Pekan Depan, Pedagang di Pantai Padang ‘Dibabat’


Sabtu, 09 Januari 2016 - 03:01:23 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Semua lapak, mulai dari rumah makan besar hingga lapak ikan akan dirobohkan pada 15 Januari mendatang. Pemko tidak ada lagi kom­promi, sebab solusi sudah diberikan oleh Pemko.

Hal ini disampaikan oleh Kasat Pol PP Kota Padang Firdaus Ilyas se­bagai ketua tim pem­bong­karan nantinya.

Menurutnya ada tiga pelanggaran yang dilakukan oleh pedagang yakni perda tentang ketertiban umum, perda sampah dan perda tentang izin mendirikan bangunan.

“Jadi Pemko sudah mem­berikan solusi kepada pedagang di sepanjang Pu­rus untuk pindah ke Kom­plek Ajendam Bukit Barisan di Samudra. Jangan ada lagi pihak-pihak yang mau meng­­hasut pedagang,” ucap­­nya.

Ia menambahkan, Pem­ko Padang akan komit un­tuk melaksanakan pem­bong­­karan pertengahan bu­lan ini.

Semua sudah diatur dan pedagang sudah me­nya­takan  setuju. Menurut Fir­daus Ilyas, adanya peno­lakan di akhir-akhirnya ada kepentingan pihak ter­tentu yang mencari uang.

“Saya tegaskan, peda­gang sudah setuju. Tapi datang oknum yang men­cari uang mengompori peda­gang. Makanya ada penola­kan,” kata Firdaus Ilyas.

Sementara itu, setelah adanya ketegasan dari Pem­­ko Padang untuk terus mem­bongkar pedagang Pu­rus akan memperta­han­kan haknya sebagai ikon wisata kuliner Kota Padang. Joni, pe­dagang tersebut yakin bah­wa apa yang dilakukan berada di atas kebenaran.

“Kalaupun ada tempat yang diberikan. Bagaimana sistemnya? Pedagang Danau Cimpago dibuatkan tempat, sedangkan kami tidak, ke­napa,” ucap Joni.

Joni akan terus mencari keadilan, sebagai PKL dia mengadu nasib di pantai Purus.

Memang diakui oleh Joni kecemburuan sosial warga Purus memang be­sar. Tetapi tidak semua pe­da­gang Purus itu sudah kaya.

“Ada saya dengar, kami pedagang Purus sudah ka­ya. Makanya harus mem­buat tempat sendiri, se­dangkan Muaro Lasak dibuatkan LPC,” tuntut­nya.

Hal serupa juga dika­takan oleh Aminah, me­nurutnya kalau tempat pindah mereka jauh dari lokasi asal, dia akan me­nolak. Sebab, di sepanjang pantai sudah ada perun­tukannya.

“Apa Pemko tidak me­lihat di depan komplek Ajendam itu sudah ada peda­gangnya. Kami menerima saja apa yang akan dilakukan oleh Pemko. Tapi kami akan melihat seperti apa solusi yang ditawarkan oleh Pem­ko. Jangan anggap kami ini tidak mendukung program wisata yang digalakkan oleh Pemko. Kami ini sudah tergolong wisata kuliner,” tutupnya. (h/ows)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Juli 2018 - 18:08:38 WIB

    Nasib Parkir Meter Dibahas Pekan Ini, PT MATA Segera Temui Pemko Padang

    Nasib Parkir Meter Dibahas Pekan Ini,  PT MATA Segera Temui Pemko Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dalam pekan ini PT. Mas Arya Tunggal Abadi (MATA) selaku investor dan pengelola parkir meter di Kota Padang akan menemui Pemko Padang untuk memberi kejelasan terkait kelanjutan investasinya. Saat in.
  • Senin, 02 Juli 2018 - 14:28:00 WIB

    Rp49 Miliar Dianggarkan, ASN Pemko Terima Gaji ke-13 Pekan Ini

    Rp49 Miliar Dianggarkan, ASN Pemko Terima Gaji ke-13 Pekan Ini PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemko Padang segera membayarkan hak gaji ke-13 untuk 9.000 lebih Aparatur Sipil Negara (ASN) pekan ini. Setidaknya anggaran Rp49 miliar siap dikucurkan, dan diharapkan bisa dimanfaatkan untuk memenu.
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:38:41 WIB

    Wako Apresiasi Pekan Muharram

    Wako Apresiasi Pekan Muharram PADANG, HALUAN — Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi Lomba Pekan M­u­harram 1438 H tingkat SD/MI se-Kecamatan Pauh yang dise­leng­garakan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) di keca.
  • Rabu, 03 Agustus 2016 - 11:12:09 WIB
    SMA 1 BUKITTINGGI JUARAI LOMBA MUSIKALISASI PUISI

    Pekan Sastra dan Pekan Bahasa Dibuka

    Pekan Sastra dan Pekan Bahasa Dibuka PADANG, HALUAN — Pekan Sastra dan Pekan Ba­hasa yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Sumatra Barat (Sumbar) resmi dibuka, Se­lasa (2/8). Kedua pekan tersebut diadakan dalam rangka menyambut Bulan Bahasa 2016..
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 03:23:27 WIB

    Pengecoran Sandang Pangan Butuh Tiga Pekan

    Pengecoran Sandang Pangan Butuh Tiga Pekan PADANG, HALUAN — Usai pengaspalan Jalan Sandang Pangan yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Padang dalam satu pekan ini, pedagang mulai berjualan di sepanjang jalan tersebut..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM