas dan tegas,” ujar dia.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung menyelidiki dugaan korupsi lewat pemufakatan jahat yang dilakukan mantan Ketua DPR Setya Novan­to dengan Muham­mad Ri­za Chalid.

Tindakan itu dilakukan saat Novanto-Chalid berte­mu dengan PT Freeport In­do­nesia. Unsur korupsi me­la­­lui pemufakatan jahat ada­lah dengan mencatut nama Presiden Joko Wido­do dan Wakil Presiden Jusuf Kalla un­tuk meminta saham seba­gai­mana diatur di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pem­be­rantasan Tindak Pidana Korupsi.

Tak Perlu Izin Presiden

Jaksa Agung Muham­mad Prasetyo menegaskan, bahwa pemeriksaan mantan Ketua DPR Setya Novan­to tidak memerlukan izin Pre­siden. Sebab, Kejagung telah menemukan fakta baru ter­kait kasus dugaan pemu­fa­katan jahat saat Novanto bersama pengusaha mi­gas Riza Chalid bertemu bos PT Freeport Indo­nesia Ma­roef Sjamsoeddin.

“Memang tidak perlu izin Presiden, saya tegaskan itu,” kata Prasetyo di Kom­pleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/1/2016). 

Prasetyo mengung­kap­kan, Novanto menemui bos PT Freeport tidak dalam kapasitas sebagai Ketua DPR.  Selain itu, kata Pra­setyo, Kejagung menduga perkara yang diduga meli­bat­kan Novanto ini meru­pa­kan perkara tindak pida­na khusus sehingga tidak per­lu meminta izin Presi­den.

“Karena kami duga No­van­­to melakukan itu di luar tu­gas dan dugaan tindak pi­dana khusus,” ujar Pra­set­yo. Se­lanjutnya, ia memas­tikan Ke­jagung akan segera me­mang­gil Novanto untuk di­min­tai keterangan terkait per­temuannya dengan bos PT Freeport Indonesia. (h/kcm)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 28 Oktober 2016 - 01:21:14 WIB

    Dahlan Iskan Ditahan Kejaksaan

    Dahlan Iskan Ditahan Kejaksaan SURABAYA, HALUAN — Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan ditahan Kejaksaan Tinggi (Kejati) jawa Timur (Jatim) usai ditetapkan menjadi tersangka kasus penjualan berupa tanah dan bangunan aset PT Panca Wira Usaha (PWU). Dahlan yan.
  • Rabu, 21 September 2016 - 03:13:36 WIB
    KAPENKUM KEJAGUNG M RUM DI ILC TVONE

    Kejagung Komit Bersih-bersih di Internal Kejaksaan

    Kejagung Komit Bersih-bersih di Internal Kejaksaan PADANG, HALUAN — Kepala Penerangan Hukum Kejaksaan Agung M Run menegaskan, internal kejaksaan juga ikut mengusut kasus suap yang melibatkan jaksa di Kejati Sumbar. Tidak hanya jaksa Farizal yang tertangkap menerima suap Rp3.
  • Kamis, 14 April 2016 - 03:16:19 WIB

    KPK Bantah ‘Bongkar Borok Kejaksaan

    JAKARTA, HALUAN — Komisi Pembe­rantasan Korupsi (KPK) membantah jika saat ini tengah sibuk membongkar borok kejaksaan. Hal ini dikatakan Plh Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati menanggapi kasus suap yang melibatkan jaksa..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM